Mengasihi Sesama

Mengasihi Sesama
Ibu Theresa dari Calcuta

Minggu, 20 Agustus 2023

SERI 4 : TABUT PERJANJIAN BARU

Tabut Perjanjian


Indikasi lain dari ketidakberdosaan Maria dapat ditemukan dalam paralel antara Maria dan Tabut Perjanjian dari Perjanjian Lama:

  • Luk 1:28, 31, 42, 45, 48 (DRB) dan Mzm 93:5 : Maria adalah bait Tuhan, dan bait Tuhan adalah kudus untuk selama-lamanya.
  • Luk 1:35 dan Kel 40:35 : Allah menaungi Maria sama seperti Ia menaungi TABUT.
  • Luk 1:39 dan 2 Sam 6:2 : Maria dan TABUT bangkit dan pergi ke Yehuda.
  • Luk 1:41 dan 2 Sam 6:16 : Daud melompat kegirangan di hadapan TABUT, sama seperti Yohanes melonjak kegirangan dihadapan Maria.
  • Luk 1:43 dan 2 Sam 6:9 : Apa yang dikatakan Daud tentang kedatangan TABUT hampir persis seperti yang dikatakan Elisabet tentang kedatangan Maria.
  • Luk 1:56 dan 2 Sam 6:11 : Baik Maria maupun TABUT tinggal selama 3 bulan di lokasi baru mereka.
  • Ibr 9:4 dan Yoh 1:1; 6:51; Ibr 5:4-5 : Sama seperti tabut Perjanjian Lama berisi firman Allah di loh batu, manna dari surga, dan tongkat Harun, Imam Besar Agung, demikian pula Maria mengandung Yesus Kristus, yang adalah Firman Tuhan, Manna dari Surga, dan Imam Besar yang Agung.

Jika itu tidak cukup untuk menetapkan Maria sebagai Tabut Perjanjian Baru, ada kata yang sangat menarik dari Luk 1:42 yang lebih jauh menegaskan hal ini.  Perhatikan bahwa ketika Elisabet melihat Maria untuk pertamakalinya, Elisabet "berseru" dengan seruan nyaring. Hal ini tampaknya tidak perlu diperhatikan sampai Anda melihat kata Yunani yang Lukas putuskan untuk digunakan di sini.  ἀνεφώνησεν (transliterasi: anaphonesen ) hanya digunakan sekali di seluruh Perjanjian Baru dan itu ada di sini dalam Luk 1:42.  Kehadirannya dalam Perjanjian Lama Yunani (Septuaginta) juga jarang, hanya muncul lima kali. Mengapa ini penting?  Scott Hahn dan Curtis Mitch menjelaskan:

Setiap kali ungkapan itu digunakan dalam Perjanjian Lama, itu menjadi bagian dari cerita seputar Tabut Perjanjian. Secara khusus, ini mengacu pada suara melodi yang dibuat oleh penyanyi dan musisi Lewi ketika mereka memuliakan Tuhan dalam lagu. Dengan demikian menggambarkan suara "gembira" dari instrumen yang dimainkan di depan Tabut ketika Daud membawanya dalam prosesi ke Yerusalem (1 Taw 15:28; 16:4-5) dan ketika Salomo memindahkan Tabut ke tempat peristirahatan terakhirnya di Bait Suci (2 Taw 5:13).  

Menyinggung episode-episode ini, Lukas menghubungkan ungkapan yang sama ini dengan seruan melodi dari keturunan Lewi lainnya, Elizabeth yang sudah lanjut usia (Luk 1:5). Dia juga menyerukan suaranya dalam pujian liturgi, bukan di depan peti emas, tetapi di hadapan Maria. ( Ignatius Catholic Study Bible , "The Gospel of Luke," hal. 21).

Tapi apa hubungan "Maria sebagai TABUT" dengan ketidakberdosaannya? Jangan lupa: loh-loh, manna, dan tongkat imam yang ada di dalam Tabut adalah yang paling suci dari semua peninggalan Yahudi dan mewakili kehadiran Tuhan bagi orang-orang Yahudi. Dengan demikian, wadah atau "TABUT" yang menampung mereka layak terbuat dari bahan yang paling murni dan paling sempurnaTABUT  itu sendiri dianggap begitu suci sehingga tidak seorang pun diizinkan menyentuhnya, yang berani menyentuhnya akan mati (lih. 2 Sam 6:7; 1 Taw 13:9-10 ).

Sama seperti isi TABUT perjanjian lama menuntut wadah yang benar-benar murni, demikian pula Kristus, bukan karena kebutuhan yang mutlak (Allah dapat mengambil daging manusia dari wanita mana pun) tetapi karena kekudusan-Nya menuntut dan layak mendapatkannya. Dengan menjaga Maria dari dosa, Tuhan telah mempersiapkannya untuk menjadi Tabut Perjanjian Baru yang murni.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar