Mengasihi Sesama

Mengasihi Sesama
Ibu Theresa dari Calcuta

Jumat, 06 Oktober 2017

RAPTURE ? Menurut Katolik

Beberapa hari lalu, ketika mendengarkan sebuah Radio, ada pembahasan mengenai Rapture juga, lalu saya ingat saya merasa pernah membacanya dari sisi ajaran katolik, saya ingin membagikannya dengan anda yang tertarik dan ingin tahu, pandangan gereja Katolik mengenai hal ini. Kita mempercayai adanya Rapture, tetapi kepercayaan itu isinya berbeda dengan yang non-katolik. Dikalangan Kristen lain juga ada yang sepandangan dengan katolik, ... walaupun tidak 100% sama. Ayo kita memperdalam pengetahuan kita, yang saya copas saja dari www.ekaristi.org yang dijerih payahi oleh Mas DeusVult yang saya kagumi. Selamat menikmati tulisan dan ulasan yang sangat bagus ini.

Part 1
Seminar John Martignoni tentang Rapture 

dibahasakan kembali oleh DeusVult (www.ekaristi.org)

PS: 
Aku belum sempat edit ini jadi mungkin banyak kesalahan tulis. Mungkin aku check nanti setelah selesaikan bagian kedua. Ini supaya yang pengin tahu bisa segera membaca. 

Malam ini aku akan berbicara mengenai Rapture, Rapture dan kitab suci. Aku akan berbicara apa itu rapture. Dimana tempat rapture di Theologi hal2 terakhir (Eskatalogi, akhir jaman) orang Protestant. Karena versi Rapture dari Protestant tidak sesuai dengan iman Katolik. Meskipun Katolik boleh percaya akan adanya suatu rapture, namun bukan seperti yang dimengerti oleh Protestant. Aku juga akan menunjukkan kalau Rapture Versi Protestant tidak sesuai dengan Alkitab. 

Dan untuk menunjukkan bagaimana, ada dua ayat di alkitab yang membuat orang yang percaya rapture untuk berhenti dan berpikir tentang apa yang mereka percayai akan rapture, dan ini adalah sesuatu yang bagus bagi mereka. Aku juga akan mengajarkan apa yang diajarkan gereja Katolik mengenai akhir jaman. Dan jika aku ada waktu, aku akan memberikan kalian sedikit sejarah tentang theologi rapture. Sepertinya Katolik sudah semakin dipengaruhi oleh pemikiran Protestant tentang Rapture dan akhir jaman. 

Kebanyakan dari kalian pasti sudah tahu tentang buku terkenal yang didasarkan atas Theology rapture Protestant, yaitu seri buku ?Left Behind?. Meskipun buku2 ini fiksi, tapi pengarang buku ini berkata kalo theologi dari buku ini diambil langsung dari Alkitab. Dan seri buku ini sekarang sudah terjual lebih dari 20,000,000 kopi. Dan ada beberapa Katolik juga membeli dan membaca buku2 ini. Baca bukunya sendiri tidak ada salahnya selama kita sadar kalo Buku2 ini merupakan fiksi/khayalan total. Tapi banyak Katolik yang menjadi kacau theologinya karena buku ini. Dan itulah masalahnya. 

Diskusi ini akan membahas theologi dibelakang seri ?Left Behind? dan diharap kalian bisa memberitahu kepada Katolik lain, ataupun Protestant, perspektif yang benar dan alkitabiah tentang akhir jaman. Sekarang, mari kita berbicara mengenai rapture. 

1 Tesalonika 4:15-17, Paulus menulis kepada jemaat di Tesalonika: 

Ini kami katakan kepadamu dengan firman Tuhan: kita yang hidup, yang masih tinggal sampai kedatangan Tuhan, sekali-kali tidak akan mendahului mereka yang telah meninggal. Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit; sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan. 

Ini adalah ayat yang pertama kali akan diajukan orang yang antusias terhadap rapture untuk membuktikan teori mereka. Peristiwa ini, orang diangkat ke atas awan dan bertemu dengan Allah disana, dikenal sebagai rapture. Kata rapture berasal dari kata latin (note:rapreimur) yang berarti “diangkat”. Jadi inilah ayat dimana kita mendapatkan kata “rapture”. Ayat ini ditafsirkan bahwa Yesus Kristus, di masa depan yang tidak jauh, akan mengambil semua orang Kristen, semua umat yang percaya, semua yang menerima Yesus Kristus kedalam hati mereka (Note: “Accepting Jesus into their heart” kalimat yang disenangi para Protestant Amerika). Yesus akan membawa semua orang ini dari Planet Bumi ke surga bersama dengan Dia. Orang2 ini akan hilang dari muka Bumi. Makanya kalian bisa lihat stiker di bemper mobil yang berkata: “Jika ada Rapture maka mobil ini akan kosong” karena si pengemudi yakin kalo dia selamat, dia orang Kristen. Dan saat Rapture terjadi dia akan menghilang sebelum dia punya waktu untuk memarkirkan mobilnya. Stiker di bemper mobil memberi peringatan pada anda untuk berhati-hati. Di buku Left Behind, yang aku bicarakan beberapa menit yang laklu, digambarkan adanya kapal terbang yang jatuh, mobil yang bertabrakan, diseluruh dunia. Karena Pilot di raptured, pengemudi mobil dan bis di raptured dan banyak orang lain di raptured. Dengan kata lain, mereka menghilang begitu saja dari muka bumi. Dan pesawat-pesawat, tanpa Pilot, jatuh. Mobil ? mobil, tanpa pengemudi, bertabrakan. Kalo dipikir-pikir bila kalian bepergian dengan pesawat terbang, kalian tidak ingin pilot yang menjalankan pesawatnya seorang Kristen Smile. Kalau-kalau, dia di rapture pada ketinggian 10,440 meter dan kalian adalah termasuk orang-orang malang yang “tertinggal dibelakang” (Left Behind). 

Anyway, rapture adalah permulaan dari skenario akhir jaman. Di theologi rapture, rapture disebutkan sebagai tanda pertama yang memulai akhir jaman. Setelah rapture terjadi, setelah semua yang percaya diangkat, akan ada periode 7 tahun dimana terjadi masa pergulatan (Note: aku terjemahkan “tribulation” ke pergulatan). Inilah sebabnya orang Kristen akan di rapture, sehingga mereka tidak perlu mengalami masa pergulatan. Masa pergulatan ini akan ditandai dengan peperangan, rumor akan peperangan, kelaparan, epidemik, dan gempa bumi yang semuanya akan mengakibatkan kematian sejumlah besar orang. Akan ada sejumlah nabi palsu dan mesiah palsu. Dan, ditengah2 masa pergulatan, Antikrist akan menunjukkan dirinya dan dia akan memerintah seluruh bangsa di Bumi. Dan dengan adanya Anti-Kristus yang memerintah 3.5 tahun terakhir dari periode 7tahun akan terasa lebih buruk daripada 3.5 tahun pertama dari periode 7 tahun. Di akhir periode 7 tahun, Kristus akan kembali dan akan membantai Anti_kristus dan pengikutnya dalam perang besar Armageddon. Anti-Kristus kemudian dilempar ke sungai api/neraka. Setelah itu Yesus akan membangun kerajaan secara fisik dan akan memerintah selama 1000 tahun bersama para kudus disampingnya. 

Setelah 1000 tahun, setan akan dibebaskan dari jurang tak berdasar dimana dia dimaterai, dan dia tidak gembira Smile. Dia (setan) mengumpulkan tentara dari empat penjuru dunia dan memerangi para kudus. Tapi dia dan tentaranya akan dihancurkan oleh api dari surga. Dan setan akan dilempar ke sungai api. Setelah itu, akan ada kebangkitan orang mati dan penghakiman terakhir seperti yang kita tahu. 

Jadi ingat! Theologi rapture versi protestant adalah seperti ini: 

  1. 1.    Rapture bagi semua umat Kristen 
  2. 2.    Masa pergulatan 
  3. 3.    Munculnya Anti-Kristus 
  4. 4.    Masa pergulatan yang lebih parah 
  5. 5.    Kedatangan Kristus dan kalahnya Anti-Kristus 
  6. 6.    Masa 1,000 tahun pemerintahan Kristus dibumi 
  7. 7.    Setan dilepaskan dan memerangi para kudus. 
  8. 8.    Setan dikalahkan 
  9. 9.    Kebangkitan orang mati 
  10. 10. Penghakiman terakhir 
  11. 11. Akhir jaman 

Ini adalah versi yang paling umum dari para antusias rapture yang aku temukan. Aku bilang paling umum karena saat aku melakukan riset untuk seminar ini, aku menemukan berbagai macam versi yang membuat kepalaku pusing Smile. Kalau kalian ingin tahu kebingungan yang diakibatkan oleh doktrin Sola Scriptura (Hanya Alkitab), -doktrin yang mengatakan kita sendiri bisa membaca Alkitab dan mengartikan mana doktrin yang benar dan doktrin mana yang salah-, silahkan online di internet dan lakukan search atas kata “rapture”. Ada ribuan website yang mendiskusikan rapture. Aku hanya melihat sekitar lusinan dari website2 tersebut. Tapi aku tidak menemukan satu pasangpun website yang sama dalam hal kronologis terjadinya rapture. Tapi, tahukah anda? Tiap-tiap website tersebut berkata kalau mereka mendasarkan theologi mereka dari Alkitab dan meng-klaim bahwa mereka menginterpretasikan Alkitab dengan akurat. Bagaimana ini mungkin? Smile 

Sebagai contoh, seperti yang sudah aku ungkapkan, versi yang paling umum akhir jaman, yang aku lihat, dimulai dengan rapture sebelum masa pergulatan. Orang yang percaya hal ini disebut pre-trib (pre-tribulation = sebelum masa pergulatan). Namun ada yang percaya kalau rapture akan terjadi ditengah masa pergulatan, orang2 ini disebut mid-trib. Ada juga yang percaya kalau rapture terjadi di akhir masa pergulatan, orang2 ini disebut post-trib. Jadi kita punya orang yang percaya terhadap rapture sebelum masa pergulatan, yang lainnya percaya rapture ditengah masa pergulatan dan yang lain lagi percaya akan rapture di akhir masa pergulatan. Dan, mereka semua menunjukkan Alkitab sebagai satu-satunya sumber atas kepercayaan mereka. 

Dan ini menjadi lebih menarik. Tidak hanya ada perbedaan tentang KAPAN rapture akan terjadi, juga ada perbedaan tentang BERAPA KALI rapture akan terjadi. Aku menemukan site yang mengatakan bahwa akan ada dua, tiga, ataupun empat rapture. Website yang mengatakan kalau Yesus akan datang kembali sekali, dua kali, tiga kali atau bahkan 4 kali. Dan boleh ditebak, semua mengatakan bahwa Alkitab adalah satu-satunya sumber atas theologi mereka. Bagaimana ini mungkin? 

Dibeberapa website aku menemukan orang2 yang dulunya percaya terhadap pre-trib rapture, tapi kemudian dia menemukan ayat alkitab yang menunjukkan mid-trib rapture ataupun post-trib rapture. Dan dia ingin berbagi kepada anda sekalian, sehingga anda bisa tahu bukti2 alkitabiah seperti yang ditemukan dia. Jadi, sebagaimana masuk akalkah semua ini? Mereka dulunya percaya pre-trib rapture, kenapa?, karena alkitab mengatakan demikian. Namun sekarang mereka percaya mid-trib ataupun post-trib, kenapa?, karena Alkitab mengajarkan demikian. Ada yang tidak beres disini Malaikat

Bagaimana mereka tahu kalo kepercayaan mereka sekarang ini tidak akan berubah dan diganti dengan penafsiran Alkitab lain yang baru? Apa yang kita lihat dari semua ini adalah kegagalan fatal theology rapture (aku terjemahkan flaw=gagal karena lebih cocok daripada flaw = salah) yaitu tidak adanya otoritas, selain interpretasi pribadi individual atas Alkitab, dari ajaran2 tersebut (ajaran rapture). Pertanyaannya, dimanakah ?Gereja? diantara semua ini? 

Gereja (Dalam bahasa Inggris Gereja juga berarti jemaat dan di Alkitab Inggris Jemaat disebut Gereja) yang dalam 1 Tim 3:15 disebut tiang penopang dan dasar kebenaran! Atau pembela dan penegak kebenaran, dimanakah gereja? Dimana? Well, dalam hal rapture, seperti doktrin2 sejati Protestant, tergantung dari masing2 individu. Lupakanlah para pastor, lupakan para theologian. Setiap orang yang bisa membaca Alkitab pada intinya adalah pastor dari diri mereka sendiri, theologian dari diri mereka sendiri. Dalam arti theologi Katolik kita bisa berkata mereka adalah Paus dan Gereja dari diri mereka sendiri. Dan sekali lagi, bila kalian ingin tahu kebingungan yang diakibatkan, silahkan online ke internet dan search kata “rapture”. 

Satu-satunya yang mereka setujui adalah adanya, paling tidak , satu rapture. Dan meskipun ada persetujuan tentang satu hal itu diantara para antusias rapture, ternyata tidak semua Protestant yang percaya Alkitab mempercayai adanya rapture. Contohnya: kebanyakan Lutheran, Episkopalian, Methodist, Presbyterian dan lain lain, yang menganut Sola Scriptura (Hanya Alkitab), tidak mempercayai adanya rapture. Kepercayaan akhir jaman mereka hampir sama dengan kepercayan akhir Jaman Katolik. 

Dan aku akan memberi tahu kalian apa yang dipercayai Katolik tentang akhir jaman, sebentar lagi, tapi sebelum aku lakukan itu aku akan merangkum apa yang telah dibicarakan. Dalam Protestantisme ada orang yang percaya rapture, ada orang yang tidak percaya rapture. Kelompok yang percaya pre-trib rapture, yang percaya mid-trib rapture dan yang percaya post-trib rapture. Yang percaya satu dan hanya satu kali rapture. Yang percaya dua atau lebih rapture. Yang percaya kedatangan kedua Kristus, tapi ada juga yang percaya kedatangan ketiga ataupun keempat Kristus. Dan semua skenario yang berbeda-beda ini dikatakan berasal dari Alkitab. 

Sekarang, apa yang diajarkan gereja Katolik mengenai akhir jaman. Dan Romo, kalau aku salah silahkan datang kedepan dan pukul aku Smile. Bagaimana ajaran Katolik berbeda dengan theologi rapture. Dua perbedaan besar. Katolik tidak percaya akan pengangkatan (rapture)) semua umat yang percaya di saat manapun selain kedatangan terakhir, kedatangan kedua dan terakhir atas Yesus yang terjadi di akhir jaman. Katolik tidak percaya akan terjadinya pengangkatan (rapture) semua umat yang percaya di waktu yang lain dari kedatangan terakhir, kedatangan terakhir Yesus yang merupakan kedatangan kedua Yesus yang terjadi di akhir jaman (note: jadi rapture hanya terjadi di kedatangan terakhir menurut Katolik). Kedua Katolik tidak percaya akan pengertian 1,000 tahun pemerintahan Kristus yang fisik dan literal di Bumi setelah masa pergulatan tribulation). 

Gereja Katolik pada dasarnya mengajarkan sebagai berikut; akan ada masa pergulatan yang dahsyat yang akan terjadi sebelum kedatangan Kristus. Di masa pergulatan ini UMAT KRISTUS akan mengalami percobaan yang parah dan penganiayaan dan dimana banyak orang akan dibujuk untuk mengikuti agama palsu dari Anti-Kristus. Dan Anti-Kristus akan benar2 ada. Semua ini dapat ditemukan di Katekismus Gereja Katolik paragraph 675-677. Juga Orang Yahudi akan bertobat Massal kembali ke Kristus, paragraph 674. Di akhir masa pergulatan, Kristus akan datang dan menang atas “pelepasan terakhir atas Setan”, paragraph 677. Jadi, saat Yesus kembali, yang merupakan kedatangan keduanya di dunia, yang pertama adalah inkarnasinya 2,000 tahun yang lalu. Saat Yesus kembali, setan akan dikalahkan untuk terakhir dan final kemudian dibuang. Dan, saat kedatangan Kristus, orang mati akan dibangkitkan dan semua tubuh kita akan dirubah menjadi tubuh yang tidak dapat busuk, Katekismus 988 dan 997-1001. Dan kemudian ada penghakiman terakhir. Dimana setelahnya orang yang baik akan masuk kekerajaan kekal dan yang jahat akan masuk neraka kekal, paragraph 678-679 dan 1038-1041. Bumi dan surga yang lama, akan diganti menjadi Bumi baru dan surga yang baru. Dan kerajaan Allah datang dalam kepenuhannya sebagai Jerusalem baru dan datang pemerintahan Kristus selamanya, Amin, paragraph 1043-1050. 


Jadi gereja mengajarkan: 
  1.     Masa pergulatan 
  2.     Pertobatan massal bangsa Yahudi 
  3.     Anti-Kristus 
  4.     Yesus kembali dalam kuasa dan kemuliaan mengalahkan Setan untuk terakhir kalinya 
  5.     Orang mati dibangkitkan dan tubuh kita yang dapat busuk menjadi tubuh yang tidak dapat busuk (mulia) 
  6.    Penghakiman terakhir 
  7.     Surga bagi yang baik dan Neraka bagi yang jahat. 
  8.    Alam semesta di rubah menjadi Surga baru dan Bumi baru bagi pemerintahan abadi Kristus bersama para kudus di Jerusalem. 


Baiklah, aku telah bicara tentang bagaimana akhir jaman terjadi menurut umat, secara individu, tentang rapture. Dan aku telah berbicara tentang akhir jaman menurut Gereja. Yang akan aku lakukan sekarang adalah memberikan waktu untuk melihat di Alkitab. Karena jika kalian akan berbicara dengan Kristen non-Katolik mereka tidak akan peduli apa yang diajrakan gerja, ataupun apa yang dikatakan Paus. Mereka ingin melihat buktinya di Alkitab. 

Jadi, apa yang dikatakan Alkitab tentang semua ini. Kita akan kembali ke ayat yang aku ucapkan pada awal 1 Thesalonika 4:15-17. 

Kita yang hidup YANG MASIH TINGGAL sampai kedatangan Tuhan, TIDAK AKAN mendahului orang yang telah meninggal Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan MEREKA YANG MATI dalam Kristus akan LEBIH DAHULU bangkit; SESUDAH ITU, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat BERSAMA-SAMA DENGAN MEREKA (orang yang sudah meninggal) dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa..

Inilah dia, rapture. Kita diangkat ke awan untuk bertemu dengan Yesus di awan. Amen dan Halleluya, kita cabut dari dunia Smile. Tidak ada masa pergulatan bagi kita, tidak sama sekali. 

Mungkin anda terkejut mendengar kalau Gereja Katolik ternyata tidak ada masalah dengan kepercayaan tentang orang yang akan diangkat ke atas untuk bertemu dengan Tuhan di angkasa, tapi sekali lagi, ini akan terjadi saat kedatangan Yesus kedua di akhir jaman, bukan sebelumnya. Ayat2 ini mendeskripsikan kebudayaan kuno. Di dunia kuno, saat seorang yang penting akan datang ke desa atau kota seperti seorang Raja atau Jendral, kebanyakan dari orang, atau paling tidak orang yang menanti kedatangan sang tamu, akan menyambut sang tamu diluar desa atau kota dan kemudian menemani sang tamu kembali ke desa. Akan merupakan hinaan untuk tidak keluar dan menyambut tamu penting tersebut. Dan ini masih berlaku sekarang. Bila Presiden terbang menuju pelabuhan udara, apa yang terjadi? Banyak orang pergi menyambutnya. Dan setelah mereka menyambutnya di pelabuhan udara, yang bisanya berada di luar kota, apa yang mereka lakukan? Mereka mengantarkan dia kembali ke kota. Bila Presiden datang ke pelabuhan udara dan tidak ada yang menyambutnya maka itu merupakan sebuah penghinaan. Dan inilah bagaimana beberapa Bapa Gereja, seperti St Agustinus, St John Chrysostom mengartikan ayat2 tersebut. Mereka mengajarkan bahwa orang yang merindukan datangnya kembali Kristus akan terangkat untuk bertemu denganNya di angkasa, seperti orang yang menyambut tamu penting diluar kota. Dan kemudian mereka akan diberikan hadiah, HADIAH, untuk mengantarkan kembalinya Dia (Kristus) ke Bumi. Ini adalah pembacaan yang paling masuk akal atas ayat2 tersebut, dan yang didukung oleh tulisan-tulisan dari beberapa Bapa Gereja. Ayat ini, dari 1 Tesalonika bab 4, tidak mengatakan sama sekali kalau orang2 akan menemui Yesus di angkasa, dan kemudian Yesus berputar balik bersama mereka dan kembali menuju ke Surga. Bagaimana kita tahu kalau bukan itu yang dimaksud Kitab Suci? Karena apa yang terjadi saat kedatangan terakhir Yesus? Kitab suci mengatakan di Wahyu 21:1-3: 

Lalu aku melihat langit yang baru dan bumi yang baru... aku melihat kota yang kudus, Yerusalem yang baru, turun dari sorga, dari Allah...Lalu aku mendengar suara yang nyaring dari takhta itu berkata: "Lihatlah, kemah Allah ada di TENGAH-TENGAH manusia dan Ia akan DIAM bersama-sama dengan mereka. Mereka akan menjadi umat-Nya dan Ia akan menjadi Allah mereka.? 

Seperti Tuhan sendiri turun dari Surga, begitu juga Jerusalem yang baru, turun dari Surga. Dan alkitab TIDAK mengatakan tentang Jerusalam Baru KEMBALI ke Surga, seperti juga Alkitab TIDAK mengatakan kalau Yesus KEMBALI ke Surga. Karena Yesus, pada intinya, membawa Surga bersamaNya! Semua Malaikat dan para Kudus turun bersama dengan Dia. Jerusalem baru juga turun dari Surga, Jerusalem yang baru dimana kita akan berkemah dengan Tuhan! Seperti yang disebut Wahyu 11:15-18: 

"Pemerintahan atas dunia dipegang oleh Tuhan kita dan Dia yang diurapi-Nya, dan Ia akan memerintah sebagai raja sampai selama-lamanya." 

Pemerintahan dunia sudah menjadi pemerintahan Tuhan kita! Yesus kembali dan Bumi dan Surga di transformasikan. Dan akan ada surga baru dan Bumi baru, dan lihatlah, kemah Tuhan ada ditengah manusia. 

Jadi, sebuah tafsiran atas 1 Tesalonika 4 yang menunjukkan Tuhan turun dari Surga, berhenti beberapa km, aku tidak tahu tapatnya, diatas Bumi, mengangkat “penumpang” dan kemudian berputar 180 derajat dan balik menuju ke Surga cumalah tafsiran. Tafsiran yang tidak didukung oleh bagian lain dari Kitab Suci. Dan tafsiran yang tidak didukung oleh satupun tulisan umat Kristen awal. 

Juga, hal yang penting dalam berargumen dengan tafsiran rapture dari ayat 1 Tesalonika 4, lihatlah siapa yang diangkat untuk menemui Tuhan? Bukan hanya mereka yang hidup tapi juga yang sudah meninggal dalam Kristus, ayat 1 Tesalonika 4:16, ?Karena Tuhan sendiri akan turun dari Surga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit?. Disini ada kebangkitan yang mati. Jadi orang yang percaya rapture harus mempercayai bahwa tidak hanya yang hidup dalam Kristus yang akan hilang, tapi juga umat Kristus yang sudah meninggal, akan bangkit dari kubur dan juga menghilang. 

Tapi ada masalah disini. MASALAH YANG BESAR. Kita balik Injil Yohanes Bab 6, kita menemukan sesuatu yang sangat menarik. Yohanes 6:54 ?Barangsiapa makan daging-Ku dan minum darah-Ku, ia mempunyai hidup yang kekal dan Aku akan membangkitkan dia pada AKHIR JAMAN.? Pada akhir jaman! ?Mereka yang makan dagingKu dan minum darahKu?, anda mau menganggap itu literal atau simbolis? Jesus berbicara mengenai orang yang MEMPERCAYAINYA, umat Kristus. Dan mereka akan dibangkitkan kapan? Pada akhir jaman! Pada akhir jaman sebelum masa pergulatan dimulai? Tidak, hal tersebut tidak disebutkan. Pada akhir jaman sebelum tampilnya Anti-Kristus? Tidak, hal tersebut tidak disebutkan. Pada akhir jaman sebelum Yesus memulai pemerintahan 1,000 tahun di Bumi? Tidak, hal tersebut tidak disebutkan juga. Yang disebutkan Cuma "pada akhir jaman" titik! Tidak ada lanjutannya 

Yohanes 6:39 ?Dan Inilah kehendak Dia yang telah mengutus Aku, yaitu supaya dari semua yang telah diberikan-Nya kepada-Ku jangan ada yang hilang, tetapi supaya Kubangkitkan pada akhir zaman? Yohanes 11:24, ?Kata Marta kepada-Nya: ?Aku tahu bahwa ia [Lazarus] akan bangkit pada waktu orang-orang bangkit pada akhir zaman.? Kenapa Lazarus harus menunggu sampai akhir jaman? Kenapa dia tidak dibangkitkan pada saat rapture seperti umat lain yang percaya atas Kristus? Kenapa? Karena tidak ada rapture sebelum akhir jaman. Yohanes 6 menunjukkan lobang yang besar dalam theologi rapture. 


Jadi, kalau kamu menemui orang yang percaya akan rapture sebelum mendiskusikan 1 Tesalonika 4:15-17 atau ayat lain, carilah Yohanes bab 6. Tanyalah pada mereka, ?Apa yang dimaksud Yesus dengan AKHIR JAMAN?? Jika mereka berkata bahwa Dia berbicara mengenai akhir dunia, lalu tunjukkan mereka bahwa 1 Tesalonika 4 tidak mungkin berbicara mengenai Pre-trib rapture. Ataupun jenis rapture lain, selain yang akan terjadi di akhir dunia. Karena Yesus berbicara tentang orang mati yang akan dibangkitkan di akhir dunia, pada akhir jaman dari dunia di Yohanes bab 6. Dan 1 Tesalonika 4 berbicara mengenai orang mati yang dibangkitkan. Maka dari itu, karena orang yang mati tidak akan dibangkitkan sebelum akhir jaman/dunia, maka rapture yang berarti diangkat keatas untuk bertemu dengan Tuhan seperti yang dideskripsikan di 1 Tesalonika 4, akan terjadi di akhir dunia/jaman! Bukan sebelumnya. 

Sekarang, kalau mereka mencoba untuk berkata bahwa ketika Yesus berbicara mengenai akhir jaman di Yohanes bab 6 Dia sebenarnya berbicara tetnag akhir jaman SEBELUM masa pergulatan dimulai ataupun akhir jaman SEBELUM kerajaan milenial Yesus, Tanaylah kepada mereka dimanakah itu disebut didalam Alkitab. Mereka tidak akan bisa! Karena itu semua tidak disebut [didalam Alkitab]. Alkitab Cuma berkata ?Akhir Jaman?. Tidak dikatakan [dalam Alkitab] ?akhir jaman? sebelum ?akhir jaman dari periode 7 tahun?. Tidak dikatakan ?akhir jaman sebelum ?akhir jaman dari pemerintahan 1,000 tahun?. Yang dikatakan [dalam Alkitab] Cuma ?AKHIR JAMAN?. 

Lagipula di Yohanes 12:48 dikatakan dengan jelas bahwa ?akhir jaman? adalah akhir jaman dari dunia. 

Di lusinan skenario yang sudah aku lihat, aku tahu aku belum melihat semuanya, mengenai rapture, tidak pernah disebut penghakiman yang terjadi pada saat rapture! Umat yang percaya diangkat dari Planet, orang yang tidak percaya ditinggalkan.. Itu saja, tidak ada penghakiman buat mereka yang ditinggalkan. Disemua skenario yang aku lihat, penghakiman orang jahat, penghakiman orang yang tidak percaya ditempatkan pada akhir dunia. Sekarang kembali ke Yohanes 12:48, Yesus berkata, ?Barangsiapa menolak Aku, dan tidak menerima perkataan-Ku, ia sudah ada hakimnya, yaitu firman yang telah Kukatakan, itulah yang akan menjadi hakimnya pada akhir zaman?. Mereka yang menolak Yesus, orang jahat, akan dihakimi kapan? Di AKHIR JAMAN. Dan seperti yang aku katakan, di skenario rapture yang aku lihat, penghakiman orang2 jahat ini terjadi di akhir dunia. Jadi frase, ?akhir jaman? harus, HARUS, mengacu pada ?akhir dunia?. Dan bukan waktu yang lain. Bukan akhir jaman sebelum masa pergulatan dimulai. Bukan akhir jaman sebelum Anti-Kristus muncul. Bukan akhir jaman sebelum pemerintahan 1,000 tahun Kristus di Bumi. [Tapi] Akhir jaman dari dunia! Akhir jaman dari dunia ketika Yesus Kristus datang untuk kedua kali dan terakhir. Akhir dunia dimana yang mati akan dibangkitkan, Akhir dunia dimana pengikut Kristus, mati atau hidup, akan diangkat ke angkasa untuk bertemu Yesus saat kedatanganNya. Akhir dunia dimana penghakiman terakhir akan dilaksanakan. Akhir dunia diamana kerajaan Tuhan akan datang dalam kepenuhannya dan Surga lama dan Bumi lama akan digantikan dengan Surga baru dan Bumi baru dan Kristus memerintah selamanya di Yerusalem baru bersama dengan para kudus disisinya. SEMUANYA PADA WAKTU YANG SAMA, DI AKHIR JAMAN! Hari Tuhan. 
Jadi hanya dengan 2 ayat Yoh 6:54 dan 1 Tesalonika 4:16. kamu sudah membuat lobang yang besar di theologi rapture. Dan bila kamu menambah Yohanes 12:48 kamu akan mencabik-cabiknya mencadi potongan kecil tak berarti.

PART 2 


Sekarang, meskipun kamu bisa berhenti disitu, mari kita lihat ayat Alkitab lain yang digunakan orang untuk membuktikan theologi rapture mereka ataupun mengajarkan theologi rapture mereka. 


Matius 24:37-41: 

"Sebab sebagaimana halnya pada zaman Nuh, demikian pula halnya kelak pada kedatangan Anak Manusia. Sebab sebagaimana mereka pada zaman sebelum air bah itu makan dan minum, kawin dan mengawinkan, sampai kepada hari Nuh masuk ke dalam bahtera, dan mereka tidak tahu akan sesuatu, sebelum air bah itu datang dan melenyapkan mereka semua, demikian pulalah halnya kelak pada kedatangan Anak Manusia. Pada waktu itu kalau ada dua orang di ladang, yang seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan; kalau ada dua orang perempuan sedang memutar batu kilangan, yang seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan.? 


Nah, dua orang di ladang, satu diambil satu ditinggalkan. Dua orang perempuan memutar batu kilangan, seorang dibawa seorang ditinggalkan, RAPTURE! Umat Kristen dibawa, orang non-Kristen ditinggalkan. Hmmm, kelihatannya sangat meyakinkan. Dan ada Ayat yang mirip di Lukas 17:26-36 

Dan sama seperti terjadi pada zaman Nuh, demikian pulalah halnya kelak pada hari-hari Anak Manusia: ... Demikian juga seperti yang terjadi di zaman Lot: mereka makan dan minum, mereka membeli dan menjual, ... Tetapi pada hari Lot pergi keluar dari Sodom turunlah hujan api dan hujan belerang dari langit dan membinasakan mereka semua. Demikianlah halnya kelak pada hari, di mana Anak Manusia menyatakan diri-Nya. ...Ada dua orang perempuan bersama-sama mengilang, yang seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan." (Kalau ada dua orang di ladang, yang seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan.) 

Satu dibawa, satu ditingglakan, rapture, betulkan? Hanya ada satu masalah kecil orang yang melihat adanya rapture di ayat ini tidak melihat satu detail kecil... Kedatangan anak manusia, dimana ada satu roang yang dibawa dan ada satu orang yang ditinggalkan, dibandingkan dengan jaman Nuh dan jaman Lot. Ok, mari kita pikirkan hal tersebut sebentar... Setelah banjir besar siapakah yang ditinggalkan (left behind)?.... Noah dan keluarganya. Orang-orang baiklah, yang ditinggalkan. Siapakah yang dibawa oleh banjir? Orang-orang jahat! Orang jahat diambil dan orang baik ditinggalkan (left behind)!! Setelah Sodom dihancurkan siapa yang ditinggalkan? Lot dan putri-putrinya, orang-orang baik. Orang-orang jahat dibawa, mereka dihancurkan. Orang yang baik ditinggalkan. Bahkan, di versi baru dari kitab King James, ayat dari Matius 24 berbunyi sebagai berikut: 

" Sebab sebagaimana mereka pada zaman sebelum air bah itu makan dan minum, kawin dan mengawinkan, sampai kepada hari Nuh masuk ke dalam bahtera, dan mereka tidak tahu akan sesuatu, sebelum air bah itu datang dan MEMBAWA mereka semua, demikian pulalah halnya kelak pada kedatangan Anak Manusia.? 

Orang jahat dibawa. Mereka dibawa pergi. Orang yang baik ditinggalkan (left behind). Jadi, kalau ada rapture, seperti yang ditunjukkan oleh buku Left Behind, kalian tidak akan ingin menjadi orang yang dibawa pergi Smile. Jika kalian mau hidup, dalam arti kehidupan abadi, jika kalian ingin hidup seperti Nuh, Lot dan keluarga mereka, maka kalian akan ingin untuk ditinggalkan (left behind). Sekali lagi, peristiwa yang digunakan sebagai perbandingan saat datangnya Anak Manusia, di peristiwa tersebut, orang jahatlah yang dibawa pergi. Orang jahat dibawa pergi dan orang yang baik ditinggalkan. Jika kedatangan Anak Manusia MIRIP dengan hari-hari tersebut, maka bila Anak Manusia datang, orang jahat akan diambil dan orang baik akan ditinggalkan. Mungkin kita harus membuat stiker bemper yang berbunyi, ?Bila ada rapture, aku akan tetap disini? Smile 


Kenapa kamu ingin ditinggalkan (left Behind)? Ingat 1 Tesalonika 4:17? ?sesudah itu, kita yang hidup, YANG MASIH TINGGAL, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa.? Mereka yang ditinggalkan (left behind) saat kedatangan Anak Manusia akan bersama dengan Yesus Kristus di Jerusalem baru yang turun dari Surga! Orang yang dibawa akan dilemparkan ke laut api, neraka, kematian kedua (seperti yang disebut Kitab Suci). 


Sekarang, lebih banyak ayat dari kitab suci, akan ada masa pergulatan yang hebat. Kepercayaan yang sama bagi Katolik maupun penganut teori rapture. Matius 24:21-24: 

Sebab pada masa itu akan terjadi siksaan yang dahsyat seperti yang belum pernah terjadi sejak awal dunia sampai sekarang dan yang tidak akan terjadi lagi. Dan sekiranya waktunya tidak dipersingkat, maka dari segala yang hidup tidak akan ada yang selamat; akan TETAPI OLEH KARENA ORANG-ORANG PILIHAN waktu itu akan dipersingkat. ... Mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda yang dahsyat dan mujizat-mujizat, ... 

Ayat yang sama ditemukan di Markus 13 dan Lukas 21. Apakah kalian sadar tadi? ?TETAPI OLEH KARENA ORANG-ORANG PILIHAN waktu itu akan dipersingkat?. Time out....... ?Orang-orang pilihan? apa yang dikatakan disini? Bukankah orang-orang pilihan sudah tidak ada? Bukankah mereka sudah di rapture? Kita akan membahasnya sebentar lagi... 


Akan ada Anti-Kristus, sekali lagi, ajaran yang sama-sama dianut oleh Katolik maupun penganut rapture. 2 Tesalonika 2:1-12 

?Tentang kedatangan Tuhan kita Yesus Kristus dan terhimpunnya kita dengan Dia .... Sebab sebelum Hari itu haruslah datang dahulu murtad dan haruslah dinyatakan dahulu manusia durhaka, yang harus binasa, yaitu lawan yang meninggikan diri di atas segala yang disebut atau yang disembah sebagai Allah. Bahkan ia duduk di Bait Allah dan mau menyatakan diri sebagai Allah. ... pada waktu itulah si pendurhaka baru akan menyatakan dirinya, tetapi Tuhan Yesus akan membunuhnya dengan nafas mulut-Nya dan akan memusnahkannya, kalau Ia datang kembali 


Daniel 8:17-25 
Lalu datanglah ia [malaikat Gabriel] ke tempat aku berdiri, ... lalu ia berkata kepadaku: "Pahamilah, anak manusia, bahwa penglihatan itu mengenai AKHIR MASA!" maka akan muncul seorang raja dengan muka yang garang dan yang pandai menipu. Kekuatannya akan menjadi hebat.....dan ia akan mendatangkan kebinasaan yang mengerikan, dan apa yang dilakukannya akan berhasil; orang-orang berkuasa akan dibinasakannya, juga umat orang kudus. ... dan dengan tak disangka-sangka banyak orang akan dibinasakannya; juga ia akan bangkit melawan Raja segala raja. Tetapi tanpa perbuatan tangan manusia, ia akan dihancurkan. 

Dan dari Daniel 7:25 
Ia akan mengucapkan perkataan yang menentang Yang Mahatinggi, dan akan menganiaya orang-orang kudus milik Yang Mahatinggi; 

Ayat sama yang ditemukan di Wahyu 13. Seorang anti-Kristus yang mencoba menguasai dunia memproklamirkan diri sendiri sebagai Allah, dan kemudian di hancurkan oleh Kristus sendiri. Dan satu hal penting yang patut diketahui, disemua ayat2 ini, sang Anti-Kristus menganiaya ataupun menghancurkan para kudus, orang-orang pilihan, umat Kristus. Ayat-ayat ini adalah mengapa orang2 berpindah dari pre-trib menjadi mid-trib ataupun post-trib. Karena kitab suci sangat jelas mengatakan bahwa Anti-Kristus akan menganiaya dan membunuh umat Kristus. Tapi, kalo semua umat Kristus telah dirapture siapakah umat Kristyus yang dianiaya dan dihancurkan oleh Anti-Kristus? Dan karena ini kita mendapatkan orang yang berkata kalo rapture akan terjadi SETELAH Anti-Kristus menampakkan diri, seperti yang dikatakan 1 Tesalonika bab 2, dan mereka kemudian berpaling ke Mid-Trib dan Post-Trib. Meskipun begitu, Pre-Trib menyanggah dengan berkata: ?Tidak. Semua Umat Kristen akan dirapture dari muka Bumi sebelum masa pergulatan, tapi setelah masa pergulatan dimulai, akan ada Umat Kristus yang baru. Inilah umat yang akan dianiaya Anti-kristus.? Tapi dimana di Alkitab dikatakan kalau nanti ada Umat Kristus baru setelah semua umat Kristus yang lama menghilang? Tidak ada. Dan pertanyaan yang gamblang adalah, siapa yang akan mengajar semua orang ini kalau semua Umat Kristen sudah pergi? dan apakah orang-orang ini akan bersatu dalam satu konggregasi? Apakah mereka akan memiliki pastor? Apakah akan ada berbagai denominasi? Apakah umat Kristus baru ini akan berdebat tentang masalah apakah mereka akan diangkat saat ada post-tribulation rapture? 

Ayat mengenai Anti-Kristus yang memerangi para kudus adalah ayat argumen buat orang yang percaya akan adanya lebih dari satu rapture. Mereka percaya akan pre-trib rapture untuk umat Kristus yang lama, kemudian midtrib atau post-trib buat umat Kristus baru. Dan kalau ada lebih dari satu rapture maka akan ada lebih dari satu kebangkitan orang mati (orang yang mati dalam Kristus tentunya). Satu kali kebangkitan untuk tiap rapture. Dan itu ditambah kebangkitan badan terakhir saat akhir dunia. Dan dalam skenario multiple, hal-hal tersebut terjadi terus menerus. 


Ayat-ayat kitab suci tambahan 1 Korintus 15:20-24 
?Tetapi yang benar ialah, bahwa Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati, sebagai yang sulung dari orang-orang yang telah meninggal.Sebab sama seperti maut datang karena satu orang manusia, demikian juga kebangkitan orang mati datang karena satu orang manusia. Karena sama seperti semua orang mati dalam persekutuan dengan Adam, demikian pula semua orang akan dihidupkan kembali dalam persekutuan dengan Kristus.Tetapi tiap-tiap orang menurut urutannya: Kristus sebagai buah sulung; sesudah itu mereka yang menjadi milik-Nya PADA WAKTU KEDATANGANNYA. Kemudian TIBA KESUDAHANNYA, yaitu bilamana Ia menyerahkan Kerajaan kepada Allah Bapa, sesudah Ia membinasakan segala pemerintahan, kekuasaan dan kekuatan.? 

Lihatlah, orang yang mati dalam Kristus akan dibangkitkan saat kedatangannya. Kedatangan berbentuk singular (coming) bukan jamak (comings), jadi hanya satu kali. Tidak dikatakan kalo orang yang mati dalam Kristus akan dibangkitkan pada saat rapture dan akan ada lagi orang yang mati dalam Kristus akan dibangkitkan saat akhir jaman, atau untuk rapture kedua, atau ketiga. Semua yang mati dalam Kristus akan dibangkitkan di saat yang sama. Dan kemudian apa yang terjadi? The End, saat Kristus membawakan Kerejaan ke Allah Bapa, tidak ada waktu buat kerajaan seribu tahun. 

Sekarang, bagaimana mengenai pemerintahan Kristus selama 1,000 tahun di Bumi. Darimana ini berasal? Ini datang dari Wahyu bab 20. Setelah Kristus mengalahkan nabi palsu dan Anti-Kristus di Wahyu 19, Wahyu 20 dimulai dengan menyebutkan Setan yang ditangkap dimaterai dan dilemparkan kedalam jurang maut selama 1,000 tahun. Dimulai di ayat 4 kita melihat jiwa dari para kudus hidup kembali dan memerintah bersama Kristus selama 1,000 tahun. Dan setelah 1,000 tahun, setan dilepaskan dari penjaranya dan memerangi para kudus. Tapi di ayat 9 Setan dan pasukannya dihancurkan. Dan kita melihat Kristus muncul di tahta putih yang besar untuk penghakiman terakhir. 

Point pertama adalah, jika peristiwa di buku Wahyu dianggap berjalan di waktu yang linear, mulai dari awal buku sampai akhir buku, maka kamu akan berakhir di rumah sakit jiwa. Sebagai contoh di Wahyu 12 kita lihat ada wanita yang akan melahirkan anak, dan dia kemudian melahirkan anak laki-laki yang akan memerintah seluruh bangsa dengan gada besi. Siapakah yang dibicarakan di ayat tersebut? Yesus Kristus. Kalau begitu apakah kita harus menganggap bahwa Wahyu berjalanan dalam waktu linear dan kelahiran Kristus terjadi di masa depan? Mungkin kelahiran Kristus memang tidak terjadi di masa lalu Smile. Di bab yang sama ayat 7-8 (wah 12:7-8), ada peperangan di Surga dan Setan dan malaikatnya diusir dari Surga. Tidakkah ini sudah terjadi di waktu yang sangat lalu? Dan ada ayat di Lukas 10 :18 dimana Yesus berkata "Aku melihat Iblis jatuh seperti kilat dari langit?. Bila ini dimasukkan dalam garis waktu linear maka akan timbul pertanyaan, berapa kalikah Setan diusir dari Surga? Satu kali? Dua kali? Tiga kali? Lebih? Apa yang terjadi? Bagaimana Setan terus-terusan masuk ke Surga? Apakah tidak ada yang mengunci pintu belakang? Smile 

Buku Wahyu BUKANLAH cerita yang historis. Buku ini menggunakan banyak bahasa simbolis seperti yang digunakan di puisi-puisi daripada bahasa penceritaan historis yang kita lebih akrab. Ini tidak berarti bahwa Buku Wahyu tidak menggambarkan peristiwa historis yang nyata. Tapi peristiwa historis apa, peristiwa historis yang mana, dan kapan, sering sulit untuk dimengerti. Seperti ketika kita harus mencari makna dari sebuah puisi, dalam hal kitab suci, dan terutama Wahyu, kita harus mencari arti dari ayat2 tertentu. Dan untuk ayat2 tertentu, tidak peduli berapa kali kita mencari, maksudnya masih saja belum jelas. Atau kita mungkin menemukan beberapa tingkatan makna dari ayat2 yang sama. 

Yang menjadi aturan disini adalah perbedaan antara penafsiran literal dari kitab suci dan penafsiran [b]literalis dari kitab suci. Katolik menafsirkan Kitab Suci secara literal, yang aku maksudkan disni adalah, kita mencari makna yang ingin disampaikan oleh penulis dari ayat tertentu. Fundamentalis, yang banyak kalian tahu, dan juga para Evangelicals dan non-denominationalist mereka menafsirkan kitab suci secara literalis. Maksud ari literalis, mereka melihat apa yang ada di halaman dan mengatakan, ?itulah yang dikatakan, dan itulah yang dimaksud?. 

Ingat literal Vs Literalis 


Akan ditunjukkan contoh untuk membedakan keduanya. Jika kamu mengambil buku dan membaca ?It was raining cats and dogs? (maaf ini harus pake perkataan Inggris). Penafsiran literal, apa yang ingin disampaikan penulis adalah saat itu hujan sangat deras. Penafsiran literalis, kucing dan anjing berjatuhan dari angkasa seperti hujan. Itulah yang dikatakan, dan itulah yang dimaksudkan. Sekarang, kita tahu apa yang dimaksud dengan phrase ?raining cats and dogs?, tapi bagaimana orang yang membaca buku itu 2,000 tahun di masa depan? Apakah mereka akan menafsirkan frase itu dengan tepat? Tidak bila mereka tidak mencari tahu dahulu kebudayaan kita sekarang, tentang idiom kita, bahasa kita. Mereka harus mencari untuk mengerti makna yang benar makna yang ingin disampaikan pengarang. Bila mereka hanya melihat kata di halaman mereka akan mendapatkan kesulitan untuk mengerti buku tersebut. Ini adalah kesulitan yang kita temui dalam menafsirkan SEMUA ayat di kitab suci, tapi terutama dalam menginterpretasikan ayat seperti yang ditemukan di buku Wahyu. Kita tidak bisa hanya melihat kata2 di halaman Alkitab. Kita harus memperhatikan makna yang ingin disampaikan oleh penulis buku tersebut. 

Dengan kata lain, untuk membaca ayat2 mengenai pemerintahan 1,000 tahun Kristus dan mengartikannya sebagai pemerintahan 1,000 tahun Kristus dibumi, - setelah Anti-Kristus dikalahkan tapi sebelum Setan dilepaskan supaya Setan memerangi para kudus,- dalam arti nyata, maka akan timbul kesulitan. Terutama jika kita mempertimbangkan kitab suci secara keseluruhan. 


Sebagai contoh 1 Korintus 15:23-25: 
Kristus sebagai buah sulung; sesudah itu mereka yang menjadi milik-Nya pada waktu kedatangan-Nya. Kemudian tiba kesudahannya, yaitu bilamana Ia menyerahkan Kerajaan kepada Allah Bapa, sesudah Ia membinasakan segala pemerintahan, kekuasaan dan kekuatan. Karena Ia harus memegang pemerintahan sebagai Raja sampai Allah meletakkan semua musuh-Nya di bawah kaki-Nya.Musuh yang terakhir, yang dibinasakan ialah maut. 

Paulus menyamakan kebangkitan orang mati, orang yang mati yang dihidupkan dalam Kristus, dengan kalahnya musuh yang terakhir, yaitu maut. Maut, musuh terakhir dikalahkan pada saat kebangkitan orang mati, yang terjadi saat kedatangan Yesus, yaitu akhiran (The End). Disini kita tidak bisa menempatkan rapture, dengan kebangkitan orang mati, sebelum ?Akhir? (the end). Pada saat orang dibangkitkan dari mati, maka musuh terakhir, yaitu maut, dikalahkan. Dan ini langsung diikuti oleh pemerintahan Allah yang abadi. BUKANNYA pemerintahan 1,000 tahun Allah. Kecuali, tentu saja, pemerintahan Tuhan selama 1,000 tahun adalah simbolis akan pemerintahan abadi dari Allah, dengan kata lain [yang dimaksud 1,000 tahun adalah] waktu yang sangat lama. 


Jadi apakah arti sesungguhnya dari pemerintahan 1,000 tahun Kristus ini? Aku tidak tahu. Aku tidak berada disini untuk memberitahu kalian tentang hal tersebut. TAPI, aku tahu dari 1 Yohanes bahwa roh dari Anti-Kristus sudah lepas di Bumi. Dan aku tahu bahwa kerajaan Yesus sudah ada di Bumi dalam bentuk GerejaNya, meskipun tidak dalam bentuk yang sempurna. Dan Dia memerintah dalam hati dan pikiran sebagai Raja bagi semua yang percaya kepadaNya. Di Gereja diminggu terakhir sebelum Advent tiap tahun, kita merayakan pesta Kristus Raja. Dan aku juga tahu bahwa para kudus disurga sudah memerintah bersama dengan Kristus di Surga. Aku tahu bahwa Setan telah dilemparkan satu kali dan ditahan supaya tidak malang melintang, dan telah dikalahkan oleh kematian Yesus di kayu salib. Mungkinkah ayat di Wahyu bab 20, kalo dipikir-pikir, mengacu pada hal-hal yang telah disebut tadi? 

Kebanyakan theologian Katolik dan Protestant di masa depan dan di masa lalu, melihat buku Wahyu sebagai sejenis ulangan dari semua peristiwa yang terjadi terhadap Gereja/jemaat, dari kebangkitan Kristus sampai akhir dunia. Dan Wahyu mendiskripsikan juga beberapa peristiwa lain dengan gaya bahasa yang sama. Ini adalah penjelasan yang sangat masuk akal bagi penafsiran buku Wahyu. 

Masih ada banyak ayat Alkitab yang aku bisa bicarakan mengenai akhir dunia dan kedatangan Kristus. Apa yang harus kamu lakukan bila kamu membaca ayat apapun adalah untuk menyadari kemiripannya. Semua ayat tersebut berbicara mengenai akhir jaman, hari Tuhan. Dia akan kembali satu kali lagi, hanya itu. Jika kamu ingin menempatkan rapture di pemerintahan 1,000 tahun Kristus di Bumi di ayat2 ini kamu akan merusak satu aatu lebih ayat lainnya. Dan inilah yang terjadi. Inilah sebab kita memiliki begitu banyak variasi dari theologi rapture. Seseorang memulai dengan premis akan rapture dan kemudian mereka mencoba mencocokkan Kitab Suci dengan premis tersebut. Dan ketika mereka menemukan ayat di Alkitab yang tidak cocok, mereka mengakalinya sampai cocok. Tapi hasil dari upaya itu adalah, timbulnya satu lagi theologi rapture. 


[Aku akan menjelaskan] dengan singkat, sejarah dari theologi rapture. Sejumlah kecil dari Bapa Gereja benar2 menulis mengenai pemerintahan 1,000 tahun di Bumi secara literal. Tapi, kerajaan Milenia ini tidak diikuti oleh rapture dari para umat Kristus yang terjadi sebelum akhir jaman. Dan, posisi ini tidak pernah diadopsi oleh Gereja. Dan ajaran mengenai pemerintahan Kristus di Bumi selama 1,000 tahun telah ditolak pada akhir abad ke 4. Ajaran tentang rapture sendiri mucnul disana sini di abad 18 dan abad 19 awal. Tapi baru mendapat pengaruh karena usaha dari seorang berkebangsaan Inggris bernama John Darby. Dia mengkhotbahkan doktrin tentang rapture di Inggris, USA dan Canada antara 1850-1870. Khotbah dia mempengaruhi ribuan Protestant dari berbagai denominasi. Jadi kebanyakan ajaran rapture saat ini bisa dilacak kembali ke 150 tahun yang lalu. 

Sebagai ringkasan, ingatlah, bila kamu dihadapkan pada berbagai variasi dari theologi rapture, gunakan Yohanes 6:54 dan 1 Tesalonika 4:16. Lalu berikan penjelasan konstektual yang benar dari ayat mengenai?satu dibawa satu ditinggal? dari Matius dan Lukas. Tunjukkan argumen yang kita bicarakan disini. Dan paling tidak kamu akan membuat beberapa orang berhenti dan berpikir. Dan itulah yang ingin kamu lakukan. Karena theologi rapture, terutama yang telah ditunjukkan dalam seri buku Left Behind. Tidaklah dapat dipertahankan secara logis, idak dapat dipertahankan secara Alkitabiah dan tidak dapat dipertahankan secara historis. Terima Kasih

Semua diatas adalah transcript dari seminar Jon Moartignoni yang bisa didengar disini 

Ini bagi yang mau download dulu kemudian dengar (bisa di download) Tapi ingat kalo download-an ini ada ijinnya copyrightnya. Jangan diperdagangkan. 


PS 
Ini software real player buat dengerin audio file tersebut.
Di tulis oleh DeusVult  www.ekaristi.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar