Mengasihi Sesama

Mengasihi Sesama
Ibu Theresa dari Calcuta

Kamis, 09 Maret 2017

JIKA ORANG FASIK BERTOBAT, DAN ORANG BENAR JADI FASIK

Bacaan hari ini, cukup membuat sebuah peringatan bagi kita.

Yeh 18:21Tetapi jikalau orang fasik bertobat dari segala dosa yang dilakukannya dan berpegang pada segala ketetapan-Ku serta melakukan keadilan dan kebenaran, ia pasti hidup, ia tidak akan mati.
Yeh 18:22Segala durhaka yang dibuatnya tidak akan diingat-ingat lagi terhadap dia; ia akan hidup karena kebenaran yang dilakukannya.

Sabda Tuhan selalu ya dan amin, bukan. Jika kita yang saat ini dalam keadaan berdosa, ... menyesal dan memperbaiki hidup kita, minta ampun dengan bertobat sungguh-sungguh, ... (kita orang katolik) lewat sakramen rekonsiliasi. DIA akan mengampuni kita.

Namun sebaliknya, bagi anda ... yang sampai hari kemarin menjadi orang yang sudah benar, DIA memperingatkan juga :

Yeh 18:24Jikalau orang benar berbalik dari kebenarannya dan melakukan kecurangan seperti segala kekejian yang dilakukan oleh orang fasik?apakah ia akan hidup? Segala kebenaran yang dilakukannya tidak akan diingat-ingat lagi. Ia harus mati karena ia berobah setia dan karena dosa yang dilakukannya.
Jadi akan mendapat kematian jika, orang yang tadinya benar- baik, adil dst . Jika berubah menjadi fasik, karena alasan apapun. DIA mati.

Yeh 18:25Tetapi kamu berkata: Tindakan Tuhan tidak tepat! Dengarlah dulu, hai kaum Israel, apakah tindakan-Ku yang tidak tepat ataukah tindakanmu yang tidak tepat?
Yeh 18:26Kalau orang benar berbalik dari kebenarannya dan melakukan kecurangan sehingga ia mati, ia harus mati karena kecurangan yang dilakukannya.
Yeh 18:27Sebaliknya, kalau orang fasik bertobat dari kefasikan yang dilakukannya dan ia melakukan keadilan dan kebenaran, ia akan menyelamatkan nyawanya.
Yeh 18:28Ia insaf dan bertobat dari segala durhaka yang dibuatnya, ia pasti hidup, ia tidak akan mati.

Mari kita waspada dalam hidup dan di masa sekarang ini. Selamat berpantang dan ... berpuasa bagi yang menjalankan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar