Mengasihi Sesama

Mengasihi Sesama
Ibu Theresa dari Calcuta

Minggu, 20 Agustus 2023

SERI TIGA : TENTANG SETAN DAN WANITA, MUSUHNYA

 Iblis dan Wanita


Tempat terbaik untuk memulainya adalah di awal, dengan sabda Tuhan kepada ular dan manusia setelah kejatuhan manusia ke dalam dosa di Taman Eden:

Kej 3:15 Aku akan mengadakan permusuhan antara kamu dan perempuan itu, dan antara benihmu dan benihnyadia akan meremukkan kepalamu, dan kamu akan meremukkan tumitnya."

I will put enmities between thee and the woman, and thy seed and her seedshe/he/it shall crush thy head, and thou shalt lie in wait for her heel.

Bagian ini disebut Protoevangelium (atau "Injil pertama") karena ini adalah pertama kalinya dalam Kitab Suci di mana kita melihat janji munculnya Juruselamat bagi umat manusia

Sedangkan, secara harfiah, wanita yang dimaksud adalah Hawa, banyak sarjana mengakui bahwa Maria menggenapi nubuatan ini

Bagaimanapun, benihnya/her seed, 

Yesus Kristus

gereja-Nya (Mat 16:18 ... And I say to thee: That thou art Peter; and upon this rock I will build my church, and the gates of hell shall not prevail against it.), 

murid2nya (Luk 10:19-20 TB Sesungguhnya Aku telah memberikan kuasa kepada kamu untuk menginjak ular dan kalajengking dan kuasa untuk menahan kekuatan musuh, sehingga tidak ada yang akan membahayakan kamu. ......” ) 

keturunannya yang lain, yang menuruti hukum2 Allah dan memiliki kesaksian Yesus (Why 12:17

yang akan meremukkan kepala ular, mengalahkan Setan dengan Sengsara, Kematian, dan Kebangkitan-Nya sendiri.


Tapi, bagian ini juga mengatakan sesuatu tentang wanita itu.  Dikatakan bahwa Tuhan akan menempatkan "permusuhan" antara dia dan ular. Permusuhan adalah keadaan pertentangan dan oposisi langsung. Wanita dan ular benar-benar bertentangan satu sama lainMereka adalah musuh. Terlebih lagi, ular itu tidak dapat menaklukkannya, tidak peduli seberapa keras dia mencoba. Kita melihat permusuhan ini terlihat dalam Kitab Wahyu di mana, sekali lagi, wanita dan ular (kali ini, seekor naga tua) bertentangan satu sama lain
:

Why 12:13-17 Dan ketika naga itu melihat, bahwa ia telah dilemparkan kebumi, ia mengejar perempuan yang melahirkan anak laki-laki itu14 Tetapi perempuan itu diberi dua sayap rajawali besar agar dia dapat terbang dari ular kepadang gurun, ke tempat di mana dia akan dipelihara untuk sementara waktu, satu waktu, dan setengah waktu. 15 Ular itu mengalirkan air seperti sungai dari mulutnya kearah perempuan itu, untuk menghanyutkannya dengan air bah. 16 Tetapi bumi datang membantu wanita itu, dan bumi membuka mulutnya dan menelan sungai yang telah dicurahkan naga itu dari mulutnya17Kemudian naga itu marah kepada wanita itu, dan pergi berperang melawan keturunannya yang lain, terhadap mereka yang menuruti perintah Allah dan bersaksi tentang Yesus.

Betapapun iblis menginginkannya, dia tidak bisa memilikinya. Mengapa? Karena wanita itu telah diampuni/diselamatkan oleh Tuhan . 

Ketika kita melihat semua ini terjadi, kita dibiarkan bertanya-tanya: Jika "wanita" itu sebenarnya adalah Maria, bagaimana permusuhan ditempatkan antara dia dan Setan? 

Bagaimana Maria diselamatkan oleh Tuhan? 

Mungkinkah Tuhan melindunginya dari noda dosa asal?  

Mungkinkah dia adalah "wanita" yang tidak bisa dimiliki iblis?

Secara tidak langsung ....
Kenyataannya, yang jelas bahwa dia adalah ibu dari anak yang akan meremukkan kepala ular, dukungan lebih lanjut untuk mengidentifikasi Maria dengan "perempuan" ini terlihat dalam kata-kata Elizabeth kepada Maria dalam Luk 1:42 dan cara Yesus sendiri menyapa Maria dalam Injil Yohanes. 

Kita telaah masing-masing secara berurutan.

Dalam Luk 1:42, Elizabeth menyapa Maria dengan kata-kata yang pernah diucapkan kepada Yael dan Judith dalam Perjanjian Lama. Mari kita bandingkan ayat ini dengan Hakim-hakim 5:24 dan Yudit 13:18:

Luk 1:42 dan dia berseru dengan suara nyaring, "Diberkatilah engkau di antara wanita, dan terpujilah buah rahimmu !"

Hakim 5:24 " Wanita yang paling diberkati adalah Ya'el, istri Heber, orang Ken'ite , dari wanita penghuni tenda yang paling diberkati.

Judith 13:18 Dan Uzia berkata kepadanya, "Hai putri, Anda diberkati oleh Allah Yang Mahatinggi di atas semua wanita di bumi; dan terpujilah Tuhan Allah, yang menciptakan langit dan bumi, yang telah membimbing Anda untuk menyerang kepala pemimpin musuh kita."

Yang menarik dari Jael dan Judith adalah kedua wanita tersebut dinyatakan paling diberkati di atas semua wanita. Kenapa ini? Karena dengan iman dan keberanian mereka menangkis pasukan  yang memusuhi Israel, bagaimana bisa mereka melakukan hal ini?  Dengan benar-benar memberikan pukulan mematikan ke kepala komandan setiap pasukan. 

  • Yael " meletakkan tangannya kepatok tenda dan tangan kanannya kepalu pekerja; dia memukul Sis'era, dia meremukkan kepalanya, dia meremukkan dan menusuk pelipisnya " (Hakim 5:26). 
  • Judith, seperti yang baru saja kita lihat, dibimbing oleh Tuhan untuk "memukul kepala pemimpin musuh kita" (Judith 13:18).


Sekarang, Elizabeth yang dipenuhi Roh Kudus menyatakan Maria "diberkati di antara wanita." Namun bagaimana Maria dapat berdiri sejalan dengan Yael dan Judith, yang diberi pernyataan serupa, terkecuali jika dia, Maria, ... juga memberikan pukulan telak kepada musuh? 

Jika Maria adalah "perempuan" dari Kej 3:15, maka kita tahu persis bagaimana dia melakukan ini: yaitu ... dengan melahirkan keturunan yang akan meremukkan kepala ular.

Kini, perhatikan, ... kata-kata panggilan Yesus sendiri kepada ibu-Nya juga penting di sini. Dalam Injil Yohanes, 

Ketika Yesus menyebut Maria sebagai "wanita". Pada awal pelayanan-Nya (lih. Yoh 2:4), Dia berkata kepadanya, "Hai wanita, apa urusanmu dengan-Ku?" ... atau, secara lebih harfiah, 

  • And Jesus saith to her: Womanwhat is that to me and to thee? my hour is not yet come ("Wanita, apa artinya itu bagiku dan bagimu?" [Douay-Rhimms Bible] atau 
  • "Wanita, apa hubungannya dengan kita?" [NAS]). 

Di Kayu Salib, pada puncak pekerjaan penyelamatan-Nya, Dia menyapanya lagi: 

... he saith to his mother: Woman, behold thy son...  

"Wanita, lihatlah, anakmu!" (Yoh 19:26). 

Dalam hal ini, kesejajaran yang menarik muncul antara "wanita" yang adalah ibu Yesus dan "wanita" dari Kej 3:15 dan Wahyu 12:

  • Sama seperti "wanita" yang muncul dalam kitab Kejadian dan Wahyu, di awal dan di akhir "Firman" (Wahyu Ilahi yang tertulis dari Tuhan), demikian pula Maria, "wanita", muncul di awal dan akhir dari "Firman" Yesus Kristus, firman terakhir dari Bapa.

  • Rasul Yohanes, simbol Gereja, menjadi putra "wanita" Maria sama seperti semua orang yang "menuruti perintah-perintah Allah dan memberikan kesaksian tentang Yesus" adalah keturunandari "wanita" dari Wahyu 12 (lih. ayat 17).

Maka dengan sederhana/mudah, berdasarkan penjelasan di atas dan pada identitas Yesus yang jelas sebagai "keturunan perempuan" yang akan "meremukkan kepala ular" dalam kehancuran-Nya atas pekerjaan iblis (lih. 1 Yoh 3:8 ), bahwa Maria adalah "wanita" dari Kej 3:15 dan Wahyu 12, dimana sengat maut tidak dapat menahannya dan racun ular tidak dapat menginfeksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar