Beberapa hari lalu, ketika mendengarkan sebuah Radio, ada pembahasan mengenai Rapture juga, lalu saya ingat saya merasa pernah membacanya dari sisi ajaran katolik, saya ingin membagikannya dengan anda yang tertarik dan ingin tahu, pandangan gereja Katolik mengenai hal ini. Kita mempercayai adanya Rapture, tetapi kepercayaan itu isinya berbeda dengan yang non-katolik. Dikalangan Kristen lain juga ada yang sepandangan dengan katolik, ... walaupun tidak 100% sama. Ayo kita memperdalam pengetahuan kita, yang saya copas saja dari www.ekaristi.org yang dijerih payahi oleh Mas DeusVult yang saya kagumi. Selamat menikmati tulisan dan ulasan yang sangat bagus ini.
Part 1
Seminar John Martignoni tentang Rapture
PS:
Aku belum sempat edit ini jadi mungkin banyak kesalahan tulis. Mungkin aku check nanti setelah selesaikan bagian kedua. Ini supaya yang pengin tahu bisa segera membaca.
Aku belum sempat edit ini jadi mungkin banyak kesalahan tulis. Mungkin aku check nanti setelah selesaikan bagian kedua. Ini supaya yang pengin tahu bisa segera membaca.
Malam ini aku akan berbicara mengenai Rapture, Rapture dan kitab suci.
Aku akan berbicara apa itu rapture. Dimana tempat rapture di Theologi hal2
terakhir (Eskatalogi, akhir jaman) orang Protestant. Karena versi Rapture dari
Protestant tidak sesuai dengan iman Katolik. Meskipun Katolik boleh percaya
akan adanya suatu rapture,
namun bukan seperti yang dimengerti oleh Protestant. Aku juga akan menunjukkan
kalau Rapture Versi Protestant tidak sesuai dengan Alkitab.
Dan untuk menunjukkan bagaimana, ada dua ayat di alkitab yang membuat
orang yang percaya rapture untuk berhenti dan berpikir tentang apa yang mereka
percayai akan rapture, dan ini adalah sesuatu yang bagus bagi mereka. Aku juga
akan mengajarkan apa yang diajarkan gereja Katolik mengenai akhir jaman. Dan
jika aku ada waktu, aku akan memberikan kalian sedikit sejarah tentang theologi
rapture. Sepertinya Katolik sudah semakin dipengaruhi oleh pemikiran Protestant
tentang Rapture dan akhir jaman.
Kebanyakan dari kalian pasti sudah tahu tentang buku terkenal yang didasarkan atas Theology rapture Protestant, yaitu seri buku ?Left Behind?. Meskipun buku2 ini fiksi, tapi pengarang buku ini berkata kalo theologi dari buku ini diambil langsung dari Alkitab. Dan seri buku ini sekarang sudah terjual lebih dari 20,000,000 kopi. Dan ada beberapa Katolik juga membeli dan membaca buku2 ini. Baca bukunya sendiri tidak ada salahnya selama kita sadar kalo Buku2 ini merupakan fiksi/khayalan total. Tapi banyak Katolik yang menjadi kacau theologinya karena buku ini. Dan itulah masalahnya.
Kebanyakan dari kalian pasti sudah tahu tentang buku terkenal yang didasarkan atas Theology rapture Protestant, yaitu seri buku ?Left Behind?. Meskipun buku2 ini fiksi, tapi pengarang buku ini berkata kalo theologi dari buku ini diambil langsung dari Alkitab. Dan seri buku ini sekarang sudah terjual lebih dari 20,000,000 kopi. Dan ada beberapa Katolik juga membeli dan membaca buku2 ini. Baca bukunya sendiri tidak ada salahnya selama kita sadar kalo Buku2 ini merupakan fiksi/khayalan total. Tapi banyak Katolik yang menjadi kacau theologinya karena buku ini. Dan itulah masalahnya.
Diskusi ini akan membahas theologi dibelakang seri ?Left Behind? dan
diharap kalian bisa memberitahu kepada Katolik lain, ataupun Protestant,
perspektif yang benar dan alkitabiah tentang akhir jaman. Sekarang, mari kita
berbicara mengenai rapture.
1 Tesalonika 4:15-17, Paulus menulis kepada jemaat di Tesalonika:
Ini kami katakan kepadamu dengan firman Tuhan: kita yang hidup, yang
masih tinggal sampai kedatangan Tuhan, sekali-kali tidak akan mendahului mereka
yang telah meninggal. Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu
malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun
dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit;
sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama
dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan
selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan.
Ini adalah ayat yang pertama kali
akan diajukan orang yang antusias terhadap rapture untuk membuktikan teori
mereka. Peristiwa ini, orang diangkat ke atas awan dan bertemu dengan Allah
disana, dikenal sebagai rapture. Kata rapture berasal dari kata latin (note:rapreimur) yang berarti “diangkat”.
Jadi inilah ayat dimana kita mendapatkan kata “rapture”. Ayat ini ditafsirkan
bahwa Yesus Kristus, di masa depan yang tidak jauh, akan mengambil semua orang Kristen,
semua umat yang percaya, semua yang menerima Yesus Kristus kedalam hati mereka
(Note: “Accepting Jesus into their heart” kalimat yang disenangi para
Protestant Amerika). Yesus akan membawa semua orang ini dari Planet Bumi ke
surga bersama dengan Dia. Orang2 ini akan hilang dari muka Bumi. Makanya kalian
bisa lihat stiker di bemper mobil yang berkata: “Jika ada Rapture maka mobil
ini akan kosong” karena si pengemudi yakin kalo dia selamat, dia orang Kristen.
Dan saat Rapture terjadi dia akan menghilang sebelum dia punya waktu untuk
memarkirkan mobilnya. Stiker di bemper mobil memberi peringatan pada anda untuk
berhati-hati. Di buku Left Behind, yang aku bicarakan beberapa menit yang
laklu, digambarkan adanya kapal terbang yang jatuh, mobil yang bertabrakan,
diseluruh dunia. Karena Pilot di raptured, pengemudi mobil dan bis di raptured
dan banyak orang lain di raptured. Dengan kata lain, mereka menghilang begitu
saja dari muka bumi. Dan pesawat-pesawat, tanpa Pilot, jatuh. Mobil ? mobil,
tanpa pengemudi, bertabrakan. Kalo dipikir-pikir bila kalian bepergian dengan
pesawat terbang, kalian tidak ingin pilot yang menjalankan pesawatnya seorang
Kristen . Kalau-kalau, dia di rapture pada ketinggian 10,440 meter
dan kalian adalah termasuk orang-orang malang yang “tertinggal dibelakang”
(Left Behind).
Anyway, rapture adalah permulaan dari skenario akhir jaman. Di
theologi rapture, rapture disebutkan sebagai tanda pertama yang memulai akhir
jaman. Setelah rapture terjadi, setelah semua yang percaya diangkat, akan ada
periode 7 tahun dimana terjadi masa pergulatan
(Note: aku terjemahkan “tribulation” ke pergulatan). Inilah sebabnya orang
Kristen akan di rapture, sehingga mereka tidak perlu mengalami masa pergulatan.
Masa pergulatan ini akan ditandai dengan peperangan, rumor akan peperangan,
kelaparan, epidemik, dan gempa bumi yang semuanya akan mengakibatkan kematian
sejumlah besar orang. Akan ada sejumlah nabi palsu dan mesiah palsu. Dan,
ditengah2 masa pergulatan, Antikrist akan menunjukkan dirinya dan dia akan
memerintah seluruh bangsa di Bumi. Dan dengan adanya Anti-Kristus yang
memerintah 3.5 tahun terakhir dari periode 7tahun akan terasa lebih buruk
daripada 3.5 tahun pertama dari periode 7 tahun. Di akhir periode 7 tahun,
Kristus akan kembali dan akan membantai Anti_kristus dan pengikutnya dalam
perang besar Armageddon. Anti-Kristus kemudian dilempar ke sungai api/neraka.
Setelah itu Yesus akan membangun kerajaan secara fisik dan akan memerintah
selama 1000 tahun bersama para kudus disampingnya.
Setelah 1000 tahun, setan akan dibebaskan dari jurang tak berdasar
dimana dia dimaterai, dan dia tidak gembira . Dia (setan) mengumpulkan tentara dari empat penjuru dunia
dan memerangi para kudus. Tapi dia dan tentaranya akan dihancurkan oleh api
dari surga. Dan setan akan dilempar ke sungai api. Setelah itu, akan ada
kebangkitan orang mati dan penghakiman terakhir seperti yang kita tahu.
Jadi ingat! Theologi
rapture versi protestant adalah seperti ini:
- 1. Rapture bagi semua umat Kristen
- 2. Masa pergulatan
- 3. Munculnya Anti-Kristus
- 4. Masa pergulatan yang lebih parah
- 5. Kedatangan Kristus dan kalahnya Anti-Kristus
- 6. Masa 1,000 tahun pemerintahan Kristus dibumi
- 7. Setan dilepaskan dan memerangi para kudus.
- 8. Setan dikalahkan
- 9. Kebangkitan orang mati
- 10. Penghakiman terakhir
- 11. Akhir jaman
Ini adalah versi yang paling umum dari para antusias rapture yang aku
temukan. Aku bilang paling umum karena saat aku melakukan riset untuk seminar
ini, aku menemukan berbagai macam versi yang membuat kepalaku pusing . Kalau
kalian ingin tahu kebingungan yang diakibatkan oleh doktrin Sola Scriptura
(Hanya Alkitab), -doktrin yang mengatakan kita sendiri bisa membaca
Alkitab dan mengartikan mana doktrin yang benar dan doktrin mana yang salah-,
silahkan online di internet dan lakukan search atas kata “rapture”. Ada ribuan
website yang mendiskusikan rapture. Aku hanya melihat sekitar lusinan dari
website2 tersebut. Tapi aku tidak menemukan satu pasangpun website yang sama
dalam hal kronologis terjadinya rapture. Tapi, tahukah anda? Tiap-tiap website tersebut
berkata kalau mereka mendasarkan theologi
mereka dari Alkitab dan meng-klaim bahwa mereka menginterpretasikan Alkitab
dengan akurat. Bagaimana ini
mungkin?
Sebagai contoh, seperti yang sudah aku ungkapkan, versi yang paling
umum akhir jaman, yang aku lihat, dimulai dengan rapture sebelum masa
pergulatan. Orang yang percaya hal ini disebut pre-trib (pre-tribulation = sebelum masa pergulatan). Namun ada
yang percaya kalau rapture akan terjadi ditengah masa pergulatan, orang2 ini
disebut mid-trib. Ada juga yang
percaya kalau rapture terjadi di akhir masa pergulatan, orang2 ini disebut post-trib. Jadi kita punya orang yang
percaya terhadap rapture sebelum masa pergulatan, yang lainnya percaya rapture
ditengah masa pergulatan dan yang lain lagi percaya akan rapture di akhir masa
pergulatan. Dan, mereka semua
menunjukkan Alkitab sebagai satu-satunya sumber atas kepercayaan mereka.
Dan ini menjadi lebih menarik. Tidak hanya ada perbedaan tentang KAPAN
rapture akan terjadi, juga ada perbedaan tentang BERAPA KALI rapture akan terjadi. Aku menemukan site yang
mengatakan bahwa akan ada dua, tiga, ataupun empat rapture. Website yang
mengatakan kalau Yesus akan datang kembali sekali, dua kali, tiga kali atau
bahkan 4 kali. Dan boleh ditebak, semua
mengatakan bahwa Alkitab adalah satu-satunya sumber atas theologi mereka.
Bagaimana ini mungkin?
Dibeberapa website aku menemukan orang2 yang dulunya percaya terhadap
pre-trib rapture, tapi kemudian dia menemukan ayat alkitab yang menunjukkan
mid-trib rapture ataupun post-trib rapture. Dan dia ingin berbagi kepada anda
sekalian, sehingga anda bisa tahu bukti2 alkitabiah seperti yang ditemukan dia.
Jadi, sebagaimana masuk akalkah semua ini? Mereka dulunya percaya pre-trib
rapture, kenapa?, karena alkitab mengatakan demikian. Namun sekarang mereka
percaya mid-trib ataupun post-trib, kenapa?, karena Alkitab mengajarkan
demikian. Ada yang tidak beres disini .
Bagaimana mereka tahu kalo kepercayaan mereka
sekarang ini tidak akan berubah dan diganti dengan penafsiran Alkitab lain yang
baru? Apa yang kita lihat dari semua ini adalah kegagalan fatal theology
rapture (aku terjemahkan flaw=gagal karena lebih cocok daripada flaw = salah)
yaitu tidak adanya otoritas, selain interpretasi pribadi individual atas
Alkitab, dari ajaran2 tersebut (ajaran rapture). Pertanyaannya, dimanakah
?Gereja? diantara semua ini?
Gereja (Dalam bahasa Inggris Gereja juga berarti jemaat dan di Alkitab
Inggris Jemaat disebut Gereja) yang dalam
1 Tim 3:15 disebut tiang penopang
dan dasar kebenaran! Atau pembela dan penegak kebenaran,
dimanakah gereja? Dimana? Well, dalam hal rapture, seperti doktrin2 sejati
Protestant, tergantung dari masing2 individu. Lupakanlah para pastor, lupakan
para theologian. Setiap orang yang bisa membaca Alkitab pada intinya adalah
pastor dari diri mereka sendiri, theologian dari diri mereka sendiri. Dalam
arti theologi Katolik kita bisa berkata mereka adalah Paus dan Gereja dari diri
mereka sendiri. Dan sekali lagi, bila kalian ingin tahu kebingungan yang
diakibatkan, silahkan online ke internet dan search kata “rapture”.
Satu-satunya yang mereka setujui adalah adanya, paling tidak , satu
rapture. Dan meskipun ada persetujuan tentang satu hal itu diantara para
antusias rapture, ternyata tidak semua
Protestant yang percaya Alkitab mempercayai
adanya rapture. Contohnya: kebanyakan Lutheran, Episkopalian, Methodist,
Presbyterian dan lain lain, yang menganut Sola Scriptura (Hanya Alkitab), tidak
mempercayai adanya rapture. Kepercayaan
akhir jaman mereka hampir sama dengan kepercayan akhir Jaman Katolik.
Dan aku akan memberi tahu kalian apa yang dipercayai Katolik tentang
akhir jaman, sebentar lagi, tapi sebelum aku lakukan itu aku akan merangkum apa
yang telah dibicarakan. Dalam Protestantisme ada orang yang percaya rapture,
ada orang yang tidak percaya rapture. Kelompok yang percaya pre-trib rapture,
yang percaya mid-trib rapture dan yang percaya post-trib rapture. Yang percaya
satu dan hanya satu kali rapture. Yang percaya dua atau lebih rapture. Yang
percaya kedatangan kedua Kristus, tapi ada juga yang percaya kedatangan ketiga
ataupun keempat Kristus. Dan semua
skenario yang berbeda-beda ini dikatakan berasal dari Alkitab.
Sekarang, apa yang diajarkan
gereja Katolik mengenai akhir jaman. Dan Romo, kalau aku salah silahkan
datang kedepan dan pukul aku . Bagaimana ajaran Katolik berbeda dengan theologi
rapture. Dua perbedaan besar. Katolik
tidak percaya akan pengangkatan (rapture)) semua umat yang percaya di saat
manapun selain kedatangan terakhir, kedatangan kedua dan terakhir atas Yesus
yang terjadi di akhir jaman. Katolik tidak percaya akan terjadinya
pengangkatan (rapture) semua umat yang percaya di waktu yang lain dari
kedatangan terakhir, kedatangan terakhir Yesus yang merupakan kedatangan kedua
Yesus yang terjadi di akhir jaman (note: jadi
rapture hanya terjadi di kedatangan terakhir menurut Katolik). Kedua Katolik
tidak percaya akan pengertian 1,000 tahun pemerintahan Kristus yang fisik dan
literal di Bumi setelah masa pergulatan tribulation).
Gereja Katolik pada dasarnya mengajarkan sebagai berikut; akan ada masa pergulatan yang dahsyat yang akan terjadi sebelum
kedatangan Kristus. Di masa pergulatan ini UMAT KRISTUS akan mengalami percobaan yang parah dan penganiayaan dan dimana banyak orang akan dibujuk untuk mengikuti
agama palsu dari Anti-Kristus. Dan Anti-Kristus akan benar2 ada. Semua
ini dapat ditemukan di Katekismus Gereja Katolik paragraph 675-677. Juga Orang
Yahudi akan bertobat Massal kembali ke Kristus, paragraph 674. Di akhir masa
pergulatan, Kristus akan datang dan menang atas “pelepasan terakhir atas Setan”,
paragraph 677. Jadi, saat Yesus kembali, yang merupakan kedatangan keduanya di
dunia, yang pertama adalah inkarnasinya 2,000 tahun yang lalu. Saat Yesus
kembali, setan akan dikalahkan untuk terakhir dan final kemudian dibuang. Dan,
saat kedatangan Kristus, orang mati akan dibangkitkan dan semua tubuh kita akan
dirubah menjadi tubuh yang tidak dapat busuk, Katekismus 988 dan 997-1001. Dan
kemudian ada penghakiman terakhir. Dimana setelahnya orang yang baik akan masuk
kekerajaan kekal dan yang jahat akan masuk neraka kekal, paragraph 678-679 dan
1038-1041. Bumi dan surga yang lama, akan diganti menjadi Bumi baru dan surga
yang baru. Dan kerajaan Allah datang dalam kepenuhannya sebagai Jerusalem baru
dan datang pemerintahan Kristus selamanya, Amin, paragraph 1043-1050.
Jadi gereja mengajarkan:
Jadi gereja mengajarkan:
- Masa pergulatan
- Pertobatan massal bangsa Yahudi
- Anti-Kristus
- Yesus kembali dalam kuasa dan kemuliaan mengalahkan Setan untuk terakhir kalinya
- Orang mati dibangkitkan dan tubuh kita yang dapat busuk menjadi tubuh yang tidak dapat busuk (mulia)
- Penghakiman terakhir
- Surga bagi yang baik dan Neraka bagi yang jahat.
- Alam semesta di rubah menjadi Surga baru dan Bumi baru bagi pemerintahan abadi Kristus bersama para kudus di Jerusalem.
Baiklah, aku telah bicara tentang bagaimana akhir jaman terjadi menurut umat, secara individu, tentang rapture. Dan aku telah berbicara tentang akhir jaman menurut Gereja. Yang akan aku lakukan sekarang adalah memberikan waktu untuk melihat di Alkitab. Karena jika kalian akan berbicara dengan Kristen non-Katolik mereka tidak akan peduli apa yang diajrakan gerja, ataupun apa yang dikatakan Paus. Mereka ingin melihat buktinya di Alkitab.
Jadi, apa yang dikatakan Alkitab tentang semua ini. Kita akan kembali ke ayat yang aku ucapkan pada awal 1 Thesalonika 4:15-17.
Kita yang hidup YANG MASIH TINGGAL sampai kedatangan Tuhan, TIDAK AKAN
mendahului orang yang telah meninggal Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada
waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan
sendiri akan turun dari sorga dan MEREKA YANG MATI dalam Kristus akan LEBIH
DAHULU bangkit; SESUDAH ITU, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat
BERSAMA-SAMA DENGAN MEREKA (orang yang sudah meninggal) dalam awan menyongsong
Tuhan di angkasa..
Inilah dia, rapture. Kita diangkat
ke awan untuk bertemu dengan Yesus di awan. Amen dan Halleluya, kita
cabut dari dunia . Tidak ada masa pergulatan bagi kita, tidak sama
sekali.
Mungkin anda terkejut mendengar
kalau Gereja Katolik ternyata tidak ada
masalah dengan kepercayaan tentang orang yang akan diangkat ke atas untuk
bertemu dengan Tuhan di angkasa, tapi sekali
lagi, ini akan terjadi saat kedatangan Yesus kedua di akhir
jaman, bukan sebelumnya.
Ayat2 ini mendeskripsikan kebudayaan kuno. Di dunia kuno, saat seorang yang
penting akan datang ke desa atau kota seperti seorang Raja atau Jendral,
kebanyakan dari orang, atau paling tidak orang yang menanti kedatangan sang
tamu, akan menyambut sang tamu diluar desa atau kota dan kemudian menemani sang
tamu kembali ke desa. Akan merupakan hinaan untuk tidak keluar dan menyambut
tamu penting tersebut. Dan ini masih berlaku sekarang. Bila Presiden terbang
menuju pelabuhan udara, apa yang terjadi? Banyak orang pergi menyambutnya. Dan
setelah mereka menyambutnya di pelabuhan udara, yang bisanya berada di luar
kota, apa yang mereka lakukan? Mereka mengantarkan dia kembali ke kota. Bila
Presiden datang ke pelabuhan udara dan tidak ada yang menyambutnya maka itu
merupakan sebuah penghinaan. Dan inilah bagaimana beberapa Bapa Gereja,
seperti St Agustinus, St John Chrysostom mengartikan ayat2 tersebut. Mereka mengajarkan
bahwa orang yang merindukan datangnya kembali Kristus akan
terangkat untuk bertemu denganNya di angkasa, seperti orang yang menyambut tamu penting diluar kota.
Dan kemudian mereka akan diberikan hadiah, HADIAH, untuk mengantarkan
kembalinya Dia (Kristus) ke Bumi. Ini
adalah pembacaan yang paling masuk akal atas ayat2 tersebut, dan yang didukung oleh tulisan-tulisan dari
beberapa Bapa Gereja. Ayat ini, dari 1 Tesalonika bab 4, tidak mengatakan sama
sekali kalau orang2 akan menemui Yesus di angkasa, dan kemudian Yesus berputar
balik bersama mereka dan kembali menuju ke Surga. Bagaimana kita tahu kalau
bukan itu yang dimaksud Kitab Suci? Karena apa yang terjadi saat kedatangan terakhir Yesus? Kitab suci mengatakan di Wahyu 21:1-3:
Lalu aku melihat langit yang baru dan bumi yang
baru... aku melihat kota yang kudus, Yerusalem yang baru, turun dari sorga,
dari Allah...Lalu aku mendengar suara yang nyaring dari takhta itu berkata:
"Lihatlah, kemah Allah ada di TENGAH-TENGAH manusia dan Ia akan DIAM
bersama-sama dengan mereka. Mereka akan menjadi umat-Nya dan Ia akan menjadi
Allah mereka.?
Seperti Tuhan sendiri turun dari Surga, begitu juga Jerusalem yang
baru, turun dari Surga. Dan alkitab TIDAK mengatakan tentang Jerusalam Baru
KEMBALI ke Surga, seperti juga Alkitab TIDAK mengatakan kalau Yesus KEMBALI ke
Surga. Karena Yesus, pada intinya, membawa Surga bersamaNya! Semua
Malaikat dan para Kudus turun bersama dengan Dia. Jerusalem baru juga turun dari Surga, Jerusalem yang baru dimana kita akan berkemah dengan Tuhan! Seperti
yang disebut Wahyu 11:15-18:
"Pemerintahan atas dunia dipegang oleh Tuhan kita dan Dia yang
diurapi-Nya, dan Ia akan memerintah sebagai raja sampai selama-lamanya."
Pemerintahan dunia sudah menjadi pemerintahan Tuhan kita! Yesus
kembali dan Bumi dan Surga di transformasikan. Dan akan ada surga baru dan Bumi
baru, dan lihatlah, kemah Tuhan ada ditengah manusia.
Jadi, sebuah tafsiran atas 1 Tesalonika 4 yang menunjukkan Tuhan turun
dari Surga, berhenti beberapa km, aku tidak tahu tapatnya, diatas Bumi,
mengangkat “penumpang” dan kemudian berputar 180 derajat dan balik menuju ke
Surga cumalah tafsiran. Tafsiran yang tidak didukung oleh bagian lain dari
Kitab Suci. Dan tafsiran yang tidak didukung oleh satupun tulisan umat Kristen
awal.
Juga, hal yang penting dalam berargumen dengan tafsiran rapture dari
ayat 1 Tesalonika 4, lihatlah siapa yang diangkat untuk menemui Tuhan? Bukan
hanya mereka yang hidup tapi juga yang sudah meninggal dalam Kristus, ayat 1
Tesalonika 4:16, ?Karena Tuhan
sendiri akan turun dari Surga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih
dahulu bangkit?. Disini ada kebangkitan yang mati. Jadi orang yang percaya
rapture harus mempercayai bahwa tidak hanya yang hidup dalam Kristus yang akan
hilang, tapi juga umat Kristus yang sudah meninggal, akan bangkit dari kubur
dan juga menghilang.
Tapi ada masalah disini. MASALAH YANG BESAR. Kita balik Injil Yohanes
Bab 6, kita menemukan sesuatu yang sangat menarik. Yohanes 6:54 ?Barangsiapa makan daging-Ku dan
minum darah-Ku, ia mempunyai hidup yang kekal dan Aku akan membangkitkan dia
pada AKHIR JAMAN.? Pada akhir
jaman! ?Mereka yang makan dagingKu dan minum darahKu?, anda mau menganggap itu
literal atau simbolis? Jesus berbicara mengenai orang yang MEMPERCAYAINYA, umat
Kristus. Dan mereka akan dibangkitkan kapan? Pada akhir jaman! Pada akhir jaman
sebelum masa pergulatan dimulai? Tidak, hal tersebut tidak disebutkan. Pada
akhir jaman sebelum tampilnya Anti-Kristus? Tidak, hal tersebut tidak
disebutkan. Pada akhir jaman sebelum Yesus memulai pemerintahan 1,000 tahun di
Bumi? Tidak, hal tersebut tidak disebutkan juga. Yang disebutkan Cuma "pada
akhir jaman" titik! Tidak ada lanjutannya
Yohanes 6:39 ?Dan Inilah kehendak Dia yang telah mengutus Aku, yaitu
supaya dari semua yang telah diberikan-Nya kepada-Ku jangan ada yang hilang,
tetapi supaya Kubangkitkan pada akhir zaman? Yohanes 11:24, ?Kata Marta
kepada-Nya: ?Aku tahu bahwa ia [Lazarus] akan bangkit pada waktu orang-orang
bangkit pada akhir zaman.? Kenapa Lazarus harus menunggu sampai akhir jaman?
Kenapa dia tidak dibangkitkan pada saat rapture seperti umat lain yang percaya
atas Kristus? Kenapa? Karena tidak ada rapture sebelum akhir jaman. Yohanes 6 menunjukkan lobang yang besar dalam
theologi rapture.
Jadi, kalau kamu menemui orang yang percaya akan rapture sebelum mendiskusikan 1 Tesalonika 4:15-17 atau ayat lain, carilah Yohanes bab 6. Tanyalah pada mereka, ?Apa yang dimaksud Yesus dengan AKHIR JAMAN?? Jika mereka berkata bahwa Dia berbicara mengenai akhir dunia, lalu tunjukkan mereka bahwa 1 Tesalonika 4 tidak mungkin berbicara mengenai Pre-trib rapture. Ataupun jenis rapture lain, selain yang akan terjadi di akhir dunia. Karena Yesus berbicara tentang orang mati yang akan dibangkitkan di akhir dunia, pada akhir jaman dari dunia di Yohanes bab 6. Dan 1 Tesalonika 4 berbicara mengenai orang mati yang dibangkitkan. Maka dari itu, karena orang yang mati tidak akan dibangkitkan sebelum akhir jaman/dunia, maka rapture yang berarti diangkat keatas untuk bertemu dengan Tuhan seperti yang dideskripsikan di 1 Tesalonika 4, akan terjadi di akhir dunia/jaman! Bukan sebelumnya.
Sekarang, kalau mereka mencoba untuk berkata bahwa ketika Yesus
berbicara mengenai akhir jaman di Yohanes bab 6 Dia sebenarnya berbicara tetnag
akhir jaman SEBELUM masa pergulatan dimulai ataupun akhir jaman SEBELUM
kerajaan milenial Yesus, Tanaylah kepada mereka dimanakah itu disebut didalam
Alkitab. Mereka tidak akan bisa! Karena itu semua tidak disebut [didalam
Alkitab]. Alkitab Cuma berkata ?Akhir Jaman?. Tidak dikatakan [dalam Alkitab]
?akhir jaman? sebelum ?akhir jaman dari periode 7 tahun?. Tidak dikatakan
?akhir jaman sebelum ?akhir jaman dari pemerintahan 1,000 tahun?. Yang
dikatakan [dalam Alkitab] Cuma ?AKHIR JAMAN?.
Lagipula di Yohanes 12:48 dikatakan dengan jelas bahwa ?akhir jaman?
adalah akhir jaman dari dunia.
Di lusinan skenario yang sudah aku lihat, aku tahu aku belum melihat
semuanya, mengenai rapture, tidak pernah disebut penghakiman yang terjadi pada
saat rapture! Umat yang percaya diangkat dari Planet, orang yang tidak percaya
ditinggalkan.. Itu saja, tidak ada penghakiman buat mereka yang ditinggalkan.
Disemua skenario yang aku lihat, penghakiman orang jahat, penghakiman orang
yang tidak percaya ditempatkan pada akhir dunia. Sekarang kembali ke Yohanes
12:48, Yesus berkata, ?Barangsiapa
menolak Aku, dan tidak menerima perkataan-Ku, ia sudah ada hakimnya, yaitu
firman yang telah Kukatakan, itulah yang akan menjadi hakimnya pada akhir zaman?.
Mereka yang menolak Yesus, orang jahat, akan dihakimi kapan? Di AKHIR JAMAN.
Dan seperti yang aku katakan, di skenario rapture yang aku lihat, penghakiman
orang2 jahat ini terjadi di akhir dunia. Jadi frase, ?akhir jaman? harus,
HARUS, mengacu pada ?akhir dunia?. Dan bukan waktu yang lain. Bukan akhir jaman
sebelum masa pergulatan dimulai. Bukan akhir jaman sebelum Anti-Kristus muncul.
Bukan akhir jaman sebelum pemerintahan 1,000 tahun Kristus di Bumi. [Tapi]
Akhir jaman dari dunia! Akhir jaman dari dunia ketika Yesus Kristus datang
untuk kedua kali dan terakhir. Akhir dunia dimana yang mati akan dibangkitkan,
Akhir dunia dimana pengikut Kristus, mati atau hidup, akan diangkat ke angkasa
untuk bertemu Yesus saat kedatanganNya. Akhir dunia dimana penghakiman terakhir
akan dilaksanakan. Akhir dunia diamana kerajaan Tuhan akan datang dalam
kepenuhannya dan Surga lama dan Bumi lama akan digantikan dengan Surga baru dan
Bumi baru dan Kristus memerintah selamanya di Yerusalem baru bersama dengan
para kudus disisinya. SEMUANYA PADA WAKTU YANG SAMA, DI AKHIR JAMAN! Hari
Tuhan.
Jadi hanya dengan 2 ayat Yoh 6:54 dan 1 Tesalonika 4:16. kamu sudah
membuat lobang yang besar di theologi rapture. Dan bila kamu menambah Yohanes
12:48 kamu akan mencabik-cabiknya mencadi potongan kecil tak berarti.
PART 2
Sekarang, meskipun kamu bisa berhenti disitu,
mari kita lihat ayat Alkitab lain yang digunakan orang untuk membuktikan
theologi rapture mereka ataupun mengajarkan theologi rapture mereka.
Matius 24:37-41:
"Sebab sebagaimana halnya pada zaman
Nuh, demikian pula halnya kelak pada kedatangan Anak Manusia. Sebab sebagaimana
mereka pada zaman sebelum air bah itu makan dan minum, kawin dan mengawinkan,
sampai kepada hari Nuh masuk ke dalam bahtera, dan mereka tidak tahu akan
sesuatu, sebelum air bah itu datang dan melenyapkan mereka semua, demikian
pulalah halnya kelak pada kedatangan Anak Manusia. Pada waktu itu kalau ada dua
orang di ladang, yang seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan;
kalau ada dua orang perempuan sedang memutar batu kilangan, yang seorang akan
dibawa dan yang lain akan ditinggalkan.?
Nah, dua orang di ladang, satu diambil satu
ditinggalkan. Dua orang perempuan memutar batu kilangan, seorang dibawa seorang
ditinggalkan, RAPTURE! Umat Kristen dibawa, orang non-Kristen ditinggalkan.
Hmmm, kelihatannya sangat meyakinkan. Dan ada Ayat yang mirip di Lukas 17:26-36
Dan sama seperti terjadi pada zaman Nuh,
demikian pulalah halnya kelak pada hari-hari Anak Manusia: ... Demikian juga
seperti yang terjadi di zaman Lot: mereka makan dan minum, mereka membeli dan
menjual, ... Tetapi pada hari Lot pergi keluar dari Sodom turunlah hujan api
dan hujan belerang dari langit dan membinasakan mereka semua. Demikianlah
halnya kelak pada hari, di mana Anak Manusia menyatakan diri-Nya. ...Ada dua
orang perempuan bersama-sama mengilang, yang seorang akan dibawa dan yang lain
akan ditinggalkan." (Kalau ada dua orang di ladang, yang seorang akan
dibawa dan yang lain akan ditinggalkan.)
Satu dibawa, satu ditingglakan, rapture,
betulkan? Hanya ada satu
masalah kecil orang yang
melihat adanya rapture di ayat ini tidak melihat satu detail kecil...
Kedatangan anak manusia, dimana ada satu roang yang dibawa dan ada satu orang
yang ditinggalkan, dibandingkan dengan jaman Nuh dan jaman Lot. Ok, mari kita
pikirkan hal tersebut sebentar... Setelah banjir besar siapakah yang
ditinggalkan (left behind)?.... Noah dan keluarganya. Orang-orang baiklah, yang
ditinggalkan. Siapakah yang dibawa oleh banjir? Orang-orang jahat! Orang jahat
diambil dan orang baik ditinggalkan (left behind)!! Setelah Sodom dihancurkan
siapa yang ditinggalkan? Lot dan putri-putrinya, orang-orang baik. Orang-orang
jahat dibawa, mereka dihancurkan. Orang yang baik ditinggalkan. Bahkan, di
versi baru dari kitab King James, ayat dari Matius 24 berbunyi sebagai berikut:
" Sebab sebagaimana mereka pada zaman
sebelum air bah itu makan dan minum, kawin dan mengawinkan, sampai kepada hari
Nuh masuk ke dalam bahtera, dan mereka tidak tahu akan sesuatu, sebelum air bah
itu datang dan MEMBAWA mereka semua, demikian pulalah halnya
kelak pada kedatangan Anak Manusia.?
Orang jahat dibawa. Mereka dibawa pergi. Orang
yang baik ditinggalkan (left behind). Jadi, kalau ada rapture, seperti yang
ditunjukkan oleh buku Left Behind, kalian tidak akan ingin menjadi orang yang
dibawa pergi . Jika kalian mau hidup, dalam arti kehidupan abadi, jika
kalian ingin hidup seperti Nuh, Lot dan keluarga mereka, maka kalian akan ingin
untuk ditinggalkan (left behind). Sekali lagi, peristiwa yang digunakan sebagai
perbandingan saat datangnya Anak Manusia, di peristiwa tersebut, orang jahatlah
yang dibawa pergi. Orang jahat dibawa pergi dan orang yang baik ditinggalkan.
Jika kedatangan Anak Manusia MIRIP dengan hari-hari tersebut, maka bila Anak
Manusia datang, orang jahat akan diambil dan orang baik akan ditinggalkan.
Mungkin kita harus membuat stiker bemper yang berbunyi, ?Bila ada rapture, aku
akan tetap disini?
Kenapa kamu ingin ditinggalkan (left Behind)?
Ingat 1 Tesalonika 4:17? ?sesudah
itu, kita yang hidup, YANG MASIH TINGGAL, akan diangkat bersama-sama dengan
mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa.? Mereka yang ditinggalkan (left behind)
saat kedatangan Anak Manusia akan bersama dengan Yesus Kristus di Jerusalem
baru yang turun dari Surga! Orang yang dibawa akan dilemparkan ke laut api,
neraka, kematian kedua (seperti yang disebut Kitab Suci).
Sekarang, lebih banyak ayat dari kitab suci,
akan ada masa pergulatan yang hebat. Kepercayaan yang sama bagi Katolik maupun
penganut teori rapture. Matius 24:21-24:
Sebab pada masa itu akan terjadi siksaan
yang dahsyat seperti yang belum pernah terjadi sejak awal dunia sampai sekarang
dan yang tidak akan terjadi lagi. Dan sekiranya waktunya tidak dipersingkat,
maka dari segala yang hidup tidak akan ada yang selamat; akan TETAPI OLEH
KARENA ORANG-ORANG PILIHAN waktu itu akan dipersingkat. ... Mesias-mesias palsu
dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda yang
dahsyat dan mujizat-mujizat, ...
Ayat yang sama ditemukan di Markus 13 dan
Lukas 21. Apakah kalian sadar tadi? ?TETAPI
OLEH KARENA ORANG-ORANG PILIHAN waktu itu akan dipersingkat?. Time
out....... ?Orang-orang pilihan? apa yang dikatakan disini? Bukankah
orang-orang pilihan sudah tidak ada? Bukankah mereka sudah di rapture? Kita
akan membahasnya sebentar lagi...
Akan ada Anti-Kristus, sekali lagi, ajaran
yang sama-sama dianut oleh Katolik maupun penganut rapture. 2 Tesalonika 2:1-12
?Tentang kedatangan Tuhan kita Yesus
Kristus dan terhimpunnya kita dengan Dia .... Sebab sebelum Hari itu haruslah
datang dahulu murtad dan haruslah dinyatakan dahulu manusia durhaka, yang harus
binasa, yaitu lawan yang meninggikan diri di atas segala yang disebut atau yang
disembah sebagai Allah. Bahkan ia duduk di Bait Allah dan mau menyatakan diri
sebagai Allah. ... pada waktu itulah si pendurhaka baru akan menyatakan
dirinya, tetapi Tuhan Yesus akan membunuhnya dengan nafas mulut-Nya dan akan
memusnahkannya, kalau Ia datang kembali
Daniel 8:17-25
Lalu datanglah ia [malaikat Gabriel] ke
tempat aku berdiri, ... lalu ia berkata kepadaku: "Pahamilah, anak
manusia, bahwa penglihatan itu mengenai AKHIR MASA!" maka akan muncul
seorang raja dengan muka yang garang dan yang pandai menipu. Kekuatannya akan menjadi
hebat.....dan ia akan mendatangkan kebinasaan yang mengerikan, dan apa yang
dilakukannya akan berhasil; orang-orang berkuasa akan dibinasakannya, juga umat
orang kudus. ... dan dengan tak disangka-sangka banyak orang akan
dibinasakannya; juga ia akan bangkit melawan Raja segala raja. Tetapi tanpa
perbuatan tangan manusia, ia akan dihancurkan.
Dan dari Daniel 7:25
Ia akan mengucapkan perkataan yang
menentang Yang Mahatinggi, dan akan menganiaya orang-orang kudus milik Yang
Mahatinggi;
Ayat sama yang ditemukan di Wahyu 13. Seorang
anti-Kristus yang mencoba menguasai dunia memproklamirkan diri sendiri sebagai
Allah, dan kemudian di hancurkan oleh Kristus sendiri. Dan satu hal penting
yang patut diketahui, disemua ayat2 ini, sang Anti-Kristus menganiaya ataupun
menghancurkan para kudus, orang-orang pilihan, umat Kristus. Ayat-ayat ini
adalah mengapa orang2 berpindah dari pre-trib menjadi mid-trib ataupun
post-trib. Karena kitab suci sangat jelas mengatakan bahwa Anti-Kristus akan
menganiaya dan membunuh umat Kristus. Tapi, kalo semua umat Kristus telah
dirapture siapakah umat Kristyus yang dianiaya dan dihancurkan oleh
Anti-Kristus? Dan karena ini kita mendapatkan orang yang berkata kalo rapture
akan terjadi SETELAH Anti-Kristus menampakkan diri, seperti yang dikatakan 1
Tesalonika bab 2, dan mereka kemudian berpaling ke Mid-Trib dan Post-Trib.
Meskipun begitu, Pre-Trib menyanggah dengan berkata: ?Tidak. Semua Umat Kristen
akan dirapture dari muka Bumi sebelum masa pergulatan, tapi setelah masa pergulatan
dimulai, akan ada Umat Kristus yang baru. Inilah umat yang akan dianiaya
Anti-kristus.? Tapi dimana di Alkitab dikatakan kalau nanti ada Umat Kristus
baru setelah semua umat Kristus yang lama menghilang? Tidak ada. Dan pertanyaan
yang gamblang adalah, siapa yang akan mengajar semua orang ini kalau semua Umat
Kristen sudah pergi? dan apakah orang-orang ini akan bersatu dalam satu
konggregasi? Apakah mereka akan memiliki pastor? Apakah akan ada berbagai
denominasi? Apakah umat Kristus baru ini akan berdebat tentang masalah apakah
mereka akan diangkat saat ada post-tribulation rapture?
Ayat mengenai Anti-Kristus yang memerangi para
kudus adalah ayat argumen buat orang yang percaya akan adanya lebih dari satu
rapture. Mereka percaya akan pre-trib rapture untuk umat Kristus yang lama,
kemudian midtrib atau post-trib buat umat Kristus baru. Dan kalau ada lebih
dari satu rapture maka akan ada lebih dari satu kebangkitan orang mati (orang
yang mati dalam Kristus tentunya). Satu kali kebangkitan untuk tiap rapture.
Dan itu ditambah kebangkitan badan terakhir saat akhir dunia. Dan dalam
skenario multiple, hal-hal tersebut terjadi terus menerus.
Ayat-ayat kitab suci tambahan 1 Korintus
15:20-24
?Tetapi yang benar ialah, bahwa Kristus
telah dibangkitkan dari antara orang mati, sebagai yang sulung dari orang-orang
yang telah meninggal.Sebab sama seperti maut datang karena satu orang manusia,
demikian juga kebangkitan orang mati datang karena satu orang manusia. Karena
sama seperti semua orang mati dalam persekutuan dengan Adam, demikian pula
semua orang akan dihidupkan kembali dalam persekutuan dengan Kristus.Tetapi
tiap-tiap orang menurut urutannya: Kristus sebagai buah sulung; sesudah itu
mereka yang menjadi milik-Nya PADA WAKTU KEDATANGANNYA. Kemudian TIBA
KESUDAHANNYA, yaitu bilamana Ia menyerahkan Kerajaan kepada Allah Bapa, sesudah
Ia membinasakan segala pemerintahan, kekuasaan dan kekuatan.?
Lihatlah, orang yang mati dalam Kristus akan
dibangkitkan saat kedatangannya. Kedatangan berbentuk singular (coming) bukan
jamak (comings), jadi hanya satu kali. Tidak dikatakan kalo orang yang mati
dalam Kristus akan dibangkitkan pada saat rapture dan akan ada lagi orang yang
mati dalam Kristus akan dibangkitkan saat akhir jaman, atau untuk rapture
kedua, atau ketiga. Semua yang mati dalam Kristus akan dibangkitkan di saat
yang sama. Dan kemudian apa yang terjadi? The End, saat Kristus membawakan
Kerejaan ke Allah Bapa, tidak ada waktu buat kerajaan seribu tahun.
Sekarang, bagaimana mengenai pemerintahan
Kristus selama 1,000 tahun di Bumi. Darimana ini berasal? Ini datang dari Wahyu
bab 20. Setelah Kristus mengalahkan nabi palsu dan Anti-Kristus di Wahyu 19,
Wahyu 20 dimulai dengan menyebutkan Setan yang ditangkap dimaterai dan
dilemparkan kedalam jurang maut selama 1,000 tahun. Dimulai di ayat 4 kita
melihat jiwa dari para kudus hidup kembali dan memerintah bersama Kristus
selama 1,000 tahun. Dan setelah 1,000 tahun, setan dilepaskan dari penjaranya
dan memerangi para kudus. Tapi di ayat 9 Setan dan pasukannya dihancurkan. Dan
kita melihat Kristus muncul di tahta putih yang besar untuk penghakiman
terakhir.
Point pertama adalah, jika peristiwa di buku
Wahyu dianggap berjalan di waktu yang linear, mulai dari awal buku sampai akhir
buku, maka kamu akan berakhir di rumah sakit jiwa. Sebagai contoh di Wahyu 12
kita lihat ada wanita yang akan melahirkan anak, dan dia kemudian melahirkan
anak laki-laki yang akan memerintah seluruh bangsa dengan gada besi. Siapakah yang
dibicarakan di ayat tersebut? Yesus Kristus. Kalau begitu apakah kita harus
menganggap bahwa Wahyu berjalanan dalam waktu linear dan kelahiran Kristus
terjadi di masa depan? Mungkin kelahiran Kristus memang tidak terjadi di masa
lalu . Di bab yang sama ayat 7-8 (wah 12:7-8), ada peperangan di
Surga dan Setan dan malaikatnya diusir dari Surga. Tidakkah ini sudah terjadi
di waktu yang sangat lalu? Dan ada ayat di Lukas 10 :18 dimana Yesus berkata "Aku melihat Iblis jatuh
seperti kilat dari langit?. Bila ini dimasukkan dalam garis waktu linear
maka akan timbul pertanyaan, berapa kalikah Setan diusir dari Surga? Satu kali?
Dua kali? Tiga kali? Lebih? Apa yang terjadi? Bagaimana Setan terus-terusan
masuk ke Surga? Apakah tidak ada yang mengunci pintu belakang?
Buku Wahyu BUKANLAH cerita yang historis. Buku
ini menggunakan banyak bahasa simbolis seperti yang digunakan di puisi-puisi
daripada bahasa penceritaan historis yang kita lebih akrab. Ini tidak berarti
bahwa Buku Wahyu tidak menggambarkan peristiwa historis yang nyata. Tapi
peristiwa historis apa, peristiwa historis yang mana, dan kapan, sering sulit
untuk dimengerti. Seperti ketika kita harus mencari makna dari sebuah puisi,
dalam hal kitab suci, dan terutama Wahyu, kita harus mencari arti dari ayat2
tertentu. Dan untuk ayat2 tertentu, tidak peduli berapa kali kita mencari,
maksudnya masih saja belum jelas. Atau kita mungkin menemukan beberapa
tingkatan makna dari ayat2 yang sama.
Yang menjadi aturan disini adalah perbedaan
antara penafsiran literal dari
kitab suci dan penafsiran [b]literalis dari kitab suci. Katolik menafsirkan
Kitab Suci secara literal, yang aku maksudkan disni adalah, kita mencari makna
yang ingin disampaikan oleh penulis dari ayat tertentu. Fundamentalis, yang
banyak kalian tahu, dan juga para Evangelicals dan non-denominationalist mereka
menafsirkan kitab suci secara literalis.
Maksud ari literalis,
mereka melihat apa yang ada di halaman dan mengatakan, ?itulah yang dikatakan,
dan itulah yang dimaksud?.
Ingat literal Vs Literalis
Akan ditunjukkan contoh untuk membedakan
keduanya. Jika kamu mengambil buku dan membaca ?It was raining cats and dogs?
(maaf ini harus pake perkataan Inggris). Penafsiran literal, apa yang ingin
disampaikan penulis adalah saat itu hujan sangat deras. Penafsiran literalis,
kucing dan anjing berjatuhan dari angkasa seperti hujan. Itulah yang dikatakan,
dan itulah yang dimaksudkan. Sekarang, kita tahu apa yang dimaksud dengan
phrase ?raining cats and dogs?, tapi bagaimana orang yang membaca buku itu 2,000
tahun di masa depan? Apakah mereka akan menafsirkan frase itu dengan tepat?
Tidak bila mereka tidak mencari tahu dahulu kebudayaan kita sekarang, tentang
idiom kita, bahasa kita. Mereka harus mencari untuk mengerti makna yang benar
makna yang ingin disampaikan pengarang. Bila mereka hanya melihat kata di
halaman mereka akan mendapatkan kesulitan untuk mengerti buku tersebut. Ini
adalah kesulitan yang kita temui dalam menafsirkan SEMUA ayat di kitab suci,
tapi terutama dalam menginterpretasikan ayat seperti yang ditemukan di buku
Wahyu. Kita tidak bisa hanya melihat kata2 di halaman Alkitab. Kita harus
memperhatikan makna yang ingin disampaikan oleh penulis buku tersebut.
Dengan kata lain, untuk membaca ayat2 mengenai
pemerintahan 1,000 tahun Kristus dan mengartikannya sebagai pemerintahan 1,000
tahun Kristus dibumi, - setelah Anti-Kristus dikalahkan tapi sebelum Setan
dilepaskan supaya Setan memerangi para kudus,- dalam arti nyata, maka akan
timbul kesulitan. Terutama jika kita mempertimbangkan kitab suci secara
keseluruhan.
Sebagai contoh 1 Korintus 15:23-25:
Kristus sebagai buah sulung; sesudah itu
mereka yang menjadi milik-Nya pada waktu kedatangan-Nya. Kemudian tiba
kesudahannya, yaitu bilamana Ia menyerahkan Kerajaan kepada Allah Bapa, sesudah
Ia membinasakan segala pemerintahan, kekuasaan dan kekuatan. Karena Ia harus
memegang pemerintahan sebagai Raja sampai Allah meletakkan semua musuh-Nya di
bawah kaki-Nya.Musuh yang terakhir, yang dibinasakan ialah maut.
Paulus menyamakan kebangkitan orang mati,
orang yang mati yang dihidupkan dalam Kristus, dengan kalahnya musuh yang
terakhir, yaitu maut. Maut, musuh terakhir dikalahkan pada saat kebangkitan
orang mati, yang terjadi saat kedatangan Yesus, yaitu akhiran (The End). Disini
kita tidak bisa menempatkan rapture, dengan kebangkitan orang mati, sebelum
?Akhir? (the end). Pada saat orang dibangkitkan dari mati, maka musuh terakhir,
yaitu maut, dikalahkan. Dan ini langsung diikuti oleh pemerintahan Allah yang
abadi. BUKANNYA pemerintahan 1,000 tahun Allah. Kecuali, tentu saja,
pemerintahan Tuhan selama 1,000 tahun adalah simbolis akan pemerintahan abadi
dari Allah, dengan kata lain [yang dimaksud 1,000 tahun adalah] waktu yang
sangat lama.
Jadi apakah arti sesungguhnya dari
pemerintahan 1,000 tahun Kristus ini? Aku tidak tahu. Aku tidak berada disini
untuk memberitahu kalian tentang hal tersebut. TAPI, aku tahu dari 1 Yohanes
bahwa roh dari Anti-Kristus sudah lepas di Bumi. Dan aku tahu bahwa kerajaan
Yesus sudah ada di Bumi dalam bentuk GerejaNya, meskipun tidak dalam bentuk
yang sempurna. Dan Dia memerintah dalam hati dan pikiran sebagai Raja bagi
semua yang percaya kepadaNya. Di Gereja diminggu terakhir sebelum Advent tiap
tahun, kita merayakan pesta Kristus Raja. Dan aku juga tahu bahwa para kudus
disurga sudah memerintah bersama dengan Kristus di Surga. Aku tahu bahwa Setan
telah dilemparkan satu kali dan ditahan supaya tidak malang melintang, dan
telah dikalahkan oleh kematian Yesus di kayu salib. Mungkinkah ayat di Wahyu
bab 20, kalo dipikir-pikir, mengacu pada hal-hal yang telah disebut tadi?
Kebanyakan theologian Katolik dan Protestant
di masa depan dan di masa lalu, melihat buku Wahyu sebagai sejenis ulangan dari
semua peristiwa yang terjadi terhadap Gereja/jemaat, dari kebangkitan Kristus sampai
akhir dunia. Dan Wahyu mendiskripsikan juga beberapa peristiwa lain dengan gaya
bahasa yang sama. Ini adalah penjelasan yang sangat masuk akal bagi penafsiran
buku Wahyu.
Masih ada banyak ayat Alkitab yang aku bisa
bicarakan mengenai akhir dunia dan kedatangan Kristus. Apa yang harus kamu
lakukan bila kamu membaca ayat apapun adalah untuk menyadari kemiripannya.
Semua ayat tersebut berbicara mengenai akhir jaman, hari Tuhan. Dia akan
kembali satu kali lagi, hanya itu. Jika kamu ingin menempatkan rapture di
pemerintahan 1,000 tahun Kristus di Bumi di ayat2 ini kamu akan merusak satu
aatu lebih ayat lainnya. Dan inilah yang terjadi. Inilah sebab kita memiliki
begitu banyak variasi dari theologi rapture. Seseorang memulai dengan premis
akan rapture dan kemudian mereka mencoba mencocokkan Kitab Suci dengan premis
tersebut. Dan ketika mereka menemukan ayat di Alkitab yang tidak cocok, mereka
mengakalinya sampai cocok. Tapi hasil dari upaya itu adalah, timbulnya satu
lagi theologi rapture.
[Aku akan menjelaskan] dengan singkat, sejarah
dari theologi rapture. Sejumlah kecil dari Bapa Gereja benar2 menulis mengenai
pemerintahan 1,000 tahun di Bumi secara literal. Tapi, kerajaan Milenia ini
tidak diikuti oleh rapture dari para umat Kristus yang terjadi sebelum akhir
jaman. Dan, posisi ini tidak pernah diadopsi oleh Gereja. Dan ajaran mengenai
pemerintahan Kristus di Bumi selama 1,000 tahun telah ditolak pada akhir abad
ke 4. Ajaran tentang rapture sendiri mucnul disana sini di abad 18 dan abad 19
awal. Tapi baru mendapat pengaruh karena usaha dari seorang berkebangsaan
Inggris bernama John Darby. Dia mengkhotbahkan doktrin tentang rapture di
Inggris, USA dan Canada antara 1850-1870. Khotbah dia mempengaruhi ribuan
Protestant dari berbagai denominasi. Jadi kebanyakan ajaran rapture saat ini
bisa dilacak kembali ke 150 tahun yang lalu.
Sebagai ringkasan, ingatlah, bila kamu
dihadapkan pada berbagai variasi dari theologi rapture, gunakan Yohanes 6:54
dan 1 Tesalonika 4:16. Lalu berikan penjelasan konstektual yang benar dari ayat
mengenai?satu dibawa satu ditinggal? dari Matius dan Lukas. Tunjukkan argumen
yang kita bicarakan disini. Dan paling tidak kamu akan membuat beberapa orang
berhenti dan berpikir. Dan itulah yang ingin kamu lakukan. Karena theologi
rapture, terutama yang telah ditunjukkan dalam seri buku Left Behind. Tidaklah
dapat dipertahankan secara logis, idak dapat dipertahankan secara Alkitabiah
dan tidak dapat dipertahankan secara historis. Terima Kasih
Ini bagi yang mau
download dulu kemudian dengar (bisa di download) Tapi ingat kalo download-an ini ada ijinnya
copyrightnya. Jangan diperdagangkan.
PS
Tidak ada komentar:
Posting Komentar