Hari ini adalah hari raya St. Irenaeus dari Lyons , salah satu pemikir terbesar Gereja Awal, jika bukan yang terbesar. 
 
Anda dapat menemukan pada dasarnya semua doktrin penting Gereja dalam bentuk anakan dalam tulisan-tulisan Santo Irenaeus. Tulisan-tulisannya sangat penting untuk membela ajaran Gereja tentang Ekaristi, Bunda Perawan, kanon Kitab Suci, dan banyak lagi. 

Berikut adalah LIMA hal penting yang perlu Anda ketahui  tentang St. Irenaeus, ditambah beberapa kutipan terbaik dari St. Irenaeus: 
 

1. Maria adalah Hawa Baru

St Paulus berbicara tentang Yesus menjadi "Adam Kedua" atau "Adam Baru," tapi St Irenaeus yang melengkapi perbandingan.

Berikut kutipan St. Irenaeus tentang Maria, Hawa Baru:

St Irenaeus dari Lyons, dari Against Heresies , Buku III, Bab 2, paragraf 4 .
Konsekuensi dari hubungan sederhana ini sangat besar. Pikirkan saja apa yang terbukti tentang Mary! Bagaimana Hawa dikandung? Dia dikandung tanpa noda, tanpa noda dosa, dan lahir perawan dari sisi Adam. Di sana Anda memiliki dasar untuk Dikandung Tanpa Noda . Juga, dalam hal  rekapitulasi , Hawa lahir perawan dari Adam, jadi Adam Kedua lahir perawan dari Hawa Kedua. Di sana Anda memiliki dasar untuk  Kelahiran Perawan .

St Irenaeus juga mengatakan hal berikut mengenai kehidupan paralel Hawa dan Maria, Hawa Baru: 

Saat Hawa tergoda oleh firman malaikat dan melarikan diri dari Tuhan setelah tidak menaati firman-Nya, Maria pada gilirannya diberi kabar baik melalui firman malaikat, dan melahirkan Tuhan dalam ketaatan pada firman-Nya. Sebagaimana Hawa dibujuk untuk tidak taat kepada Allah, demikian pula Maria dibujuk untuk taat kepada Allah; dengan demikian Perawan Maria menjadi pembela Perawan Hawa.

Masih ada lagi! Untuk lebih lanjut tentang bagaimana Maria adalah Hawa Baru, lihat posting ini di Pernikahan di Kana  dan posting ini tentang nubuatan Dikandung Tanpa Noda dalam Proto-evangelium dalam Kejadian .

2. St. Irenaeus "Bapak Teologi Katolik"

Santo Irenaeus mungkin memiliki silsilah apostolik terbesar dari Bapa Gereja mana pun, selain para Paus. Dia adalah murid St. Polikarpus , murid dari Rasul St. Yohanes . Karena itu, Irenaeus menjadi jembatan antara periode Apostolik dan Patristik dalam sejarah Gereja.

Gereja dihantam oleh ajaran sesat pada Abad Kedua, dan St. Irenaeus dari Lyons dipukul mundur. Dia memberikan pukulan mematikan bagi Gnostisisme dan Marcionisme . Cara sistematis dan metodis di mana ia menghancurkan argumen para bidat adalah mengapa ia kadang-kadang disebut "Bapak teologi Katolik." Irenaeus bukan hanya teolog terbesar di Abad Kedua, dia juga salah satu penulis anti-bidat terbesar yang pernah ada .

 

   


3. St. Irenaeus dan Divinisasi

Tuhan menjadi manusia sehingga manusia dapat dipulihkan ke dalam kesalehan mereka. Ini adalah proses "Divinisasi." CATATAN: Ini adalah dukun , bukan meramal , yang merupakan praktik terlarang yang mirip dengan sihir.

Tapi itu lebih dari sekedar "kesalehan," seperti dalam "kebersihan di samping kesalehan." Tuhan menjadi manusia sehingga manusia bisa menjadi ilahi. 

Berikut kutipan St. Irenaeus tentang manusia yang menjadi ilahi:   

St. Irenaeus dari Lyons, dari  Against Heresies , Buku V, Kata Pengantar .

Berikut adalah kutipan St. Irenaeus lainnya, yang menggambarkan peran Inkarnasi Yesus dalam keilahian: 


Proses keilahian adalah bagaimana manusia menjadi manusia seutuhnya. Ini mengarah ke kutipan St. Ireneus terkenal lainnya:


4. St. Irenaeus dan Ekaristi

Proses keilahian ini terjadi melalui Sakramen, khususnya Ekaristi. Adam dan Hawa makan buah terlarang dan jatuh. Juga, dengan tindakan makan, kita akan bangkit kembali:


Seperti yang dikatakan St. Irenaeus di atas, tubuh kita “tidak lagi fana” karena kita telah menerima Ekaristi. Tubuh Yesus sendiri menjadi bagi kita Pohon Kehidupan. 

St Ignatius dari Antiokhia, Bapa Gereja menakjubkan lainnya yang menjadi martir di Circus Maximus tidak lama sebelum Irenaeus lahir, menyebut Ekaristi sebagai "obat keabadian".

St. Irenaeus juga menyatakan di atas bahwa, setelah makan Ekaristi, kita memiliki “pengharapan akan Kebangkitan.” Melalui kuasa Ekaristi yang hidup kita dibangkitkan, bukannya menderita “kerusakan” dan pembusukan. 

Dengan memakan Ekaristi, Tubuh Kristus, tubuh kita sendiri disatukan dengan Dia yang berkata, “Akulah Kebangkitan dan Hidup.” Kita akan bangkit karena Kristus telah bangkit, karena tubuh kita menjadi Tubuh-Nya, dan ini dicapai dengan memakan Ekaristi.


5. St. Irenaeus dan Penulis Injil Yohanes

Tampaknya aneh untuk menulis bahwa penulis Injil Yohanes bukanlah Yohanes . Ini seperti bertanya, siapa yang dimakamkan di makam Grant? Namun demikian, keaslian Injil Yohanes baru-baru ini mendapat sorotan tajam.

Meskipun tidak pernah dipertanyakan secara serius selama delapan belas abad, menjadi semakin populer untuk mengklaim bahwa Rasul Yohanes bukanlah penulis Injil Yohanes. Hal ini terutama karena Yohanes menempatkan keilahian Yesus di pusat narasinya . Lebih buruk lagi, beberapa kritikus menolak Yohanes sebagai penulis Injilnya karena, jika Rasul benar-benar menulisnya di masa hidupnya, itu berarti Yesus benar-benar menubuatkan peristiwa masa depan. Seberapa gila itu? Tuhan, yang maha tahu, sebenarnya maha tahu. Amit-amit!

Sekarang, ingat, Santo Irenaeus diajar oleh Santo Polikarpus , yang sendiri adalah murid Rasul Yohanes. Oleh karena itu, Santo Irenaeus adalah penghubung langsung dengan Rasul Yohanes. Santo Irenaeus juga mengutip Injil Yohanes setidaknya seratus kali hanya dalam tulisan-tulisannya yang masih ada.

Ketika Santo Irenaeus mengacu pada Injil Yohanes, dia tidak meninggalkan ruang untuk keraguan tentang kepengarangannya. Misalnya, dalam Against Heresies , ia menyatakan "Kemudian Yohanes, murid Tuhan yang bersandar pada dada-Nya, juga menulis Injil, ketika ia tinggal di Efesus di Asia" (Adv. Haer., III, i, n. 2). Irenaeus tidak hanya secara eksplisit merujuk pada murid Yohanes sebagai penulis sebuah Injil, tetapi Yohanes yang “bersandar di dada [Tuhan].” Ini merujuk, tentu saja, pada Yohanes 13:23 , “Salah seorang murid-Nya, yang dikasihi Yesus, berbaring dekat dengan dada Yesus.”

Kritikus modern, yang dipisahkan oleh hampir dua milenium dari peristiwa dan penulis Injil, mungkin mempertanyakan penulis Injil, tetapi saksi awal, seperti Ireneus, tidak. Ini harus sangat instruktif bagi kita.

Saya harap Anda menikmati belajar tentang Santo Irenaeus! Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang santo agung dan pikiran agung ini, lihat infografis berikut atau semua tempat ini dalam Katekismus yang mengutip Santo Irenaeus: Paragraf 53  "Tuhan Mengungkapkan 'Rencana Cinta Kasih-Nya'",  172-173 , 460 , 518 (pada "rekapitulasi"); 704 (Roh Kudus dalam penciptaan); 1730  "Kebebasan Manusia."

Santo Irenaeus dari Lyons, doakanlah kami!

Lebih Banyak Kutipan St. Ireneus:







Infografis Extra Saint Ireneus: