Mengasihi Sesama

Mengasihi Sesama
Ibu Theresa dari Calcuta

Senin, 06 Maret 2017

KOYAKKAN HATIMU !!!!

Setiap umat katolik berpuasa dan pantang, ayat ini selalu muncul :

Yl 2:13Koyakkanlah hatimu dan jangan pakaianmu, berbaliklah kepada TUHAN, Allahmu, sebab Ia pengasih dan penyayang, panjang sabar dan berlimpah kasih setia, dan Ia menyesal karena hukuman-Nya.
Yl 2:14Siapa tahu, mungkin Ia mau berbalik dan menyesal, dan ditinggalkan-Nya berkat, menjadi korban sajian dan korban curahan bagi TUHAN, Allahmu.

Yang bagi saya sangat menarik ialah, kata-kata koyakkanlah hatimu, jangan pakaianmu. Koyakkanlah artinya melepaskan semua penutup hati kita. Alias kita diminta 'telanjang hati' atau membiarkan Tuhan melihat dengan jelas seluruh keberadaan hati kita. Apakah tanpa telanjang hati Tuhan tak dapat melihat hati kita? DIA pasti dapat melihat !!! Lalu kenapa kita harus telanjang hati di depanNya? Karena IA ingin saya dan saudara untuk dengan sadar membuka semua isi hati kita kepadaNya, dan karena itu DIA akan membersihkan hati dan jiwa kita dari hal-hal yang mengotorinya.

Ia kudus, karenanya kita harus kudus. Bagaimana kita menguduskan diri? Dengan jalan mengakui semua dosa kita, berbalik dari tingkah laku kita dari yang jahat, alias bertobat !!! Mengakui semua dosa kita, dan ini baik, namun tidak cukup, ... dilanjutkan dengan memperbaiki diri dengan pertolongan rahmatNya. Karena kemampuan diri kita tak akan pernah bisa menghilangkan noda dosa tanpa rahmat dan Kasih-Nya, bukan.

Koyakkanlah hati kita, biar kita diampuni !!!

Salam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar