Mengasihi Sesama

Mengasihi Sesama
Ibu Theresa dari Calcuta

Rabu, 10 November 2010

Kardinal Newman bicara tentang Gereja

Beliau dalam sebuah buku tulisannya," The Development of Christian Doctrines" mengatakan bahwa Gereja yang mempunyai pengajaran yang benar adalah Gereja yang perkembangan ajarannya dapat ditelusuri sampai kepada jaman awal ke kristenan, yang bersumber pada Yesus sendiri. Ini berarti harus ada konsistensi dalam pengajaran, sama seperti perkembangan pohon kecil menjadi pohon yang besar. Yang dimaksudkan dengan dari kecil ke besar adalah ajaran yang sama, namun perkembangannya hanya untuk memperjelas pengertian, bukan mengubah ajaran. (kutipan diambil dari www.katolisitas.org)

Kardinal Newman menemukan hal itu dalam Gereja Katolik, sehingga untuk menempatkan kebenaran di atas segalanya, dia berpindah dari Anglikan ke Gereja Katolik.

Membaca hal tersebut di atas, dengan pikiran terbuka, tanpa prasangka akan sampai pada suatu kesimpulan seperti berikut :
- Gereja yang benar adalah Gereja yang dapat ditelusuri ke awalnya, agar sampai pada sumbernya yaitu
   Yesus
- Gereja yang ajarannya konsisten, artinya tidak berubah, kalau kelihatannya ada tambahan, hal itu bersifat
   memperjelas.

Kita menganut hal di atas tidak untuk bermegah atas diri kita dan menghina yang lain, tetapi untuk menunjukkan bahwa Gereja Katolik, adalah Gereja yang tidak pernah mengingkari Kristus, Gerja kita adalah Gereja yang bediri dari awal ke kristenan hingga saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar