Mengasihi Sesama

Mengasihi Sesama
Ibu Theresa dari Calcuta

Minggu, 10 Februari 2013

Katekismus Gereja Katolik Dalam Setahun - 123

KGK hari ke 123

Versi Bahasa Indonesia


III. Gereja yang "Katolik"

Apa artinya "Katolik" 

830. Kata "katolik" berarti "merangkul semua", maksudnya "seluruhnya" atau "lengkap". Gereja itu katolik dalam arti ganda: Ia katolik karena di dalamnya ada Kristus. "Di mana Yesus Kristus ada, di situ ada Gereja Katolik" (Ignasius dari Antiokia, Smym. 8, 2). Di dalam Dia, Tubuh Kristus yang dipersatukan dengan Kepalanya terlaksana sepenuh-nya.2 Dengan demikian ia menerima dari-Nya "kepenuhan sarana keselamatan" (AG 6), yang Ia kehendaki: pengakuan iman yang benar dan utuh, kehidupan sakramental yang lengkap dan tugas pelayanan yang tertahbis dalam suksesi apostolik.
Dalam arti yang mendasar ini Gereja sudah "katolik" pada hari Pentekosta3 dan ia akan tetap tinggal demikian sampai pada hari kedatangan kembali Kristus.

831. Gereja bersifat katolik, karena ia diutus oleh Kristus kepada seluruh umat manusia:4
"Semua orang dipanggil kepada Umat Allah yang baru. Maka umat itu, yang tetap satu dan tunggal, harus disebar-luaskan ke seluruh dunia dan melalui segala abad, supaya terpenuhilah rencana kehendak Allah, yang pada awal mula menciptakan satu kodrat manusia, dan menetapkan untuk akhirnya menghimpun dan mempersatukan lagi anak-anak-Nya yang tersebar... Sifat universal, yang menyemarakkan Umat Allah itu, merupakan karunia Tuhan sendiri. Karenanya Gereja yang katolik

1 Bdk. LG 40;48-51. 2 Bdk. Ef 1:22-23. 3 Bdk. AG 4. 4 Bdk. Mat 28:19.

secara tepat-guna dan tiada hentinya berusaha merangkum segenap umat manusia beserta segala harta kekayaannya di bawah Kristus Kepala, dalam kesatuan Roh-Nya" (LG 13).

Tiap Gereja lokal adalah katolik

832. "Gereja Kristus sungguh hadir dalam semua jemaat beriman setempat yang sah, yang mematuhi para gembala mereka, dan dalam Perjanjian Baru disebut Gereja... Di situ umat beriman berhimpun karena pewartaan Injil Kristus, dan dirayakan misteri Perjamuan Tuhan... Di jemaat-jemaat itu, meskipun sering hanya kecil dan miskin, atau tinggal tersebar, hiduplah Kristus; dan berkat kekuatan-Nya terhimpunlah Gereja yang satu, kudus, katolik, dan apostolik" (LG 26).

833. "Gereja lokal" - keuskupan (atau Eparkhie) - diartikan dengan satu persekutuan orang Kristen, yang bersatu dengan Uskupnya yang berada dalam suksesi apostolik, dalam iman dan dalam Sakramen-Sakramen.1 Gereja-gereja lokal ini dibentuk "menurut citra Gereja semesta. Gereja Katolik yang satu dan tunggal berada dalam Gereja-gereja khusus dan terhimpun padanya" (LG 23).

834. Gereja-gereja lokal adalah katolik dalam arti kata yang sebenarnya oleh persekutuan dengan salah satu darinya: dengan Gereja Roma "yang mengetuai dalam cinta" (Ignasius dari Antiokia, Rom 1, 1).
"Setiap Gereja, artinya umat beriman dari mana-mana, harus sependapat dengan Gereja ini karena kedudukannya yang istimewa" (Ireneus, haer. 3, 3, 2; dikutip oleh Konsili Vatikan I: DS 3057). "Sejak Sabda yang menjadi manusia turun ke tengah kita, semua Gereja Kristen dari mana-mana telah menganggap dan masih menganggap Gereja besar yang ada di Roma itu sebagai basis dan dasar mereka yang satu-satunya, karena - sesuai dengan janji Tuhan - kekuatan neraka tidak akan dapat mengalahkannya" (Maksimus Pengaku Iman, opusc.).

835. "Hendaklah kita jangan membayangkan Gereja universal sebagai jumlah, atau dapat dikatakan federasi yang agak longgar dari berbagai Gereja lokal yang pada hakikatnya berbeda-beda. Di dalam pikiran Tuhan, Gereja yang karena panggilan dan tugasnya universal, menanamkan akarnya di dalam aneka macam lingkungan kebudayaan serta tatanan sosial dan manusiawi, dan dengan demikian memperoleh bentuk-bentuk dan wajah-wajah yang berbeda-beda di setiap bagian dunia" (EN 62). Banyak macam tata tertib Gereja, ritus liturgis, harta pusaka teologis dan rohani yang dimiliki Gereja-gereja lokal "dengan cemerlang memperlihatkan sifat katolik Gereja yang tak terbagi" (LG 23).

Siapa yang termasuk Gereja Katolik?

836. "Jadi kepada kesatuan katolik Umat Allah itulah, yang melambangkan dan memajukan perdamaian semesta, semua orang dipanggil. Mereka termasuk kesatuan itu atau terarah kepadanya dengan aneka cara, baik kaum beriman katolik, umat lainnya yang beriman akan Kristus, maupun semua orang tanpa kecuali, yang karena rahmat Allah dipanggil kepada keselamatan" (LG 13).

837. "Dimasukkan sepenuhnya ke dalam serikat Gereja mereka, yang mempunyai Roh Kristus, menerima baik seluruh tata susunan Gereja serta semua upaya keselamatan yang diadakan di dalamnya, dan dalam himpunannya yang kelihatan digabungkan dengan Kristus yang membimbingnya melalui Imam Agung dan para Uskup, dengan ikatan-ikatan ini, yakni: pengakuan iman, Sakramen-Sakramen dan kepemimpinan gerejani serta persekutuan. Tetapi tidak diselamatkan orang, yang meskipun termasuk anggota

1 Bdk. CD 11; CIC, cann. 368-369.

Gereja namun tidak bertambah dalam cinta kasih; jadi yang dengan badan memang berada dalam pangkuan Gereja, melainkan tidak dengan hatinya" (LG 14).

838. "Gereja tahu, bahwa karena banyak alasan ia berhubungan dengan mereka, yang karena dibaptis mengemban nama Kristen, tetapi tidak mengakui ajaran iman seutuhnya atau tidak memelihara kesatuan persekutuan di bawah pengganti Petrus" (LG 15).
"Siapa yang percaya kepada Kristus, dan menerima Pembaptisan dengan baik, berada dalam semacam persekutuan dengan Gereja Katolik, walaupun tidak sempurna" (UR 3).
Persekutuan dengan Gereja-gereja Ortodoks begitu mendalam "bahwa mereka hanya kekurangan sedikit saja untuk sampai kepada kepenuhan yang membenarkan satu perayaan bersama Ekaristi Tuhan" (Paulus VI, Wejangan 14 Desember 1975).1



Versi Bahasa Inggris

Read the Catechism: Day 123

Part1:The Profession of Faith (26 - 1065)
Section2:The Profession of the Christian Faith (185 - 1065)
Chapter3:I Believe in the Holy Spirit (683 - 1065)
Article9:"I believe in the Holy Catholic Church" (748 - 975)
Paragraph3:The Church is One, Holy, Catholic, and Apostolic (811 - 870)
III. THE CHURCH IS CATHOLIC
What does "catholic" mean?
830     The word "catholic" means "universal," in the sense of "according to the totality" or "in keeping with the whole." The Church is catholic in a double sense:
First, the Church is catholic because Christ is present in her. "Where there is Christ Jesus, there is the Catholic Church." In her subsists the fullness of Christ's body united with its head; this implies that she receives from him "the fullness of the means of salvation" which he has willed: correct and complete confession of faith, full sacramental life, and ordained ministry in apostolic succession. The Church was, in this fundamental sense, catholic on the day of Pentecost and will always be so until the day of the Parousia.
831     Secondly, the Church is catholic because she has been sent out by Christ on a mission to the whole of the human race:
All men are called to belong to the new People of God. This People, therefore, while remaining one and only one, is to be spread throughout the whole world and to all ages in order that the design of God's will may be fulfilled: he made human nature one in the beginning and has decreed that all his children who were scattered should be finally gathered together as one. ... The character of universality which adorns the People of God is a gift from the Lord himself whereby the Catholic Church ceaselessly and efficaciously seeks for the return of all humanity and all its goods, under Christ the Head in the unity of his Spirit.
Each particular Church is "catholic"
832     "The Church of Christ is really present in all legitimately organized local groups of the faithful, which, in so far as they are united to their pastors, are also quite appropriately called Churches in the New Testament. ... In them the faithful are gathered together through the preaching of the Gospel of Christ, and the mystery of the Lord's Supper is celebrated. ... In these communities, though they may often be small and poor, or existing in the diaspora, Christ is present, through whose power and influence the One, Holy, Catholic, and Apostolic Church is constituted."
833     The phrase "particular Church," which is first of all the diocese (or eparchy), refers to a community of the Christian faithful in communion of faith and sacraments with their bishop ordained in apostolic succession. These particular Churches "are constituted after the model of the universal Church; it is in these and formed out of them that the one and unique Catholic Church exists."
834     Particular Churches are fully catholic through their communion with one of them, the Church of Rome "which presides in charity." "For with this church, by reason of its pre-eminence, the whole Church, that is the faithful everywhere, must necessarily be in accord." Indeed, "from the incarnate Word's descent to us, all Christian churches everywhere have held and hold the great Church that is here [at Rome] to be their only basis and foundation since, according to the Savior's promise, the gates of hell have never prevailed against her."
835     "Let us be very careful not to conceive of the universal Church as the simple sum, or ... the more or less anomalous federation of essentially different particular churches. In the mind of the Lord the Church is universal by vocation and mission, but when she put down her roots in a variety of cultural, social, and human terrains, she takes on different external expressions and appearances in each part of the world." The rich variety of ecclesiastical disciplines, liturgical rites, and theological and spiritual heritages proper to the local churches "unified in a common effort, shows all the more resplendently the catholicity of the undivided Church."
Who belongs to the Catholic Church?
836     "All men are called to this catholic unity of the People of God. ... And to it, in different ways, belong or are ordered: the Catholic faithful, others who believe in Christ, and finally all mankind, called by God's grace to salvation."
837     "Fully incorporated into the society of the Church are those who, possessing the Spirit of Christ, accept all the means of salvation given to the Church together with her entire organization, and who — by the bonds constituted by the profession of faith, the sacraments, ecclesiastical government, and communion — are joined in the visible structure of the Church of Christ, who rules her through the Supreme Pontiff and the bishops. Even though incorporated into the Church, one who does not however persevere in charity is not saved. He remains indeed in the bosom of the Church, but 'in body' not 'in heart.'"
838     "The Church knows that she is joined in many ways to the baptized who are honored by the name of Christian, but do not profess the Catholic faith in its entirety or have not preserved unity or communion under the successor of Peter." Those "who believe in Christ and have been properly baptized are put in a certain, although imperfect, communion with the Catholic Church." With the Orthodox Churches, this communion is so profound "that it lacks little to attain the fullness that would permit a common celebration of the Lord's Eucharist."
Dig deeper: Scriptural and other references for today's section here.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar