Mengasihi Sesama

Mengasihi Sesama
Ibu Theresa dari Calcuta

Minggu, 27 Agustus 2023

SERI 7 : APAKAH BENAR ARTI PENUH RAHMAT ?

Bertentangan dengan Kecharitomene


Menanggapi implikasi yang jelas dari Lukas 1:28, beberapa orang menunjukkan bahwa dalam Kisah Para Rasul 6:8, Stefanus disebut sebagai "penuh dengan kasih karunia dan kuasa."

Kisah Para Rasul 6:8 Dan Stefanus, yang penuh dengan kasih karunia dan kuasa, mengadakan banyak mujizat dan tanda ajaib di antara orang banyak.

Apakah itu berarti dia juga tidak berdosa? Jawabannya adalah, "Tidak." Sebenarnya ada banyak perbedaan di antara kedua ayat ini yang sangat mempengaruhi maknanya.

Perbedaan yang paling jelas adalah dalam bahasa Yunani. Dalam Lukas 1:28, "penuh kasih karunia" adalah terjemahan dari kecharitomene, yang, seperti yang telah kita lihat, adalah bentuk pasif sempurna dari charitoo, dalam bentuk kata kerja. Namun, dalam Kisah Para Rasul 6:8, bahasa Yunani yang mendasarinya adalah plerescharitos (atau dalam beberapa naskah, pleres pisteos, yang menunjukkan iman, bukan kasih karunia). Ketika bahasa Yunaninya berbeda, maka maknanya pun biasanya berbeda.

Dalam Lukas 1:28, Maria sedang ditindaklanjuti oleh Allah. Tindakan ini terjadi di masa lalu dengan hasil yang terus berlanjut hingga saat ini. Kepenuhan dan kesempurnaan tersirat dalam kata kerja, dan kata kerja ini digunakan sebagai nama Maria. Dalam Kisah Para Rasul 6:8, Stefanus tidak disebut "penuh dengan kasih karunia" sebagai namanya. Sebaliknya, frasa ini hanya menggambarkan sesuatu yang terjadi di masa lalu dengan hasil yang telah diselesaikan di masa lalu. Kasih karunia yang terus menerus atau abadi tidak tersirat dalam kata kerja tersebut. Ia dipenuhi dengan kasih karunia pada saat itu dan hanya selama Ia melakukan mukjizat-mukjizat dan tanda-tanda ajaib di antara orang-orang. Implikasi dari bahasa Yunani sama sekali tidak sama. Dan, seperti yang telah di katakan sebelumnya, terjemahan-terjemahan yang lebih tua (lih. KJV, PB Wesley, Alkitab Jenewa, Alkitab Uskup) dan bahkan beberapa Alkitab modern (Alkitab Milenium Ketiga, YLT, Webster) memiliki kata "penuh dengan iman dan kuasa", dalam hal ini sebenarnya tidak ada paralelnya sama sekali.

Ayat lain yang dikutip oleh kaum Protestan sebagai paralel dari Lukas 1:28 adalah Efesus 1:6:

Ef 1:6 untuk memuji kasih karunia-Nya yang mulia, yang dengan cuma-cuma dilimpahkan-Nya kepada kita di dalam Dia yang terkasih.

KJV, yang mengatakan, "di mana Ia telah membuat kita diterima," dan DRB, yang mengatakan, "di mana Ia telah menganugerahi kita," mungkin memberi kita pemahaman yang lebih baik tentang bahasa Yunani yang mendasarinya daripada terjemahan-terjemahan modern. Kata yang digunakan di sini adalah echaritosen. Meskipun kata ini memiliki kata dasar yang sama (charitoo) dengan kecharitomene, namun karena infleksinya berbeda, maka maknanya pun berbeda.

Echaritosen berada dalam bentuk aorist, aktif, dan indikatif. Kata ini tidak menunjukkan kepenuhan (seperti halnya kecharitomene) karena tidak dalam bentuk perfect tense. Melihat konteksnya juga menghalangi makna seperti itu:

Ef 1:3-6 Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, yang telah mengaruniakan kepada kita di dalam Kristus segala berkat rohani yang ada di dalam sorga, 4 sebagaimana Ia telah memilih kita di dalam Dia sebelum dunia dijadikan, supaya kita kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya. 5 Di dalam kasih Ia telah menentukan kita di dalam Yesus Kristus untuk menjadi anak-anak-Nya, sesuai dengan rencana dan maksud kehendak-Nya, 6 untuk memuji kasih karunia-Nya yang mulia, yang dilimpahkan-Nya dengan cuma-cuma kepada kita di dalam Dia, Sang Kekasih.

Perhatikan bahwa Paulus menyebutkan "kasih karunia yang dengan cuma-cuma dianugerahkan Allah kepada kita" (ay. 6) dalam pembahasannya tentang "berbagai macam berkat rohani" (ay. 3) yang Ia anugerahkan kepada kita. Dengan kata lain, orang percaya menerima banyak kasih karunia yang berbeda di sepanjang hidup mereka, dan kasih karunia-kasih karunia ini memiliki ukuran yang berbeda, seperti yang ditunjukkan oleh ayat-ayat lain:

Rm. 5:20 Hukum Taurat datang untuk menambah pelanggaran, tetapi di mana dosa bertambah banyak, di situ kasih karunia makin bertambah,

Ef 4:7 Tetapi kepada kita masing-masing telah dianugerahkan kasih karunia menurut ukuran pemberian Kristus.

Yak. 4:6 Tetapi Ia memberikan kasih karunia yang lebih besar lagi, sebab itu dikatakan: "Allah menentang orang yang congkak, tetapi memberikan kasih karunia kepada orang yang rendah hati."

2 Pet 3:18 Tetapi bertumbuhlah dalam kasih karunia dan pengetahuan akan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus. Bagi Dialah kemuliaan, sekarang dan sampai selama-lamanya. Amin.

Maka, kasih karunia yang "dianugerahkan secara cuma-cuma" dalam Efesus 1:6 tidak mungkin dapat dianggap setara dengan "kepenuhan kasih karunia" yang diberikan kepada Maria. Luk. 1:28 merujuk kepada satu karunia anugerah kepenuhan kasih karunia di dalam kehidupan seseorang. Ef. 1:6 merujuk kepada beberapa ukuran kasih karunia yang diberikan kepada orang-orang percaya selama masa hidup mereka, dan dibagikan kepada setiap orang secara individu sesuai dengan kehendak Roh Kudus (bdk. 1 Kor. 12:11). Ini merujuk kepada sekelompok besar orang, dengan karunia-karunia yang berbeda dan berbagai tingkat anugerah yang diberikan. Karena setiap karunia diberikan kepada setiap orang percaya dengan takaran yang berbeda, maka karunia tersebut tidak menghasilkan kepenuhan seperti halnya satu karunia yang diberikan kepada Maria.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar