Mengasihi Sesama

Mengasihi Sesama
Ibu Theresa dari Calcuta

Kamis, 29 Februari 2024

SERI 12 : BUNDA YESUS, BUNDA TUHAN, ... BUNDA ALLAH ...

Seorang anak telah lahir ... setelah dikandung ibunya selama kurang lebih 9 bulan, dia merupakan sebuah pribadi yang memiliki tubuh dan jiwa/roh yang kemudian akan memiliki 'nama' ... seorang pribadi.


Janin lah yang terbentuk pertama kali ... karena persatuan sperma dari pria (man seed) dengan sel telur (ovum =woman seed), wanita, pasangannya :

sejumlah sel sperma dipancarkan oleh pria dan memasuki tempat bersemayamnya sel telur pasangannya

Sel telur atau ovum yang siap dibuahi akan dicapai ... biasanya ... hanya oleh satu saja sel sperma sebagaimana tampak pada gambar di bawah ini (untuk yang kembar tentu saja bisa oleh 2 sel sperma atau lebih ... atau sel telurnya lebih dari satu... ) :


Kemudian sperma yang 'berhasil/sukses' tersebut akan menembus sel telur itu dan melepaskan ekor penggeraknya ... lalu kedua sel itu mulai bergabung dan sel keduanya menyatu ... mulai membentuk sel-sel baru secara menakjubkan. Di saat mulainya persatuan ini ... Allah membentuk jiwa/roh Janin ... bagian jiwa/roh ini merupakan kreasi Allah bagi manusia/janin itu ... ini bukan karena sepasang pria-wanita yang telah menjadi satu itu ... walaupun mereka berperan dalam terciptanya manusia baru tersebut. 


Gambar di atas menggambarkan proses tersebut ... dilanjutkan dengan proses berikut : 


Setelah sampai pada waktunya ... sang bayi akan lahir :




Semoga dengan gambar-gambar di atas kita menjadi paham mengenai proses kelahiran seorang bayi yang normal ... yang berasal dari benih pria (sperma) dan benih wanita (ovum)

Peristiwa itu terjadi setelah Adam dan Hawa berhubungan suami isteri ... begitulah  prosesnya ... menakjubkan bukan ??? 

Tetapi jangan lupa ... proses terjadinya manusia tidak selalu demikian ... tentu saja ada kekecualiannya. Terciptanya manusia yang bukan dari benih pria-wanita.

Apa kekecualiannya ? Seperti apa itu ? Benarkah itu pernah terjadi ???

Jawabnya : Ya !!! Dalam penciptaan manusia pertama dan kedua ... serta kelahiran Yesus !!! Juruselamat kita ...

Dalam Penciptaan Manusia Pertama :

Kekecualian ini tercermin dalam ayat Kej 2:7

Kemudian Tuhan Allah mengambil sedikit tanah, membentuknya menjadi seorang manusialalu menghembuskan napas yang memberi hidup ke dalam lubang hidungnya; maka hiduplah manusia itu.


Atau supaya lebih rinci prosesnya, digambarkan sbb :


Dari gambar di atas... kita bisa melihat bahwa tubuh manusia pertama itu dibentuk dulu dari tanah ... sebagai bakal tubuh ... ketika dihembus (nish-Mat) melalui lubang hidung manusia terbentuk lah ne-fesh atau jiwa ... yang menjadikan manusia hidup ... dalam bahasa Ibrani ayat tsb lengkapnya sbb : 

Begitulah Adam manusia pertama tercipta ... ia memiliki tubuh dan jiwa/roh ... ia adalah seorang pribadi ... Adam namanya. Allah kemudian menciptakan lagi teman sepadan bagi Adam ... demikian : 

Kej 2 :21 Lalu Tuhan Allah membuat manusia tidur nyenyak, dan selagi ia tidur, Tuhan Allah mengeluarkan salah satu rusuk dari tubuh manusia itu, lalu menutup bekasnya dengan daging. 22Dari rusuk itu Tuhan membentuk seorang perempuan, lalu membawanya kepada manusia itu.


Dengan demikian Hawa tercipta juga ... ia memiliki tubuh yang dibentuk dari tulang rusuk Adam ... tentu saja kepadanya juga dihembuskan (nish-Mat) ... hingga dia memiliki jiwa/roh dari Allah ... menjadi seorang pribadi ... dinamai Hawa ... keduanya tidak melewati proses pembentukan bayi seperti dijelaskan di atas ... keduanya dibentuk oleh Allah ... Adam dari tanah yang dihembusi (ruach) menjadi hidup ... Hawa diambil dari bagian tulang rusuk Adam ... dibentuk kembali oleh Allah ... menjadi mahluk yang hidup. Keduanya memilki jiwa/roh dari Allah ... memasuki tubuh (tanah atau materi)... menjadi mahluk yang hidup. Menjadi pribadi ... pribadi Adam ... juga pribadi Hawa.

Bagaimana menjelaskan kelahiran Yesus ???

Secara ringkas perhatikan gambar berikut :


Sel Telur Maria (her seed) 'dinaungi' oleh yang Mahatinggi ... Roh Kudus turun atas Maria ... Sang Sabda berpadu dengan ovum Maria kemudian membentuk Zygote ... sel2 janin Yesus terbentuk ... mengikuti proses pembentukan janin secara 'manusiawi'. Dengan demikian 'pribadi ilahi sabda' menaungi 'manusia Yesus' ... agar semakin jelas ... mari kita teliti pertanyaan2 berikutnya :

Artinya yang dilahirkan bunda Maria ... bayi Yesus ... bukan sekedar 'tubuh' atau 'raganya' saja... bukan pula sekedar Jiwa/Roh-Nya ... melainkan ... adalah seorang pribadi ... yang sepenuhnya manusia ... juga seutuhnya Allah ... Yesus

Anak yang dilahirkan seorang ibu ... bukan hanya tubuh nya saja ... juga bukan hanya jiwa/roh nya saja ... melainkan 'tubuh-jiwa/roh' yang merupakan seorang pribadi ... misalnya bernama Maryam.

Tubuh yang jadi memang merupakan hasil perpaduan sel sperma dan sel telur ... ayah dan ibunya ... benih ayah dan ibunya (his seed and her seed) !!! 

Yesus dibentuk dari sel telur saja, sel telur Maria (her seed) ... tidak dengan sperma seorang pria ... sebuah pemenuhan dari Kej 3:15 ...

King James Bible
And I will put enmity between thee and the woman, and between thy seed and her seed; it shall bruise thy head, and thou shalt bruise his heel.

Brenton Septuagint Translation
And I will put enmity between thee and the woman and between thy seed and her seed, he shall watch against thy head, and thou shalt watch against his heel.

Kej 3:15Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya."

Yang dari LAI atau pun LBI tak terlihat her seed-nya atau tepatnya benih-nya / wanita

Tentu saja ... benih wanita dalam Kej 3:15
khas menggambarkan nubuat kelahiran
Sang Juruselamat ... Yesus !!!

Dengan demikian jelas bagi kita semua... Bunda Maria ... lewat benihnya ... karena Roh Kudus yang turun atasnya ... juga yang 'dinaungi' kuasa Allah yang Mahatinggi  ... dimana Sang Firman 'bergabung' dengan benih Maria ... membentuk Janin ... Janin ini tumbuh  menempati rahimnya ... setelah genap waktunya ... Maria melahirkan Yesus.

Jawab malaikat itu kepadanya: "Roh Kudus  akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah. (Luk 1:35)

 Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran. (Yoh 1:14)

Firman Allah adalah "pribadi ilahi". Salah satu pribadi ilahi Allah. Dia lah yang menjadi manusia ... hanya pribadi ilahi Firman inilah yang menjadi manusia ... Yesus hanya memiliki satu pribadi ilahi ... tak ada pribadi lain.

Sebagai Pribadi Ilahi sang Firman ... Dia memiliki Kodrat Allah.

Sebagai Pribadi Ilahi manusia Yesus ... Dia memiliki Kodrat manusia.

Firman Allah telah menjadi manusia, Yesus !!! Pribadi Ilahi Firman telah menjadi manusia, Yesus !!! 

Yesus memiliki 2 kodrat (sepenuhnya manusia dan sepenuhnya Allah)

Ingatlah bahwa "pribadi manusia" Yesus itu tidak pernah ada (bukan ... seakan-akan ada suatu waktu dimana pribadi manusia ini pernah ada lalu kemudian diganti atau diambil alih pribadi ilahi) dan tidak akan ada (karena pribadi ilahi sudah melekat [hypostatic union], kelekatan ini selamanya dan tidak akan, katakanlah, copot lagi).

Sementara yang membayangkan bahwa pribadi ilahi dan pribadi manusia bersama-sama menaungi (subsist) pada kodrat Yesus adalah bidah nestorianis.

Jadi pembicaraan soal "pribadi manusia" Yesus biasanya dalam ranah spekulasi seperti spekulasi kodrat murni manusia (manusia sejak Adam tidak pernah hidup dalam kodrat murni/netralnya). Adam diciptakan langsung diberi rahmat pengudusan yang mengangkat kodratnya. Begitu jatuh ke dosa, kodrat Adam langsung jatuh ke posisi lebih buruk dari kodrat murni/netralnya. Ketika manusia menerima pengudusan [yang semenjak Perjanjian Baru terjadi ketika menerima baptisan] ini pun bukan kembali ke kodrat murni/netral manusia tapi menjadi manusia baru dengan kodrat yang lebih baik dari kodrat murni/netral manusia.

Dengan begitu :

Bunda Maria adalah Bunda Yesus !! Bunda Tuhan !!! Bunda Allah ...

Bidat Nestorius mengatakan :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar