Mengasihi Sesama

Mengasihi Sesama
Ibu Theresa dari Calcuta

Jumat, 23 April 2021

Saint Cyril dari Alexandria

 BENEDIKTUS XVI

AUDIENS UMUM

Lapangan Santo Petrus
Rabu, 3 Oktober 2007

 

Saint Cyril dari Alexandria

Saudara dan saudari terkasih,

Hari ini juga, melanjutkan perjalanan kami mengikuti jejak yang ditinggalkan oleh para Bapa Gereja, kami bertemu dengan seorang tokoh penting: St Cyril dari Alexandria. Terkait dengan kontroversi Kristologis yang mengarah ke Konsili Efesus pada tahun 431 dan perwakilan penting terakhir dari tradisi Aleksandria di Timur Yunani, Siril kemudian didefinisikan sebagai "penjaga ketepatan" - untuk dipahami sebagai penjaga iman yang benar - dan bahkan "segel para Bapa". Deskripsi kuno ini dengan jelas mengungkapkan ciri khas Cyril: referensi konstan Uskup Aleksandria kepada para penulis gerejawi sebelumnya (termasuk, khususnya, Athanasius), untuk tujuan menunjukkan kesinambungan dengan tradisi teologi itu sendiri. Dia sengaja, secara eksplisit memasukkan dirinya ke dalam tradisi Gereja, yang dia akui sebagai jaminan kesinambungan dengan para Rasul dan dengan Kristus sendiri. Dihormati sebagai Santo di Timur dan Barat, pada tahun 1882 St Cyril diproklamasikan sebagai Doktor Gereja oleh Paus Leo XIII, yang pada saat yang sama juga menghubungkan gelar ini dengan eksponen penting Patristik Yunani lainnya, St Cyril dari Yerusalem. Demikianlah terungkap perhatian dan cinta terhadap tradisi Kristen Timur dari Paus ini, yang kemudian juga memilih untuk memproklamasikan St John Damascene sebagai Pujangga Gereja, dengan demikian menunjukkan bahwa baik tradisi Timur maupun Barat mengungkapkan doktrin satu Gereja Kristus. yang pada saat yang sama juga menghubungkan gelar ini dengan eksponen penting lainnya dari Patristik Yunani, St Cyril dari Yerusalem. Demikianlah terungkap perhatian dan cinta terhadap tradisi Kristen Timur dari Paus ini, yang kemudian juga memilih untuk memproklamasikan St John Damascene sebagai Pujangga Gereja, dengan demikian menunjukkan bahwa baik tradisi Timur maupun Barat mengungkapkan doktrin satu Gereja Kristus. yang pada saat yang sama juga menghubungkan gelar ini dengan eksponen penting lainnya dari Patristik Yunani, St Cyril dari Yerusalem. Demikianlah terungkap perhatian dan cinta terhadap tradisi Kristen Timur dari Paus ini, yang kemudian juga memilih untuk memproklamasikan St John Damascene sebagai Pujangga Gereja, dengan demikian menunjukkan bahwa baik tradisi Timur maupun Barat mengungkapkan doktrin satu Gereja Kristus.

Kami hampir tidak memiliki informasi tentang kehidupan Cyril sebelum pemilihannya menjadi Tahta penting di Alexandria. Dia adalah keponakan dari Theophilus, yang telah memimpin Keuskupan Alexandria sebagai Uskup sejak tahun 385 M dengan tangan besi yang bergengsi. Kemungkinan besar Siril lahir di kota metropolis Mesir ini antara tahun 370 dan 380 M, diinisiasi ke dalam kehidupan gerejawi ketika dia masih sangat muda dan menerima pendidikan yang baik, baik secara budaya maupun teologis. Pada tahun 403, dia pergi ke Konstantinopel bersama pamannya yang berkuasa. Di sinilah ia mengambil bagian dalam apa yang disebut "Sinode Pohon Oak" yang menggulingkan Uskup kota, John (kemudian dikenal sebagai "Krisan"), dan dengan demikian menandai kemenangan Takhta Aleksandria atas saingan tradisionalnya, Tahta Konstantinopel, tempat tinggal Kaisar.

Dua atau tiga tahun kemudian, pada tahun 417 atau 418, Uskup Aleksandria menunjukkan dirinya realistis dalam memperbaiki persekutuan yang rusak dengan Konstantinopel, yang telah berlangsung sejak tahun 406 sebagai konsekuensi dari deposisi Chrysostom. Tetapi konflik lama dengan Konstantinopel berkobar lagi sekitar 10 tahun kemudian, ketika pada tahun 428 Nestorius terpilih, seorang biksu yang keras dan otoriter dilatih di Antiokhia. Faktanya, Uskup Konstantinopel yang baru segera memprovokasi pertentangan karena dia lebih suka menggunakan gelar Maria dalam khotbahnya "Bunda Kristus" ( Christotòkos ) daripada "Bunda Allah" ( Theotòkos), sudah sangat menyukai pengabdian populer. Salah satu alasan keputusan Uskup Nestorius adalah ketaatannya pada jenis Kristologi Antiokhia, yang, untuk menjaga pentingnya kemanusiaan Kristus, diakhiri dengan menegaskan pembagian Keilahian. Oleh karena itu, persatuan antara Tuhan dan manusia di dalam Kristus tidak lagi benar, jadi secara alami tidak mungkin lagi untuk berbicara tentang "Bunda Tuhan".

Reaksi Cyril - pada waktu itu eksponen terbesar Kristologi Aleksandria, yang sebaliknya bermaksud untuk menekankan kesatuan pribadi Kristus - hampir seketika, dan dari tahun 429 ia tidak meninggalkan kebutuhan bisnis yang terlewat, bahkan menyampaikan beberapa surat kepada Nestorius sendiri. Dalam surat kedua Cyril untuk Nestorius ( PG77, 44-49), ditulis pada bulan Februari 430, kita membaca penegasan yang jelas tentang tugas para Pendeta untuk memelihara iman Umat Allah. Lagipula, inilah kriterianya yang masih berlaku hingga saat ini: iman Umat Tuhan adalah ekspresi tradisi, itu adalah jaminan doktrin yang sehat. Inilah yang dia tulis kepada Nestorius: "Penting untuk menjelaskan ajaran dan penafsiran iman kepada orang-orang dengan cara yang paling tidak tercela, dan untuk mengingat bahwa mereka yang menyebabkan skandal bahkan hanya kepada salah satu dari orang-orang kecil yang percaya kepada Kristus akan dikenakan hukuman yang tak tertahankan ".

Dalam surat yang sama kepada Nestorius - sebuah surat yang kemudian, pada tahun 451, harus disetujui oleh Konsili Kalsedon, Konsili Ekumenis Keempat - Siril menggambarkan iman Kristologisnya dengan jelas: "Jadi, kami menegaskan bahwa natur berbeda yang bersatu dalam satu kesatuan sejati, tetapi dari keduanya telah datang hanya satu Kristus dan Putra; bukan karena, karena kesatuan mereka, perbedaan dalam kodrat mereka telah dihilangkan, melainkan, karena keilahian dan kemanusiaan, dipersatukan kembali dalam persatuan yang tak terlukiskan dan tak terlukiskan, telah diproduksi untuk kita satu Tuhan dan Kristus dan Anak ". Dan ini penting: kemanusiaan sejati dan keilahian sejati benar-benar dipersatukan hanya dalam satu Pribadi, Tuhan kita Yesus Kristus. Oleh karena itu, Uskup Aleksandria melanjutkan: "Kami hanya akan mengakui satu Kristus dan Tuhan,agar tidak menyarankan gagasan pemisahan dengan mengatakan "bersama-sama ', tetapi dalam arti bahwa kita menyembah hanya satu dan sama, karena dia tidak asing dengan Logos, tubuhnya, yang dengannya dia juga duduk di sisi Bapanya, bukan seolah-olah "dua anak laki-laki" yang duduk di sampingnya tetapi hanya satu, bersatu dengan dagingnya sendiri ".

Dan segera Uskup Aleksandria, berkat aliansi yang cerdik, memperoleh kecaman berulang-ulang terhadap Nestorius: oleh Takhta Roma, akibatnya dengan serangkaian 12 laknat yang ia susun sendiri, dan akhirnya, oleh Konsili yang diadakan di Efesus pada tahun 431, Konsili Ekumenis Ketiga. Pertemuan yang berlangsung dengan peristiwa yang bergantian dan bergejolak, diakhiri dengan kemenangan besar devosi kepada Maria dan dengan pengasingan Uskup Konstantinopel, yang enggan mengakui hak Perawan Terberkati atas gelar "Bunda Allah" karena Kristologi yang salah yang membawa perpecahan kepada Kristus sendiri. Setelah menang melawan saingannya dan doktrinnya, pada tahun 433 Cyril sudah mampu mencapai formula teologis kompromi dan rekonsiliasi dengan Antiocheans. Ini juga penting: di satu sisi adalah kejelasan doktrin iman, tetapi di sisi lain, pencarian yang intens untuk persatuan dan rekonsiliasi. Pada tahun-tahun berikutnya dia mengabdikan dirinya dengan segala cara yang mungkin untuk membela dan menjelaskan pendirian teologisnya, sampai kematiannya pada 27 Juni 444.

Tulisan Cyril - benar-benar banyak dan sudah tersebar luas dalam berbagai terjemahan Latin dan Timur pada masa hidupnya sendiri, yang dibuktikan dengan kesuksesan instan mereka - adalah yang paling penting bagi sejarah Kekristenan. Komentarnya tentang banyak Kitab Perjanjian Baru dan Lama adalah penting, termasuk yang ada di seluruh Pentateuch, Yesaya, Mazmur dan Injil Yohanes dan Lukas. Juga penting adalah banyak karya doktrinalnya, di mana pembelaan iman Tritunggal melawan tesis Arian dan Nestorian berulang. Dasar dari ajaran Cyril adalah tradisi gerejawi dan khususnya, seperti yang saya sebutkan, tulisan-tulisan Athanasius, pendahulunya yang agung di Takhta Aleksandria. Di antara tulisan Cyril lainnya, buku Against Julianpantas disebutkan. Itu adalah tanggapan besar terakhir terhadap kontroversi anti-Kristen, mungkin didikte oleh Uskup Aleksandria pada tahun-tahun terakhir hidupnya untuk menanggapi karya Melawan Orang Galilea, yang disusun bertahun-tahun sebelumnya pada tahun 363 oleh Kaisar yang dikenal sebagai "Murtad. "karena telah meninggalkan agama Kristen tempat dia dibesarkan.

Iman Kristen adalah pertama dan terutama pertemuan dengan Yesus, "seorang Pribadi, yang memberi hidup sebuah cakrawala baru" ( Deus Caritas Est , n. 1). St Cyril dari Aleksandria adalah saksi yang teguh dan teguh tentang Yesus Kristus, Sabda Tuhan yang Berinkarnasi , yang menekankan di atas semua kesatuannya, seperti yang ia ulangi dalam 433 dalam surat pertamanya ( PG 77, 228-237) kepada Uskup Succensus: "Hanya satu adalah Anak, hanya satu Tuhan Yesus Kristus, baik sebelum Inkarnasi dan setelah Inkarnasi. Memang, Logosyang lahir dari Allah Bapa bukanlah Putra yang satu dan yang lahir dari Perawan Terberkati adalah yang lain; tetapi kami percaya bahwa Dia yang lahir sebelum zaman juga lahir menurut daging dan dari seorang wanita ". Di atas dan di atas makna doktrinalnya, pernyataan ini menunjukkan bahwa iman kepada Yesus, Logos yang lahir dari Bapa, berakar kuat pada sejarah karena, seperti yang ditegaskan St Cyril, Yesus yang sama ini datang tepat waktu dengan kelahirannya dari Maria, Theotò-kos, dan sesuai dengan janjinya akan selalu bersama kita. Dan ini penting: Tuhan itu kekal, dia lahir dari seorang wanita, dan dia tinggal bersama kita setiap hari. Dalam kepercayaan ini kita hidup, dalam kepercayaan ini kita menemukan jalan untuk hidup kita.

*****

Saya senang menyambut para peziarah berbahasa Inggris yang hadir pada Audiensi ini, terutama dari Australia, Denmark, Skotlandia dan Amerika Serikat. Dengan cara yang istimewa saya menyapa Misionaris Maryknoll, para imam dari Keuskupan Wheeling-Charleston, para siswa dari Perguruan Tinggi Kepausan Beda dan Calon Diakon dari Perguruan Tinggi Kepausan Amerika Utara. Semoga Tuhan terus memperkuat Anda saat Anda berusaha untuk melayani umat-Nya. Atas Anda semua, saya memohon berkat Tuhan yang melimpah berupa sukacita dan damai.

 

© Hak Cipta 2007 - Libreria Editrice Vaticana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar