Kapan Kaum Yahudi Rabi "Secara Resmi" Menolak Deuterokanonika?
Bagi mereka yang tidak tahu apa arti istilah "deuterokanonika". Istilah ini digunakan secara historis untuk apa yang oleh banyak orang puritan protestan dan beberapa orang sekuler disebut sebagai "Apokrifa". Kitab-kitab ini tidak benar-benar disebut "Apokrifa" oleh sebagian besar orang Kristen di masa lalu. Memang benar bahwa beberapa orang menyebut kitab-kitab ini sebagai apokrifa, tetapi hal ini lebih banyak ditemukan di Barat sejak abad ke-5. Sebelum masa Hieronimus, kitab-kitab ini tidak pernah disebut "Apokrifa".
Kata "deuterokanonika" secara sederhana berarti "sekunder". Atau urutan kitab-kitab sekunder. Judul historis untuk kumpulan kitab-kitab yang lain adalah "protokrifa". Yang berarti, "primer", atau urutan kitab-kitab utama. Beberapa cendekiawan Ortodoks memilih untuk tidak menggunakan istilah "Deuterokanonika" karena itu adalah istilah Katolik Roma Barat. Namun, bagaimanapun juga, dalam berbagai tingkatan, Gereja selalu menerima setidaknya beberapa dari kitab-kitab ini sebagai kitab suci.
Jadi, kapan orang-orang Yahudi yang tidak percaya secara resmi menolak "Deuterokanonika"?
Pada tahun 135 M, "Akiba ben Joseph" diangkat menjadi kepala Akademi Jamnia. Di bawah pengaruhnya, orang-orang Yahudi "secara resmi" menolak Deuterokanonika.
Dia mendukung "Bar Kochba" dengan menyebutnya sebagai Mesias Yahudi. Orang-orang Kristen menolak untuk melihatnya sebagai Mesias dan dengan demikian dia membenci Deuterokanonika dan kitab-kitab Perjanjian Baru. Menurut Wiki....dan no....Saya tidak terlalu suka dengan wicki, dan saya menolak sinisme mereka yang menganggap Akiba tidak benar-benar mendukung Bar Kocka dalam pemberontakan.....tetapi satu hal yang mereka masukkan adalah ketidaksukaannya pada agama Kristen dan D.C.
http://en.wikipedia.org/wiki/Akiba_ben_Joseph
Seperti yang dikutip dari wicki:
"Dia, bagaimanapun, tidak keberatan dengan pembacaan pribadi dari Apokrifa, seperti yang terbukti dari fakta bahwa ia sendiri sering menggunakan Ecclesiasticus (W. Bacher, Ag. Tan. i. 277; H. Grätz, Gnosticismus, hal. 120).
Akan tetapi, Akiba dengan gigih membela kanonisitas Kidung Agung, dan Ester (Yad. iii.5, Meg. 7a). Pernyataan Grätz (Shir ha-Shirim, hal. 115, dan Kohelet, p. 169) yang menghormati sikap Akiba terhadap kanonisitas Kidung Agung adalah kesalahpahaman, seperti yang ditunjukkan oleh I.H. Weiss (Dor, ii. 97). Untuk motif yang sama yang mendasari permusuhannya terhadap Apokrifa, yaitu, keinginan untuk melucuti orang-orang Kristen - terutama orang Kristen Yahudi - yang mengambil "bukti-bukti" mereka dari Apokrifa, juga harus dikaitkan dengan keinginannya untuk membebaskan orang-orang Yahudi dari dari dominasi Septuaginta, kesalahan dan ketidakakuratan dalam yang sering memutarbalikkan arti sebenarnya dari Kitab Suci, dan bahkan digunakan sebagai argumen melawan orang-orang Yahudi oleh orang-orang Kristen."
Dan dalam buku Michuta, ia mengatakan:
"Pemberontakan pertama (tahun 70 M) adalah pemberontakan nasional; pemberontakan-pemberontakan kedua (sekitar tahun 135 M atau mungkin 150 M) adalah sebuah gerakan mesianis.
Melalui pekerjaan Akiba, sejumlah besar orang Yahudi bergabung dalam pemberontakan. Bahkan Orang-orang Samaria dan penyembah berhala bergabung dengan Bar Kochba dalam pemberontakannya. Namun, ada satu sekte Yahudi yang menolak untuk bergabung: suku keras kepala yang dikenal sebagai orang Kristen. Para Orang-orang Kristen, yang mayoritasnya masih merupakan etnis Yahudi, didesak untuk bergabung dalam perjuangan hidup dan mati dengan Roma, tetapi mereka menolak. Untuk menerima bar Kochba sebagai Mesias, seperti yang ditegaskan oleh Akiba, sama saja dengan murtad; dan karena penolakan mereka untuk melakukannya, orang Kristen diperlakukan oleh orang Yahudi sebagai bid'ah dan pengkhianat. Rabi Akiba yang sama inilah yang merupakan penulis pertama yang secara gamblang dan terang-terangan menolak inspirasi dari Perjanjian Baru dan kitab-kitab Deuterokanonika. Pernyataan Akiba dapat ditemukan dalam Tosefta Yahayim 2:13 yang berbunyi;
"Injil dan kitab-kitab sesat tidak menajiskan tangan. Kitab-kitab Ben Sira dan semua kitab lain yang ditulis sejak saat itu dan semua buku yang ditulis sejak saat itu, tidak menajiskan tangan."
Ada dua hal penting yang dapat ditarik dari deklarasi yang tidak bermoral ini: pertama, pasti sudah menjadi pengetahuan umum bahkan pada bahwa orang-orang Kristen menerima Deuterokanonika dan menggunakannya sebagai Kitab Suci (bersama dengan Injil), jika tidak, tidak akan ada kebutuhan untuk memerintah kedua bahwa setidaknya beberapa orang Yahudi juga harus berbagi penerimaan itu, jika tidak, maka keputusan Akiba tidak akan berguna."
Di sini kita memiliki seorang saksi yang tidak bersahabat yang mengkonfirmasi melalui tindakannya bahwa orang-orang Kristen mula-mula menerima Injil dan deuterokanonika sebagai Kitab Suci yang diilhami dan suci. Dalam peristiwa penting ini - penamaan Mesias palsu Bar Kochba dan pemberian nama anatomi bagi mereka yang menolaknya - yang menyebabkan penolakan pertama yang tidak perlu dipertanyakan lagi terhadap Deuterokanon oleh satu otoritas Yahudi yang diakui secara luas. Pada masa kepemimpinan Akiba inilah tradisi tekstual tunggal Perjanjian Lama pertama kali diadopsi; sebelum masa ini (seperti yang telah kami tunjukkan) berbagai macam teks yang berbeda digunakan di antara orang-orang Yahudi. Di sinilah, sekitar pertengahan abad kedua Masehi, Yudaisme untuk pertama kalinya mengadopsi sebuah teks normatif yang resmi (yaitu Teks Masoret atau MT).
Halaman 68-70 dari buku "Mengapa Alkitab Katolik Lebih Besar: Kisah yang Tak Terungkap tentang kitab-kitab yang hilang dari Alkitab Protestan" oleh Gary G. Michuta
Banyak orang Kristen di Amerika yang tidak mengetahui teori atau penafsiran sejarah ini. Saya akhirnya tahu, sebelumnya tidak tahu, sampai beberapa tahun yang lalu. Sebelumnya saya diberitahu bahwa dewan rabi Yahudi di Jamnia pada tahun 70 M atau 90 M menolak kitab-kitab ini. Namun tampaknya secara resmi hal seperti itu mungkin baru terjadi beberapa dekade kemudian. Yang benar adalah, orang Yahudi tidak memiliki konsili gereja seperti halnya orang Kristen. Jadi tidak pernah benar-benar ada dewan Yahudi di Jamnia. Jamnia adalah sebuah sekolah Yahudi. Sejenis akademi kerabian, jadi akan lebih tepat jika disebut Akademi Jamnia. Orang pertama yang menyebutnya sebagai "sinode" adalah sejarawan Yahudi, H. Graetz (1817-1891). Beberapa orang Kristen yang membaca karyanya berspekulasi bahwa itu adalah versi Yahudi dari konsili gereja Kristen.
Dan dari sinilah asal mula "konsili Jamnia tahun 90 M". Itu berasal dari spekulasi. Sumber-sumber yang kita miliki tentang waktu itu tidak pernah menyebutkan apapun tentang kitab-kitab yang dikeluarkan dari kanon. Sebagian besar perdebatan yang terjadi adalah seputar Kitab Pengkhotbah dan mungkin Kidung Agung. Pertemuan Jamnia ini tidak menetapkan batas-batas kanon Perjanjian Lama.
Oleh karena itu, sehubungan dengan Jamnia, akan lebih tepat jika kita merujuk pada apa yang terjadi sekitar tahun 135 M. Karena pada saat itulah mazhab kerabian Jamnia secara resmi menolak bukan hanya kitab-kitab deutero, tetapi juga kitab-kitab Injil.
sumber : http://orthodox-apologetics.blogspot.com/2010/08/when-did-jewsnonbelieving-officially.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar