Maria Menurut Alkitab
Sejak munculnya agama Protestan, telah terjadi perdebatan mengenai penghormatan terhadap Perawan Maria. Umat Kristen Ortodoks berpendapat bahwa karena Maria adalah Bunda Tuhan Yesus Kristus, maka ia harus diberi penghormatan yang layak. Sebagai orang Kristen Ortodoks, kami menyebutnya Bunda Allah, Tabut Perjanjian Baru, Ratu Surga, Pengantara, Hawa Baru, Maha Kudus, dan selalu perawan. Adalah tujuan saya untuk membuktikan bahwa setiap peran ini dikaitkan dengan Maria dalam Alkitab.
Bunda Allah
Peran Maria yang paling penting adalah perannya sebagai Theotokos, yang secara kasar diterjemahkan sebagai "Bunda Allah", tetapi lebih tepat diterjemahkan sebagai "Pembawa Allah". Apakah pantas menyebut Perawan Maria sebagai "Bunda Allah"? Ya! Semua orang Protestan mengakui ajaran Alkitab tentang keilahian Kristus, tetapi, demi kelengkapan, mari kita tinjau sebuah ayat Alkitab yang penting.
Sebab di dalam Dialah berdiam secara jasmaniah seluruh kepenuhan keilahian. (Kolose 2:9)
Di dalam tubuh Tuhan Yesus Kristus, seluruh kepenuhan Allah berdiam. Dengan demikian, jika Maria melahirkan tubuh Yesus Kristus, seperti yang diakui oleh semua orang Protestan, apa yang keluar dari rahimnya juga adalah Allah, karena Allah berdiam di dalam tubuh Kristus. Oleh karena itu, adalah tepat untuk menyebutnya sebagai "pembawa Allah" atau Theotokos, dan, sebagai konsekuensinya, "Bunda Allah."
Tabut Perjanjian Baru
Bahkan, St. Elizabeth berkata kepada Maria:
Siapakah aku ini sampai ibu Tuhanku datang mengunjungi aku ? (Lukas 1:43)
Pertanyaan yang ada di hadapan kita adalah apakah "Tuhanku" di sini mengacu pada natur ilahi Yesus Kristus. Mungkinkah hal itu hanya merujuk pada sifat manusiawi? Hal ini langsung membawa kita kepada pembahasan tentang Maria sebagai "Tabut Perjanjian Baru". Ketika Elisabet bertanya bagaimana mungkin ibu Tuhan akan datang kepadanya, ia secara langsung menyinggung kata-kata yang diucapkan oleh Nabi Daud
Pada waktu itu Daud takut kepada TUHAN, lalu katanya: "Bagaimanakah tabut TUHAN dapat datang kepadaku?" (2 Samuel 6:9)
Orang Yahudi kuno menghafal Alkitab Ibrani. Kemiripan dalam kata-kata akan langsung terlihat oleh mereka. Jelas sekali: ketika Elisabet bertanya bagaimana Bunda Tuhan dapat datang kepadanya, ia secara langsung menyinggung perkataan Nabi. Penting untuk dicatat bahwa dalam terjemahan Septuaginta Alkitab Ibrani, YHWH akan digantikan dengan "Tuhan"
Jadi, ketika Elisabet menyebut Maria sebagai "ibu Tuhanku", mengacu pada kata-kata Daud, ia menyebut Maria sebagai "Bunda YHWH". Dengan demikian, sangatlah tepat untuk menyebut Maria sebagai Bunda Allah!
Lebih jauh lagi, Elisabet menyamakan Tabut Perjanjian dengan Perawan Maria. Sebagaimana Tabut Perjanjian Lama adalah tempat kediaman Allah pada zaman Perjanjian Lama, demikian juga Tabut Perjanjian Baru, yaitu Perawan Maria, adalah tempat kediaman Allah Firman pada zaman kita, zaman Perjanjian Baru. Mari kita lihat beberapa ayat Alkitab tambahan yang menunjukkan status Maria sebagai Tabut Perjanjian Baru.
Lalu awan menutupi Kemah Pertemuan dan kemuliaan TUHAN memenuhi Kemah Suci. (Keluaran 40:34)
Kuasa Tuhan turun atas Tabut Perjanjian. Demikian pula:
Jawab malaikat itu kepadanya: "Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, yaitu Anak Allah. (Lukas 1:35)
Kuasa Allah Yang Mahatinggi menaungi Anak Dara yang Terberkati, sama seperti kuasa itu menaungi Tabut Perjanjian.
Dengarkanlah apa yang terjadi ketika Tabut Perjanjian dibawa ke hadapan Daud:
Lalu Daud menari-nari di hadapan TUHAN dengan segenap kekuatannya. Daud memakai baju efod dari kain lenan (2 Samuel 6:14).
Baju efod linen ini adalah jubah imam. Demikian juga, Yohanes Pembaptis adalah bagian dari garis keturunan imam Harun, dan sama seperti Daud yang menari-nari ketika melihat Tabut Perjanjian, demikian juga Yohanes Pembaptis:
Ketika Elisabet mendengar salam Maria, melonjaklah anak yang ada di dalam rahimnya. Dan Elisabet pun penuh dengan Roh Kudus. (Lukas 1:41)
Anak itu, Yohanes Pembaptis melompat di dalam rahim Elisabet ketika mendengar Tabut Perjanjian.
Setelah Daud menari-nari di depan Tabut Perjanjian, tabut itu tinggal selama tiga bulan:
Dan tabut TUHAN tinggal di rumah Obed-Edom, orang Gat itu, tiga bulan lamanya, lalu TUHAN memberkati Obed-Edom dan segenap isi rumahnya. (2 Samuel 6:11)
Dan setelah Yohanes Pembaptis menari-nari ketika mendengar Maria, tinggallah ia tiga bulan lamanya:
Dan Maria tinggal bersama-sama dengan dia kira-kira tiga bulan lamanya, lalu ia pulang ke rumahnya. (Lukas 1:56)
Mungkinkah semua ini hanya sebuah kebetulan? Ketika ayat demi ayat ditumpuk, hampir tidak mungkin hal itu terjadi. Buktinya jelas bahwa Lukas menampilkan Maria sebagai Tabut Perjanjian Baru.
Selain itu, kita juga mendengar tentang Maria sebagai Tabut Perjanjian Baru dalam kitab Wahyu Yohanes:
Maka terbukalah bait Allah di sorga dan tabut perjanjian-Nya terlihat di dalam bait-Nya. Dan terjadilah kilat, suara gemuruh, guntur yang menggelegar, gempa bumi dan hujan es yang lebat. (Wahyu 11:19)
Kita melihat Bait Suci Surgawi, dan kita melihat Tabut Perjanjian. Apakah Tabut Perjanjian Lama masih memiliki arti penting? Tidak. Perjanjian Lama telah selesai, dan kemuliaan Allah telah meninggalkan tabutnya. Tetapi Perjanjian Kasih Karunia yang Baru masih berlaku, dan Tabutnya adalah sesuatu yang mulia. Tabut apakah yang dimaksud dengan Tabut ini? Yohanes memberi tahu kita dalam ayat berikutnya:
Dan suatu tanda besar tampak di langit: Seorang perempuan berselubungkan matahari dan bulan di bawah kakinya dan di atas kepalanya ada sebuah mahkota dari dua belas bintang. (Wahyu 12:1)
Siapakah perempuan itu?
Ia melahirkan seorang anak laki-laki, yang akan memerintah segala bangsa dengan gada besi, tetapi anaknya itu diangkat kepada Allah dan kepada takhta-Nya. (Wahyu 12:5)
Dan siapakah yang memerintah bangsa-bangsa dengan gada besi? Allah Sang Firman, Yesus Kristus.
Ia memakai jubah yang berlumuran darah, dan nama-Nya ialah Firman Allah. Dan bala tentara surga berpakaian putih bersih, lenan halus dan putih bersih, dan mereka mengiringi Dia dengan menunggang kuda-kuda putih. Dan dari mulut-Nya keluar sebilah pedang yang tajam untuk membunuh bangsa-bangsa dan Ia akan memerintah mereka dengan gada besi." (Wahyu 19:13-15)
Jadi, perempuan dalam Wahyu 12 adalah ibu dari Yesus Kristus. Siapakah ibu Kristus? Tentu saja, Perawan Maria yang Terberkati.
Oleh karena itu, kita melihat bahwa Tabut Perjanjian Baru diidentifikasikan dengan jelas sebagai Perawan Maria dalam Wahyu Yohanes. Namun, beberapa orang Protestan berpendapat bahwa Perempuan itu bukanlah Maria, melainkan Israel, dengan mendasarkan penafsiran mereka di sini:
Kemudian ia bermimpi lagi dan menceritakannya kepada saudara-saudaranya, katanya: "Sesungguhnya, aku telah bermimpi lagi. Sesungguhnya, matahari, bulan dan sebelas bintang sujud menyembah kepadaku." (Kejadian 37:9)
Ini merujuk kepada Israel. Jadi, apakah Israel adalah rujukan dalam nubuat Yohanes? Ya! Dalam nubuat Alkitab, tidak jarang sebuah nubuat memiliki banyak referen. Izinkan saya memberikan sebuah contoh dari nubuat Yesaya yang terkenal:
Sebab itu, TUHAN sendiri akan memberikan kepadamu suatu tanda. Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel. (Yesaya 7:14)
Semua orang Kristen tahu bahwa hal ini pada akhirnya digenapi di dalam Yesus Kristus. Namun, ada penggenapan sementara, di mana seorang anak dara yang tidak perawan melahirkan seorang anak yang diberi nama Imanuel sebagai tanda bahwa Tuhan menyertai mereka.
"Dan ia akan menyapu Yehuda, ia akan meluap dan meluas sampai ke leher, dan sayapnya yang terkembang akan memenuhi tanahmu, hai Imanuel." (Yesaya 8:8)
Ada beberapa bagian di mana Yesaya merujuk kepada kedua referen tersebut, dan ada juga bagian di mana ia hanya merujuk kepada salah satunya. Perhatikanlah bagian ini:
Sebab sebelum anak itu tahu menolak yang jahat dan memilih yang baik, maka negeri yang ditakuti oleh kedua raja itu akan menjadi sunyi sepi. (Yesaya 7:16)
Apakah pernah ada waktu ketika Tuhan Yesus Kristus tidak mengetahui yang baik dan yang jahat? Tidak pernah. Dengan demikian, ayat enam belas hanya merujuk pada rujukan pertama, dan bukan rujukan mesianis.
Demikian juga, dalam Wahyu 12, ada bagian-bagian di mana Yohanes merujuk kepada Maria, ada bagian-bagian di mana ia merujuk kepada Hawa, ada bagian-bagian di mana ia merujuk kepada Gereja, dan ada bagian-bagian di mana ia merujuk kepada Israel. Namun, sebagian besar, ia merujuk kepada keempatnya. Jadi, dengan demikian, mari kita lihat implikasi lebih lanjut dari Wahyu 12.
Ratu Surga
Maka tampaklah suatu tanda besar di langit: Seorang perempuan berselubungkan matahari dan bulan di bawah kakinya dan di atas kepalanya ada sebuah mahkota dari dua belas bintang. (Wahyu 12:1)
Maria di sini mengenakan Mahkota Dua Belas Bintang. Seperti yang kita lihat dalam mimpi Yusuf, bintang-bintang adalah simbol Israel. Maria mengenakan Mahkota Israel. Namun, Israel Baru adalah umat Gereja, Kerajaan Surga. Kristus berkata:
Yesus menjawab, "Kerajaan-Ku bukan dari dunia ini. Jikalau kerajaan-Ku dari dunia ini, tentulah hamba-hamba-Ku telah berperang, supaya Aku jangan diserahkan kepada orang-orang Yahudi. Tetapi kerajaan-Ku bukan dari dunia ini." (Yohanes 18:36)
Kerajaan Israel Baru adalah kerajaan surga. Dengan demikian, Maria di sini digambarkan mengenakan mahkota Israel Baru - dia adalah Ratu Surga.
Fakta penting lainnya adalah bahwa Yesus adalah seorang raja menurut keturunan Daud - Dia adalah raja Daud. Siapakah ratu-ratu dari raja-raja Daud? Menariknya, mereka bukanlah istri-istri mereka. Melainkan ibu mereka. Perhatikan ayat ini:
Katakanlah kepada raja dan ibu suri: "Duduklah di tempat yang rendah, karena mahkota yang indah itu telah turun dari kepalamu." (Yeremia 13:18)
Perantara
Jadi, Yesus, sebagai Raja Daud di Surga, memiliki ratu Daud, yaitu Bunda-Nya, Maria. Apa saja fungsi dari Ibu Suri? Pengantaraan di hadapan Raja.
Maka Batsyeba pergi menghadap Raja Salomo untuk berbicara kepadanya atas nama Adonia. Dan raja bangkit untuk menemuinya dan sujud menyembah kepadanya. Lalu duduklah raja di atas takhtanya dan dibawanya tempat duduk untuk ibu raja, lalu duduklah ia di sebelah kanannya. Lalu ia berkata, "Aku mempunyai satu permintaan kecil kepadamu, janganlah engkau menolaknya." Jawab raja kepadanya: "Ajukanlah permintaanmu itu, hai ibuku, sebab aku tidak akan menolaknya." (1 Raja-raja 2:19-20)
Ratu Daud, Batsyeba, bersyafaat atas nama Adonia atas permintaannya, di hadapan raja Daud, putranya Salomo, dan Salomo mendengarkan dengan penuh perhatian terhadap permintaan ratu. Hal ini sama persis dengan situasi yang terjadi pada masa kini di kalangan umat Kristen Ortodoks. Umat Kristen Ortodoks meminta perantaraan Ratu kita, Maria. Dia bersyafaat di hadapan putranya, Yesus Kristus, sang Raja, atas permintaan kita dan Dia mendengarkan dengan perhatian khusus.
Hawa yang baru
Santo Yohanes menulis:
Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah. Segala sesuatu telah dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada sesuatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan. (Yohanes 1:1-3)
Dia membuka dengan membahas awal mula dunia, dibuka dengan "pada mulanya". Ingatlah bahwa orang Yahudi kuno mengenal Alkitab Ibrani dari hafalan. Mereka akan langsung berpikir:
Pada mulanya, Allah menciptakan langit dan bumi. (Kejadian 1:1)
Kesejajaran lebih lanjut dapat ditarik:
Di dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia. Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya. (Yohanes 1:4-5)
Berfirmanlah Allah: "Jadilah terang," maka terang itu jadi. Dan Allah melihat, bahwa terang itu baik. Lalu Allah memisahkan terang itu dari gelap. (Kejadian 1:3-4)
Jadi, Yohanes menulis untuk menyejajarkan dengan pasal-pasal pembuka kitab Kejadian. Ia menghitung hari-hari:
Mulailah dengan satu hari dalam pembukaan Yohanes.
Keesokan harinya ia melihat Yesus datang kepadanya dan berkata: "Lihatlah Anak Domba Allah, yang menghapus dosa dunia. (Yohanes 1:29)
Dua.
Keesokan harinya Yohanes berdiri di tengah-tengah dua orang muridnya. (Yohanes 1:35)
Tiga.
Keesokan harinya Yesus memutuskan untuk pergi ke Galilea. Ia bertemu dengan Filipus dan berkata kepadanya, "Ikutlah Aku." (Yohanes 1:43)
Empat.
Pada hari ketiga, di Kana, Galilea, ada sebuah pesta perkawinan, dan ibu Yesus ada di sana. (Yohanes 2:1)
Tujuh.
Pernikahan di Kana terjadi pada hari ketujuh. Pada hari ketujuh, Maria meminta Yesus melakukan sesuatu:
Ketika anggur itu habis, berkatalah ibu Yesus kepada-Nya: "Mereka tidak mempunyai anggur." (Yohanes 2:3)
Yesus melakukan sebuah mukjizat:
Ketika tuan pesta mencicipi air yang telah menjadi anggur itu dan tidak tahu dari mana asalnya (meskipun para pelayan yang menimba air itu tahu), tuan pesta itu memanggil mempelai laki-laki (Yohanes 2:9)
Kita tahu dari Kitab Suci bahwa Yesus adalah Adam Baru:
Ada tertulis: "Manusia pertama, Adam, menjadi makhluk yang hidup"; Adam yang terakhir menjadi roh yang menghidupkan. (1 Korintus 15:45)
Apa yang dilakukan Hawa kepada Adam pada hari ketujuh?
Ketika perempuan itu melihat, bahwa pohon itu baik untuk dimakan dan sedap kelihatannya, dan bahwa buahnya menarik hati orang, lalu diambilnya dari pohon itu dan dimakannya; dan diberikannya sebagian kepada suaminya, yang bersama-sama dengan dia, dan suaminya itu pun memakannya (Kejadian 3:6).
Pada hari ketujuh setelah pembukaan kitab Kejadian, Hawa membujuk Adam untuk melakukan dosa pertamanya. Pada hari ketujuh setelah pembukaan kitab Yohanes, yang membawa pikiran kita kembali ke kitab Kejadian, Maria membujuk Adam yang baru untuk melakukan mukjizat pertamanya. Kesimpulannya jelas: Maria adalah Hawa yang Baru. Kita juga dapat mempertimbangkan ketaatan Maria kepada Jibril dibandingkan dengan ketaatan Hawa kepada Iblis:
Tetapi ular itu berkata kepada perempuan itu: "Engkau tidak akan mati sekarang juga. Sebab Allah tahu, bahwa pada waktu engkau memakannya, matamu akan terbuka dan engkau akan menjadi seperti Allah, tahu tentang yang baik dan yang jahat." (Kejadian 3:4-5)
Jadi, Hawa menuruti malaikat jahat Iblis, yang membujuknya untuk membawa maut ke dalam dunia.
Malaikat itu berkata kepadanya: "Janganlah takut, hai Maria, sebab engkau beroleh kasih karunia dari Allah. Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus. (Lukas 1:30-31)
Siapakah Yesus?
Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku." (Yohanes 14:6)
Yesus adalah Hidup. Maria menyetujui pesan dari malaikat yang baik, Gabriel, untuk membawa Kehidupan ke dalam dunia. Hawa menyetujui pesan dari malaikat jahat, Setan, untuk membawa maut ke dalam dunia. Sudah jelas apa yang dikatakan Alkitab. Maria jelas adalah Hawa yang Baru.
Maha Kudus
Umat Kristen Ortodoks percaya bahwa oleh kasih karunia Allah, Maria dipelihara dari noda dosa pribadi. Kami percaya bahwa dia, sebagian karena hal ini, ditinggikan di atas semua malaikat kudus. Apakah buktinya untuk hal ini? Sebagian besar berasal dari Lukas 1:28.
Lalu ia datang kepadanya dan berkata: "Salam" (Lukas 1:28)
Bahasa Yunani yang digunakan untuk kata "salam" di sini adalah "chairō", yang merupakan gelar yang digunakan untuk seorang atasan, seperti yang terlihat dalam:
Dan ia segera datang kepada Yesus dan berkata: "Salam, (chairō) Guru!" Dan Yesus menciumnya. (Matius 26:49)
Malaikat Gabriel memberi salam kepada Perawan Maria sebagai atasan. Apa artinya ini? Apakah seorang yang berdosa lebih tinggi dari seorang malaikat?
Untuk melanjutkan:
"karena engkau telah beroleh kasih karunia (charitoō), Tuhan menyertai engkau!" (Lukas 1:28)
Maka Malaikat Gabriel menyapa Maria sebagai seorang yang lebih tinggi, dan menyebutnya "telah dikaruniai", ia telah menerima anugerah khusus dari Allah. Rahmat inilah yang membimbingnya dan melindunginya dari noda dosa pribadi.
Selalu Perawan
Terakhir, umat Kristen Ortodoks percaya bahwa Maria tetap perawan sepanjang hidupnya. Posisi tradisional Ortodoks adalah bahwa "saudara-saudara Yesus" sebenarnya adalah saudara-saudara tiri dari pernikahan Yusuf sebelumnya (dia adalah seorang duda). Apakah posisi ini mendapat dukungan dari Alkitab? Ya! Pertama-tama, mari kita bahas dua indikasi yang dikemukakan oleh kaum Protestan bahwa Maria tidak lagi perawan. Pertama:
Ketika Yusuf bangun dari tidurnya, ia melakukan apa yang diperintahkan malaikat Tuhan kepadanya: ia mengambil isterinya, tetapi ia tidak mengetahuinya, sebelum ia melahirkan seorang anak laki-laki. Lalu ia menamakan Dia Yesus. (Matius 1:24-25)
Kata kunci yang dikemukakan oleh kaum Protestan adalah "sampai". Bahasa Yunaninya adalah "heōs". Di mana lagi kita menemukan kata Yunani ini? Matius 28:20.
Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai (heōs) kepada akhir zaman." (Matius 28:19-20)
Jadi, jika kata "heōs" menyiratkan suatu perubahan dalam tindakan, itu berarti Yesus pada akhirnya akan meninggalkan kita.
Selanjutnya:
Bukankah Ia ini tukang kayu, anak Maria dan saudara Yakobus, Yoses, Yudas dan Simon? Dan bukankah saudara-saudara perempuannya ada di sini bersama kita?" Dan mereka tersinggung mendengarnya. (Markus 6:3)
Apakah pernah dikatakan bahwa anak-anak yang lain ini adalah anak-anak Maria? Tidak, dikatakan bahwa mereka adalah "saudara-saudara Yesus". Mungkinkah ini berarti saudara tiri? Ya, bisa saja, kecuali jika Anda ingin berargumen bahwa Yusuf sebenarnya adalah ayah kandung Yesus.
Dan ayah dan ibu-Nya takjub mendengar apa yang dikatakan tentang [Yesus]. (Lukas 2:33)
Jadi, apa yang sebenarnya diajarkan oleh Markus 6? Mengapa Yesus disebut sebagai anak Maria dan bukan anak Yusuf? Seperti yang telah kita lihat, menyebut Yesus sebagai anak Yusuf adalah hal yang wajar, jadi bukan mengacu pada konsepsi perawan. Lalu mengapa? Cendekiawan Protestan Richard Bauckham menjawabnya:
"... di Nazaret, Yesus akan dikenal sebagai 'anak Maria' karena hal ini membedakannya dengan anak-anak Yusuf dari istri pertamanya."
Jadi Markus 6:3, jauh dari menjadi bukti yang menentang doktrin tradisional, sebenarnya adalah bukti yang mendukungnya! Terakhir, perhatikan perkataan Yesus kepada Rasul Yohanes:
Ketika Yesus melihat ibu-Nya dan murid yang dikasihi-Nya berdiri di dekat-Nya, berkatalah Ia kepada ibu-Nya: "Hai ibu, lihatlah, inilah anakmu!" (Yohanes 19:26)
Yesus mempercayakan pemeliharaan Anak Dara Maria kepada Rasul Yohanes. Hal ini tentu saja tidak dapat diterima jika Maria memiliki anak yang lain. Jika anak tertua meninggal, pengasuhan ibu jatuh kepada anak tertua berikutnya. Jika anak tertua adalah anak tunggal, adalah tanggung jawabnya untuk menunjuk seseorang untuk merawat ibunya jika ia meninggal. Kita dapat melihat bahwa Yesus bertindak seolah-olah Dia adalah anak tunggal Maria.
Seperti yang dapat kita lihat, tidak ada indikasi dari Alkitab bahwa Maria memiliki anak selain Yesus, dan setidaknya ada dua indikator kuat yang menentangnya. Dari Alkitab saja, kita dapat menyimpulkan dengan cukup aman bahwa Maria adalah seorang perawan abadi.
Maria harus diberikan haknya. Gereja Kristus telah melakukan hal itu selama dua ribu tahun. Kami tetap setia pada ajaran alkitabiah, apostolik, dan patristik mengenai posisi dan status Perawan. Kaum Protestan, melalui pembacaan Alkitab yang ceroboh dan kebencian terhadap tradisi Gereja, telah merendahkannya. Sudah waktunya bagi mereka untuk menolak tradisi manusia dan sejalan dengan Alkitab.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar