Mengasihi Sesama

Mengasihi Sesama
Ibu Theresa dari Calcuta

Kamis, 24 Agustus 2023

SERI 6 : DIBERKATILAH ENGKAU DIANTARA PARA WANITA

Diberkatilah Engkau di Antara Para Wanita

Kata-kata Elisabet kepada Maria terus menjadi hal yang penting di sini:

Luk. 1:42 dan ia berseru dengan suara nyaring: "Diberkatilah engkau di antara perempuan dan diberkatilah buah rahimmu!... "

Kita telah melihat bagaimana kata-kata Elisabet menggemakan seruan yang sama dari Perjanjian Lama dan bagaimana hal ini menegaskan identitas Maria sebagai "WANITA" dalam Kej. 3:15; Why. 12 dan Tabut Perjanjian Baru. Bahkan dengan semua ini, kita belum menyelesaikan implikasi dari ayat ini terhadap ketidakberdosaan Maria. Yang ingin kita bahas di sini adalah apa arti frasa, "Diberkatilah engkau di antara para wanita" bagi orang-orang pada zaman dan budaya Elisabet.

Bahasa Yunani di sini mencoba mengungkapkan sebuah ungkapan bahasa Hewi/Aram yang digunakan Elisabet sebagai tanggapannya ketika melihat Maria. Ungkapan tersebut adalah baruchah att minnashim.... בַּנָשִׁים אַתְּ בְּרוּכָה "diberkatilah engkau dari pada perempuan," yang merupakan cara lain untuk mengatakan, "Engkau [lebih] diberkati dari pada perempuan [lain atau semua]." 

Bahasa Ibrani dan Aram tidak memiliki kata superlatif, tetapi mereka memiliki cara untuk mengekspresikan pengertian superlatif: misalnya, "Mahakudus" berarti "Yang Mahakudus". Secara teknis, frasa dalam Lukas 1:42 ini adalah sebuah komparatif, tetapi ketika kita memiliki komparatif di mana satu pihak adalah individu dan pihak lainnya adalah semua orang, maka frasa ini akan memiliki kekuatan superlatif. Jika Maria lebih diberkati daripada wanita lain, maka ia adalah yang paling diberkati dari semua wanita. Ini adalah perbandingan tata bahasa dengan kekuatan superlatif.

Kita mungkin bertanya pada diri sendiri, "Mengapa hal ini penting?" Untuk beberapa alasan, sebagian besar pembela Katolik hanya menunjukkan bahwa Maria adalah yang paling diberkati di antara semua wanita dan mereka tidak pernah memberi tahu pembaca apa kaitannya dengan dogma Maria Dikandung Tanpa Noda. Saya pikir jawabannya akan ditemukan ketika kita meneliti mengapa Elisabet menyebut Maria sebagai "yang paling diberkati di antara para wanita".

Alasan yang jelas, tentu saja, karena Maria, dari semua wanita yang pernah hidup, dipilih untuk menjadi bunda Tuhan kita. Hal ini tentu saja menjadikannya wanita yang paling diberkati yang pernah ada. Namun, saya pikir ada juga alasan lain. Bagaimanapun juga, Maria berkata tentang dirinya sendiri, "mulai dari sekarang segala keturunan akan menyebut aku berbahagia" (Luk. 1:48). Mengapa? "Sebab Dia yang Mahakuasa telah melakukan hal-hal yang besar kepadaku" (Luk. 1:49). Keibuannya yang unik hanyalah satu hal. Jadi, apa lagi yang telah Tuhan lakukan dalam hidupnya yang membuatnya lebih diberkati daripada wanita lain?

Saya pikir hal lain itu adalah kemurahan ilahi yang tak tertandingi, atau kasih karunia, yang telah Dia berikan kepadanya. Dalam konteks kisah Kabar Sukacita dan Visitasi, Inkarnasi dan keibuannya yang ajaib selalu hadir. Namun, keanggunannya yang sangat nyata juga ada di sana. "Salam, hai yang dikaruniai" [atau "penuh rahmat"] (Luk 1:28); "Engkau beroleh kasih karunia di hadapan Allah" (Luk 1:30); "Jiwaku memuliakan Tuhan" (Luk 1:46).

Mengapa Allah memilihnya di atas semua wanita lain untuk menjadi ibu dari Tuhan kita? Apa yang ada dalam diri wanita ini yang membuatnya cocok untuk tugas tersebut? Hanya orang Katolik yang memiliki jawaban untuk pertanyaan itu, dan kami percaya bahwa jawaban itu ditemukan dalam perkataan malaikat. Roh Kudus menaungi dia dan membuat Juruselamat kita dikandung di dalam rahimnya karena Allah telah mempersiapkannya untuk menjadi seorang ibu dan mengisinya dengan rahmat-Nya. Dengan demikian, ia "diberkati di antara para wanita" bukan hanya karena keibuannya, tetapi juga karena persiapan untuk menjadi seorang ibu yang ia terima.


Kesimpulan

Secara keseluruhan, Kitab Suci memberikan beberapa indikasi yang sangat kuat bahwa kehidupan Maria yang dipenuhi dengan kasih karunia menghalangi dosa. Gereja mula-mula, dengan merenungkan contoh-contoh ini dan dengan bimbingan para rasul dan penerus mereka, memahami bahwa Maria adalah makhluk yang telah diluputkan oleh Allah dari noda dosa asal dan, sebagai konsekuensinya, tidak melakukan dosa dalam hidupnya

Tidak ada satu titik pun dalam sejarah di mana hal ini tidak menjadi kepercayaan umum seluruh Kekristenan hingga Reformasi Protestan, seribu lima ratus tahun setelah kelahiran Gereja. Saya menyadari bahwa beberapa orang Protestan tidak peduli dengan hal itu, tetapi bagi kita hal itu sangat signifikan. Kebaruan dari keberatan Protestan, adalah tanda pertama yang menentangnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar