Mengasihi Sesama

Mengasihi Sesama
Ibu Theresa dari Calcuta

Minggu, 10 Maret 2013

Katekismus Gereja Katolik Dalam Setahun - 146

KGK ke 146


TEKS-TEKS SINGKAT

 1015. "Caro salutis est cardo - daging adalah poros keselamatan" (Tertulianus, res.8, 2).
Kita percaya akan Allah, Pencipta daging; kita percaya akan Sabda, yang sudah menjadi daging, supaya menebus daging; kita percaya akan kebangkitan daging, di mana penciptaan dan penebusan daging disempurnakan.

1016. Oleh kematian, jiwa dipisahkan dari badan; tetapi dalam kebangkitan, Allah akan memberi kehidupan abadi kepada badan yang telah diubah, dengan mempersatukannya kembali dengan jiwa kita. Seperti Kristus telah bangkit dan hidup untuk selamanya, demikian juga kita semua akan bangkit pada hari kiamat.

1017. "Kami percaya akan kebangkitan yang sesungguhnya dari daging ini, yang sekarang kita miliki" (DS 854). Tubuh yang dapat binasa ditaburkan dalam makam, tubuh yang tidak dapat binasa akan dibangkitkan,1 satu "tubuh rohani" (1 Kor 15:44).

1018. Sebagai akibat dosa asal, manusia harus mengalami kematian badani "yang darinya manusia akan lolos, andai kata ia tidak berdosa" (GS 18).

1019. Yesus, Putera Allah, telah menderita kematian untuk kita secara suka rela dalam ketaat-an penuh dan bebas kepada kehendak Allah, Bapa-Nya. Oleh kematian-Nya Ia menga-lahkan maut dan dengan demikian membuka pintu masuk menuju keselamatan untuk semua manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar