Penggunaan kata
ܓܒܪܐ dalam Pemikiran Aram Klasik dan
Kontemporer
Dalam
artikel ini upaya dilakukan untuk menyoroti kata 0rbg dalam kaitannya
dengan beragam penggunaan istilah dalam bahasa Aram Klasik dan Kontemporer,
dengan perhatian khusus diberikan pada efek pemahaman tradisional
tentang garis keturunan Kristus seperti yang tercatat dalam Injil. Sungguh spektakuler
!!!
PENDAHULUAN
Hampir sejak pertama
kali ditulis, sejarawan dan teolog sama-sama telah berusaha untuk mendamaikan
perbedaan antara catatan silsilah Yesus seperti yang dicatat oleh Matius dan
Lukas.
Pemahaman Tradisional
tentang Catatan Silsilah Matius :
Urutan 1 |
Urutan 2 |
Urutan 3 |
1.
Abraham |
1.
Solomon |
1.
Salathiel |
2.
Isaac |
2.
Roboam |
2.
Zerubabel |
3.
Jacob |
3.
Abia |
3.
Abiud |
4.
Judas |
4.
Asa |
4.
Eliachim |
5.
Phares |
5.
Josaphat |
5.
Azor |
6.
Esron |
6.
Joram |
6.
Sadoe |
7.
Aram |
7.
Ozias |
7.
Achim |
8.
Aminadab |
8.
Joatham |
8.
Eliud |
9.
Naasson |
9.
Achaz |
9.
Eleazar |
10.
Salmon |
10.
Ezechias |
10.
Mathan |
11.
Booz |
11.
Manasses |
11.
Jacob |
12.
Obed |
12.
Amon |
12. Joseph (husband of Mary) |
13.
Jesse |
13.
Josias |
13. Jesus |
14.
David |
14.
Jechonias |
|
Pemahaman Tradisional tentang Silsilah
dalam Lukas:
First Series |
Second Series |
Third Series |
1.
Abraham |
1.
Nathan |
1.
Salathiel |
2.
Isaac |
2.
Methatha |
2.
Zerubabel |
3.
Jacob |
3.
Menna |
3.
Reza |
4.
Judas |
4.
Melea |
4.
Joanna |
5.
Phares |
5.
Eliakim |
5.
Juda |
6.
Esron |
6.
Jona |
6.
Joseph |
7.
Aram |
7.
Joseph |
7.
Semei |
8.
Aminadab |
8.
Judas |
8.
Mathathias |
9.
Naasson |
9.
Simeon |
9.
Mathath |
10.
Salmon |
10.
Levi |
10.
Nagge |
11.
Booz |
11.
Mathat |
11.
Hesli |
12.
Obed |
12.
Jorim |
12.
Nahum |
13.
Jesse |
13.
Eleazar |
13.
Amos |
14.
David |
14.
Joshua |
14.
Mathathias |
|
15.
Her |
15.
Joseph |
|
16.
Helmadan |
16.
Janne |
|
17.
Cosan |
17.
Melchi |
|
18.
Addi |
18.
Levi |
|
19.
Melchi |
19.
Mathat |
|
20.
Neri |
20.
Heli |
|
|
21. Joseph (husband of Mary) |
|
|
22. Jesus |
Para bapa Gereja, baik
Agustinus dan Ambrose di Barat, atau Eshoa-Dad dari Merv dan Bar-Hebreaus di
Timur, sama-sama berjuang untuk menjelaskan dengan cara yang memuaskan
kontradiksi dan pertanyaan yang diajukan oleh pembacaan sederhana teks-teks
ini. Tak satu pun yang berhasil menunjukkan kesimpulan mereka, dalam menjawab banyak
pertanyaan yang diajukan oleh kesimpulan mereka sendiri, atau bahkan setuju
satu sama lain.
Malahan dalam
pemikiran sekuler pasca-modern, upaya telah dilakukan untuk mendiskreditkan
kisah-kisah atas para penulis Injil, mereka membuat klaim yang berlebihan untuk
menetapkan garis keturunan yang tidak tidak tertulis untuk silsilah Kristus.
Pada kenyataannya, ada
banyak problem yang diangkat oleh pembacaan teks-teks ini secara sederhana -
terutama dalam batas-batas kerangka kerja yang diterima secara akademis saat ini, bahwa Injil Matius dan Lukas pertama
kali ditulis dalam bahasa Yunani.
Hanya ketika kita
merujuk pada tradisi Aram, ke dalam jiwa Aram, akhirnya kita dapat menjawab
pertanyaan-pertanyaan membingungkan yang diajukan oleh pembacaan teks yang
sederhana:
· Mengapa hanya ada daftar 13
generasi yang terdaftar dari Penawanan Babel kepada Yesus, dalam kisah Matius?
Bukankah Matius mengatakan harus ada 14 generasi?
· Mengapa Lukas mencantumkan 20
generasi di seri kedua, dan 22 di seri ketiga?
Jika ini adalah nama Yusuf yang sama, bukankah harusnya ada 14 generasi
dalam seri kedua dan ketiga Injil ini ?
· Mengapa garis keturunan
Yusuf, suami Maria, sangat berbeda dalam kedua kisah itu?
· Bagaimana mungkin Yesus disebut
Anak Daud, jika Maria bukan keturunan Daud?
· Jika St. Matius dan St. Lukas
memberikan silsilah St. Joseph, yang satu melalui garis keturunan Salomo, yang
lain melalui garis keturunan Nathan - bagaimana garis-garis itu bisa bertemu
dalam Joseph? Bagaimana Yusuf dapat
mengklaim keturunan dari Raja Daud, baik melalui Natan maupun Salomo?
Seperti kebanyakan
masalah yang tampak kompleks di permukaan, yang satu ini memiliki jawaban yang
sangat sederhana. Jawabannya terletak dalam bahasa Aram, asal Injil Matius, menurut
versi Peshitta.
LATAR BELAKANG DARI KATA ܓܒܪܐ
ܓܒܪܐ (diucapkan Gaw-ra) adalah kata benda dalam posisi mantap/tegas/empatik, yang berasal dari kata kerja Semit kuno ܓܒܪ (diucapkan Ga-bar) - yang berarti "Menjadi kuat, berani, jantan, berani." Istilah ini dibuktikan dengan baik dalam bahasa Semit utama lainnya - ܓܒܪ (diucapkan Gaw-bar) dalam bahasa Ibrani dan Ja-br dalam bahasa Arab. Arti umum dari kata benda Empatik ܓܒܪܐ adalah "Manusia/pria."
Seperti yang digunakan
dalam Matius 1:16, kata itu adalah ܓܒܪܗ yang merupakan bentuk
Pronominal Posesif dari ܓܒܪܐ , yang berarti "'Gab-ra'-nya/wanita.”
Penggunaan Kontekstual ܓܒܪܐ dalam Perjanjian Baru
Bahasa Aram
Meskipun penggunaan
utama kata ܓܒܪܐ
artinya 'pria' dalam arti umum, kata ini juga
dapat berarti
'suami' tergantung
pada konteksnya.
Mengapa kadang-kadang
makna umum 'pria' meningkat dalam kekhususan,
tergantung pada konteksnya, agar dapat berarti 'suami?' Tidak ada alasan lebih
dari mengatakan - 'Sekarang saya katakan kalian, pria dan istri" yang
dapat dikatakan "Saya
sekarang mengucapkan kalian adalah suami dan istri." Itu Karena seorang suami adalah tipe 'pria' yang lebih 'spesifik', persamaan terminologi ini cukup dapat
diterima, bahkan dalam bahasa Inggris.
Pertanyaan yg timbul -
dapatkah kata itu, saat digunakan dalam konteks yang tepat, juga berarti 'Ayah?'
Ya dapat ditunjukkan
dalam Injil bahwa ketiga ragam makna, bisa dibuktikan - tergantung pada
konteksnya.
Ayat-ayat dalam Injil
di mana ܓܒܪܐ digunakan dalam arti umum 'pria', meskipun hanya sebagian ayat, al :
· Mat 7:24
· Mat 7:26
· Mat 8:9
· Mat 9:9
Silakan lihat Concordance at www.peshitta.org untuk daftar yang lebih lengkap bagi kata ini.
Beberapa contoh varian
kontekstual dalam arti 'suami'
a.l :
· Mat 19:5
· Mat 19:10
· Mark 10:2
· 1 Kor 7:14
· 1 Kor 7:16
· 2 Kor 11:2
· Ef 5:23.
Terkhir, varian
kontekstual dengan arti 'ayah'
dapat dibaca di:
· Mat 7:9
· Mat 21:28
· Mat 22:2
· dan, juga yang di diskusikan di atas, Mat 1:16.
Karena pokok bahasan
dari tesis ini mencoba untuk mendamaikan dua kisah tentang garis keturunan
Yesus, mari kita lihat lebih dekat Matius 1:16, dan sebuah ayat terkait -
Matius 1:19, dalam bahasa Aram Peshitta.
MAT 1:16 & 1:19
Yang terbaca dalam bahasa Aram versi
Peshitta sbb:
ܝܥܩܘܒ ܐܘܠܕ ܠܝܘܣܦ ܓܒܪܗ ܕܡܪܝܡ
Ayat itu berbunyi:
"Yakub ayah Yoseph, ܓܒܪܗ (ayah-nya) Maryam."
Kata yang digunakan di sini, di ayat 16, adalah ܓܒܪܐ dengan akhiran posesif pronominal feminin orang ke-3 dari ܗ
(yaitu, 'Gaw-ra-nya/Maryam.')
Kata di bawah ini,
secara tradisional diterjemahkan 'suami', namun, istilah Semit utama untuk 'Suami', adalah ܒܥܠܐ ("Ba'la", atau, ܒܥܠܗ
untuk 'Suaminya’.) Contoh kata ini dapat
ditemukan di:
· Mat 1:19
· Mark 10:12
· Luk 2:36
· Yoh 4:16-18
· Rom 7:2-3
· 1 Kor 7:4, 7:10, 7:13, 7:16, 7:39
· Ef 5:33
· 1 Tim 3:2
· Titus 1:6.
Mengapa Matius
menggunakan dua istilah yang berbeda, dalam lingkup tulisan yang begitu singkat
(3 ayat - 1:16 hingga 1:19), untuk merujuk pada 'suami' Maryam, Yoseph?
Faktanya adalah, ia
harus membedakan antara dua orang yang berbeda bernama Yusuf - Matius sama
sekali tidak merujuk pada suami Maria di ayat 16, melainkan ayahnya!
Tergantung pada
konteksnya, telah ditunjukkan bahwa ܓܒܪܐ dapat berarti 'pria, suami atau ayah.' Penggunaan dalam ayat 16 akan menuntut agar
kita menerjemahkan ܓܒܪܐ sebagai 'ayah', bukan 'suami', karena konteksnya adalah silsilah. Ayat 18 &19, bagaimanapun, akan menuntut
agar kita mengasosiasikan Yusuf itu dengan 'suaminya', karena konteksnya adalah
pernikahan.
Matius, kemudian, mencatat
silsilah Maria, sedangkan Lukas mencatat silsilah Yusuf. Yang akan persis berlawanan
dengan garis akademis yang diterima saat ini - bahwa Lukas mencatat garis keturunan
Maria sementara Matius mencatat garis keturunan Yusuf.
Itu akan memberi kita
14 generasi dalam seri ketiga Matius.
Ini juga akan menjelaskan mengapa Lukas memiliki 20 generasi di seri
ke-2 dan 22 generasi di seri ke-3 - yaitu, garis keturunan Joseph tidak pecah
dengan bersih dalam pengelompokan 14 generasi, kecuali untuk seri pertama. Karena Matius memberikan garis keturunan Maria,
hanya garis keturunannya yang diperlukan untuk keluar secara merata dalam
pengelompokan 14 generasi. Itu juga akan
menjelaskan mengapa nama-nama itu sama sekali berbeda dalam seri ke-2 dan ke-3
antara kisah-kisah dalam Matius dan dalam Lukas. Ini juga menunjukkan bahwa baik Maria dan
Yusuf adalah keturunan Raja Daud - masing-masing melalui garis yang terpisah!
Pertanyaan yang valid
adalah - 'Bukankah itu fakta bahwa garis keturunan umumnya mengecualikan
perempuan?'
Jawabannya, secara
umum, adalah ya. Namun, masalahnya
adalah Maria adalah satu-satunya orang tua manusia sejati yang Yesus dimiliki. Yesus adalah satu-satunya orang dalam sejarah
yang tidak memiliki ayah manusia - yang generasi sebelumnya hanya mencakup satu
orang. Jadi untuk menghitung 14 generasi
- Maria harus dimasukkan, meskipun itu akan memperkenalkan seorang wanita dalam
garis keturunan. Untuk menunjukkan bahwa
Yesus adalah Anak Daud, Maria harus ditunjukkan turun dari rumah Daud!
Berikut adalah
pandangan yang direvisi dari Catatan Silsilah, menurut pemahaman yang lebih
tepat tentang Matius dalam Bahasa Aram:
First Series |
Second Series |
Third Series |
1.
Abraham |
1.
Solomon |
1.
Salathiel |
2.
Isaac |
2.
Roboam |
2.
Zerubabel |
3.
Jacob |
3.
Abia |
3.
Abiud |
4.
Judas |
4.
Asa |
4.
Eliachim |
5.
Phares |
5.
Josaphat |
5.
Azor |
6.
Esron |
6.
Joram |
6.
Sadoe |
7.
Aram |
7.
Ozias |
7.
Achim |
8.
Aminadab |
8.
Joatham |
8.
Eliud |
9.
Naasson |
9.
Achaz |
9.
Eleazar |
10.
Salmon |
10.
Ezechias |
10.
Mathan |
11.
Booz |
11.
Manasses |
11.
Jacob |
12.
Obed |
12.
Amon |
12. Joseph (father of Mary) |
13.
Jesse |
13.
Josias |
13. Mary |
14.
David |
14.
Jechonias |
14. Jesus |
KESALAHAN TERJEMAHAN YUNANI
Karena kita tahu dari
tulisan Patristik bahwa Matius menulis Injilnya dalam 'Dialek Ibrani' bahasa
Aram (bahasa Aram Yudea), dan bahwa "semua orang" menerjemahkannya ke
dalam bahasa Yunani "sebaik mungkin" - maka orang Yunani salah
menerjemahkan istilah ini sebagai 'suami', alih-alih varian kontekstual yang
lebih tepat, 'ayah.'
Dalam bahasa Yunani,
kata-kata untuk 'suami', ajnhvr (Aner), dan 'ayah' pathvr (Pater) sama sekali berbeda.
Tidak mungkin bagi penerjemah bahasa Aram dari dokumen Yunani untuk
membingungkan keduanya - tetapi sangat mudah bagi penerjemah bahasa Yunani asli
Aram untuk salah mengira varians kontekstual dalam satu istilah ܓܒܪܐ
Bahasa SyRiac Kuno
Kerangka kerja modern
yang diterima secara akademis, Peshitta adalah revisi dari Suriah Lama - yang,
pada gilirannya, adalah terjemahan dari bahasa Yunani.
Karena telah ditunjukkan,
bahwa para Bapa Gereja mengakui bahwa Matius menulis dalam bahasa Aram, dan
versi Yunani tidak lebih dari terjemahan - orang tentu bertanya-tanya,
bagaimana "Suriah Kuno", dan khususnya, naskah Cureton dibaca?
Sekali lagi, Suriah
Lama menunjukkan dirinya sebagai ‘hasil’ dan terjemahan langsung dari bahasa
Yunani. Untuk Matius 1:16, bunyinya:
ܝܘܣܦ ܕܡܟܝܪܐ ܗܘܬ ܠܗ
Dalam bahasa Inggris -
"Joseph,
kepada siapa dia bertunangan"
Tidak mengherankan, ia
tertangkap tangan merah karena juga melestarikan pembacaan Peshitta asli ܒܥܠܗ
di ayat 19!
Peshitta adalah
satu-satunya versi Aram yang mempertahankan bacaan aslinya. Versi Yunani
didasarkan pada Peshitta, dan "Suriah Kuno" adalah penipu yang
diterjemahkan dari bahasa Yunani - SETELAH kesalahan terjemahan telah merayap ke dalam terjemahan Yunani.
NASKAH IBRANI ABAD PERTENGAHAN
Dr. James Trimm, dari
Society for the Advancement of Nazarene Judaism, telah memakai tiga manuskrip
abad pertengahan Matius dalam bahasa Ibrani, yang dikenal sebagai versi Shem
Tob (1300-an), DuTillet dan Munster.
Mengenai usia saksi
naskah paling awal untuk versi-versi Matius ini, dan kesamaannya, Dr. Trimm
menyatakan:
"... satu
muncul di tahun 1300-an dan dua lainnya di tahun 1500-an.
Shem Tob
(1300-an) paling berbeda, sedangkan DuTillet dan Munster sangat mirip. Namun
ada banyak bacaan di mana mereka semua sepakat bersama melawan semua versi lain
(seperti dalam Mt. 1:1). Shem Tob
memiliki banyak lapisan korupsi yang menunjukkan perbedaan substansialnya.
I believe they originate from the
original Hebrew of Matthew. All
three came out of the Jewish community."
(post on the www.peshitta.org discussion
forum, dated July 14, 2001.)
Tetapi, menurut ketiga
versi abad pertengahan dari Matius Ibrani, silsilah Yesus, adalah sebagai
berikut:
First Series |
Second Series |
Third Series |
1.
Abraham |
1.
Solomon |
1.
Salathiel |
2.
Isaac |
2.
Roboam |
2.
Zerubabel |
3.
Jacob |
3.
Abia |
3.
Abiud |
4.
Judas |
4.
Asa |
4. Avner |
5.
Phares |
5.
Josaphat |
5.
Eliachim |
6.
Esron |
6.
Joram |
6.
Azor |
7.
Aram |
7.
Ozias |
7.
Sadoe |
8.
Aminadab |
8.
Joatham |
8.
Achim |
9.
Naasson |
9.
Achaz |
9.
Eliud |
10.
Salmon |
10.
Ezechias |
10.
Eleazar |
11.
Booz |
11.
Manasses |
11.
Mathan |
12.
Obed |
12.
Amon |
12.
Jacob |
13.
Jesse |
13.
Josias |
13. Joseph (husband of Mary) |
14.
David |
14.
Jechonias |
14.
Jesus |
Versi Ibrani dari
Matius ini menunjukkan diri mereka sebagai penipuan dan terjemahan abad
pertengahan belaka dari manuskrip Yunani dan Latin karena, seperti
sumber-sumber mereka, mereka membuat klaim bahwa Yusuf yang disebutkan dalam
seri ketiga adalah 'suami' Maryam.
Kedua, untuk menebus
generasi ke-14 yang jelas kurang di seri ketiga, mereka membuat nama baru
(Avner) dan memasukkannya di antara Abiud dan Eliachim.
Ketiga, solusi ini
dangkal karena tampaknya hanya menyelesaikan satu masalah mengenai 14
generasi. Tetapi bagaimana dengan semua
perbedaan antara nama-nama dalam Matius dan Lukas? Dan jumlah generasi dalam seri ke-2 dan ke-3
Lukas? Atau, masalah putra Daud Yusuf yang seharusnya menjadi keturunan?
Saya percaya itu
dapat ditunjukkan dengan ini, dan contoh-contoh lain, bahwa Matius Ibrani tidak
pernah ada - bahwa dalam bahasa Aram Matius menulis Injilnya, dan bahwa dengan
'dialek Ibrani' bahasa Aram Yudea dimaksudkan.
Apakah sejarah dan
tradisi dapat menceritakan kepada kita tentang bahasa asli Matius
- apakah itu bahasa
Aram atau Ibrani?
Akhli bahasa Aram
telah menganalisis dengan cermat topik ini, dan telah membedakan berbagai
dialek Aram di Palestina kontemporer Yesus seperti yang disaksikan oleh
prasasti yang ditemukan.
Berdasarkan data ini,
mereka dapat membedakan tujuh dialek yang dibagikan oleh tujuh daerah berbeda
di wilayah kecil ini:
- Aramaic of Judea.
- Aramaic of Southern Judea.
- Aramaic of Samaria.
- Aramaic of Galilee.
- Aramaic from beyond Jordan.
- Aramaic from Damascus.
- Aramaic spoken in the Orontes River Basin of Syria.
Bahasa Aram di Yudea
disebut 'dialek Ibrani.' Itu berbeda,
namun dapat saling dipahami dengan, bahasa Aram di Galilea (dialek yang Yesus
ucapkan.) Inilah salah satu alasan
mengapa "ucapan" (dialek) Petrus (Keepa) terdeteksi selama
persidangan, yang kebetulan berada di Yudea.
Petrus berbicara bahasa Aram Galilea, sedangkan penduduk Yudea berbicara
dengan dialek yang sedikit berbeda. Bagi
penduduk Yudea inilah Matius menulis Injilnya.
Papias mengatakan
bahwa Matius menulis Logia dalam bahasa Ibrani (Hebraidi); St Irenæus dan
Eusebius menyatakan bahwa ia menulis Injilnya untuk orang Ibrani dalam bahasa
nasional mereka, dan pernyataan yang sama ditemukan dalam beberapa saksi kuno. Tetapi, pada zaman Kristus, bahasa nasional
orang Yahudi adalah bahasa Aram, dan ketika, dalam Perjanjian Baru, disebutkan
bahasa Ibrani (Hebrais dialektos), bahasa Aramlah yang dimaksud.
Oleh karena itu,
Bapa Gereja yang disebutkan di atas mungkin telah menyinggung bahasa
Aram dialek Yudea dan
bukan bahasa Ibrani. Selain itu, seperti yang mereka tegaskan, Rasul Matius
menulis Injilnya untuk membantu pengajaran populer dan penginjilan. Untuk
dipahami oleh para pembacanya yang berbicara bahasa Aram, ia harus mereproduksi
katekese asli dalam bahasa ini, dan tidak dapat dibayangkan mengapa, atau untuk
siapa, ia seharusnya bersusah payah untuk menulisnya dalam bahasa Ibrani,
padahal itu harus diterjemahkan setelah itu ke dalam bahasa Aram untuk
digunakan oleh orang-orang biasa - yang tidak lagi mengerti bahasa lama..
Selain itu, Eusebius (Hist. eccl., III, xxiv, 6) memberi tahu kita bahwa Injil
Matius adalah reproduksi khotbahnya, dan ini kita tahu, ada dalam bahasa Aram.
Bahkan jika Matius
mencatat khotbah Yesus (yang dalam bahasa Aram) dalam bahasa Ibrani (asumsi
konyol) - maka bahasa Ibrani lah yang diadopsi Bahasa Yunani, jadi bahasa
Yunani merupakan informasi tangan kedua.
PENGGUNAAN NEO-ARAMAIC DARI KATA ܓܒܪܐ
Istilah ܓܒܪܐ
masih digunakan sampai sekarang dalam literatur modern. Namun, seperti dalam
semua bahasa, terkadang cara sebuah kata dieja berubah seiring waktu. Misalnya,
kita tidak lagi mengeja 'shop' seperti yang dieja berabad-abad yang lalu -
'Shoppe.' Wajarlah, varians sederhana
dalam ejaan dapat muncul.
Di Timur Modern, atau
neo-Aram, kata ܓܒܪܐ masih bisa dieja dengan cara yang sama,
meskipun varian menggunakan ejaan ܓܘܪܐ. dibuktikan. Kadang-kadang
Beth ܒ
dieja dengan Waw ܘ dalam bahasa Aram Timur, sesuai dengan
aturan vokalisasi Qushaya dan Rukakha (c.f., Tata Bahasa Yukhanan Bar-Zubi,
Abad ke-13 atau www.assyrianlanguage.com di bawah 'Aturan untuk Aspirasi')
Dengan menggunakan Oraham's Dictionary of the Assyrian Language, kita dapat melihat kesaksian langsung bahwa ܓܒܪܐ berarti 'pria' dan 'suami.'
Dan, bahwa varian baru
dalam ejaan dibuktikan oleh kamus ini:
Menurut Konkordansi
Way International untuk Peshitta, istilah itu bisa berarti 'pria' atau 'suami.'
Dalam sebuah buku
berjudul 'Dishna d'Saybuthi, yang ditunjukkan di bawah ini, kita melihat sebuah
cerita pendek yang menggunakan varian baru yang berarti 'orang tua dari sebuah rumah
tangga:'
Dalam pemindaian di
atas, konteks cerita pendek adalah deskripsi liburan orang Asyur di pegunungan
Hakkari yang dirayakan selama "Khad b'Nisan" (1 dari Nisan (April),
yang merupakan Tahun Baru Asyur.)
Judulnya adalah -
"Festival/Perayaan Kedua Nisan Pertama." Selama "Festival"
ini, yang bertepatan dengan "hujan pertama" di musim semi, ceritanya
menyatakan bahwa "semua ܒܢܝ ܒܝܬܐ (penghuni rumah / seluruh houshold), baik ܓܘܪܐ ܘܙܥܘܪܐ (tua dan muda), berangkat dari
rumah dan membiarkan hujan turun ke atas mereka, dan basah kuyup - mereka akan
mulai bernyanyi- 'Tetesan Nisan, tetes
Nisan ..... semoga Nisan diberkati!"
Artikel ini
membuktikan bahwa istilah ܓܘܪܐ dapat berarti 'penatua rumah tangga', karena menyebutkan mereka di
samping 0rw9z,
"muda." Makna ini, "penatua rumah tangga", tidak dibuktikan dalam
kamus yang dirujuk di atas - sama seperti makna "ayah" tidak
dibuktikan.
Terakhir, contoh yang paling kuat - dalam Kinnara d'Rookha (Harpa of the Spirit), triwulanan yang diterbitkan oleh Keuskupan Agung Gereja Timur di Baghdad, Irak, Vol. 1 No3, 1999, dongeng berikut ditulis:
Pemindaian di atas
berisi Fabel yang disebut "Dongeng Singa, Rubah, dan Putra
Pedagang." Judul, bagian terpenting
dari contoh ini, berisi pengantar berikut, yang, ketika diterjemahkan, berarti:
ܐܡܪܝܢ - ‘it is said’ 'dikatakan'
ܕܓܒܪܐ - ‘that a father’ 'itu seorang ayah'
ܐܢܫ - ‘a man’ 'seorang pria'
ܬܓܪܐ -‘who is a
merchant’ 'siapa
pedagang'
ܫܕܪ - ‘sent’ 'Terkirim'
ܠܒܪܗ - ‘his son’ 'anaknya'
ܒܬܐܓܘܪܬܐ - ‘to go trade’ 'untuk pergi berdagang'
This example is extraordinary in that
it demonstrates the contextual usage of ܓܒܪܐ in a sense that can only mean ‘father.’
It cannot be translated as ‘man’, since, the word following immediately
after it is ܐܢܫ - ‘a man’ (yet another Aramaic term that means
‘man’). So to translate ܓܒܪܐ as 'man' here would make it
redundant withܐܢܫ. Contoh ini luar biasa karena
menunjukkan penggunaan kontekstual 0rbg dalam arti yang hanya bisa
berarti 'ayah.' Itu tidak dapat diterjemahkan sebagai 'pria', karena, kata berikut segera setelah itu
adalah ܐܢܫ
- 'seorang pria' (istilah Aram lain yang berarti
'pria'). Jadi untuk menerjemahkan ܓܒܪܐ
sebagai 'pria' di sini akan membuatnya
mubazir dengan ܐܢܫ.
Saya juga menyoroti,
kemudian dalam cerpen, di mana anak itu disebut ܒܪ ܬܪܓܐ "Bar-Tagara",
atau "anak pedagang." Selain
itu, artikel ini juga menggunakan kata ܐܒܘܗܝ - "ayahnya."
Jadi contoh ini membuat kasus yang sangat jelas untuk menerjemahkan ܓܒܪܐ
sebagai "ayah", jika diambil dari
konteks yang tepat.
PENDAPAT PARA PAKAR
Ketika saya mulai
meneliti topik ini, saya ingin memeriksa tesis dengan sejumlah profesor yang bekerja
di bidang BAHASA Suriah / Aram, di beberapa universitas paling bergengsi di
dunia. Karena saya tidak (belum)
memiliki izin untuk mengutip nama mereka, saya hanya akan merangkum tanggapan
mereka untuk memberi Anda gambaran tentang berbagai pendapat tentang topik ini.
Menanggapi pertanyaan,
'Pernahkah Anda melihat contoh di mana ܓܒܪܐ dapat diterjemahkan sebagai
'ayah' atau 'kepala rumah tangga' dalam bahasa Inggris?'
Mereka menulis:
"Dear Paul: Thanks for the
question..... it doesn't seem to be in any of the major Syriac lexicons (I
checked Thomas Odo, Qardahi, Manna, Bar-Bahloul, Payne Smith, Brockelmann,
Brun, and Costaz! Nor is it in the two dictionaries I have to hand of Turoyo
[Ritter] and Sureth [Maclean]). "Dear Paul: Terima kasih atas pertanyaannya .....
tampaknya tidak ada dalam leksikon utama Suriah (saya memeriksa Thomas Odo,
Qardahi, Manna, Bar-Bahloul, Payne Smith, Brockelmann, Brun, dan Costaz! Juga
tidak ada dalam dua kamus yang harus saya serahkan kepada Turoyo [Ritter] dan
Sureth [Maclean]).
As in many languages, I am sure there must be places in Syriac
literature where gabra / gabro could be understood to mean
something more inclusive than just man/ husband, and where it may have the
sense you are looking for. (After all, the New
Testament passages Ephesians 5.23 and 1 Cor 11.3 get you pretty close to this.) Seperti
dalam banyak bahasa, saya yakin pasti ada tempat dalam literatur Suriah di mana
gabra / gabro dapat dipahami berarti sesuatu yang lebih inklusif daripada hanya
pria / suami, dan di mana itu mungkin memiliki arti yang Anda cari. (Lagi pula, bagian-bagian Perjanjian Baru
efesus 5.23 dan 1 Kor 11.3 membuat Anda cukup dekat dengan ini.)
If you find any examples do let me know!"
"Dear Paul: GBRA is from an
old Semitic word found in the Hebrew Bible, where it first meant "warrior;
adult male." From there the development into "male head of
the household" is not hard to see. It is often hard to tell from
context whether "husband" would be the best translation."
"Paul yang
terhormat: ܓܒܪܐ berasal dari kata Semit kuno yang ditemukan dalam Alkitab
Ibrani, di mana itu pertama kali berarti "pejuang; laki-laki dewasa."
Dari situ perkembangan menjadi "laki-laki kepala rumah tangga" tidak
sulit dilihat. Seringkali sulit untuk mengatakan dari konteks apakah
"suami" akan menjadi terjemahan terbaik."
"Dear Paul, A lot of ink has
been spilt over this passage in Matthew, and on the two genealogies, both in
antiquity and in modern times, and there seems to be no clear-cut answer to the
various problems! Among Syriac writers I recall there is a
long section on the genealogies in Dionysius bar Salibi's Commentary on the
Gospels. As far as gabra is concerned, I suppose it is
possible that the reading in C(ureton) has in mind the early apocryphal traditions
about Mary's youth, and where Joseph is understood as being considerably older
and is seen more as her guardian: if so, gabra would more or less be
"protective male". But I can't say I've
gone into this possibility, and probably others have."
"Paul yang
terkasih, Banyak tinta telah tumpah di bagian ini dalam Matius, dan pada dua
silsilah, baik di zaman kuno maupun di zaman modern, dan tampaknya tidak ada
jawaban yang jelas untuk berbagai masalah!
Di antara para penulis Suriah saya ingat ada bagian panjang tentang
silsilah dalam Komentar Dionysius bar Salibi tentang Injil. Sejauh menyangkut gabra, saya kira ada
kemungkinan bahwa bacaan dalam C (ureton) mengingat tradisi apokrif awal
tentang masa muda Maria, dan di mana Yusuf dipahami sebagai jauh lebih tua dan
lebih dipandang sebagai walinya: jika demikian, gabra kurang lebih akan menjadi
"laki-laki pelindung". Tapi
saya tidak bisa mengatakan saya telah membahas kemungkinan ini, dan mungkin orang
lain memilikinya."
"Hi Paul: I
consulted all my Aramaic and Syriac dictionaries, and could not find even one
occurrence where GBR' meant father."
"Hai Paul: Saya
berkonsultasi dengan semua kamus Aram dan Siria saya, dan tidak dapat menemukan
satu peristiwa pun di mana GBR berarti ayah."
"Hi Paul, gbra means 'man'.
To give it another meaning, would be an inference from context. 'Man
of the house/household' doesn't change the meaning from 'man' in my
opinion. I do not know of a context where such a meaning could
be attached."
"Hai Paul, gbra
artinya 'pria'. Untuk memberinya makna lain, akan menjadi kesimpulan dari
konteks. 'Man of the house/household' tidak mengubah arti dari 'man' menurut
saya. Saya tidak tahu konteks di mana makna seperti itu bisa dilampirkan."
"Hi Paul, I can't remember
seeing gabra used where it could mean father, but that doesn't mean it doesn't
exist somewhere."
"Hai Paul, saya
tidak ingat melihat gabra digunakan di mana itu bisa berarti ayah, tapi itu
tidak berarti itu tidak ada di suatu tempat."
BEBERAPA PEMIKIRAN TERAKHIR
Saya tidak dapat
menyatakannya lebih baik daripada profesor bahasa Aram yang terkenal di dunia
yang mengatakan, dalam jawabannya di atas, bahwa "banyak tinta telah
tumpah" atas bagian ini dalam Matius.
Orang tidak bisa tidak bertanya-tanya apakah itu semua tumpah-, apakah
itu harus tumpah sama sekali - kalau saja kita akhirnya akan membuka mata kita
dan menyadari yang jelas. Terkadang
penjelasan yang paling sulit diterima adalah yang paling sederhana - karena terlalu
sederhana. Occam's Razor tidak akan
membutuhkan nama jika dipahami dan diimplementasikan dengan baik.
Akar masalah ini
setua usia Gereja itu sendiri. Dampak
dari pergumulan antara orang Yahudi dan orang bukan Yahudi untuk mendapatkan
kendali dalam satu Tubuh Kristus sedang dirasakan saat ini. Hellenisme di Barat, seiring waktu,
menang. Gereja Semit - selain dari
sisa-sisa kecil yang bertahan di "Timur" perbatasan, dengan semua
catatan lenyap dan diusir selama perjuangan.
Mereka mengatakan
bahwa sejarah ditulis oleh para pemenang.
Tidak ada contoh yang lebih baik dari prinsip ini dalam tindakan selain
perdebatan Perjanjian Baru bahasa Yunani vs. Aram. Bahkan dalam menghadapi banyak bukti yang
menunjukkan sebaliknya, dunia akademik masih menggenggam erat warisan
perjuangan bersejarah ini.
Solusi yang begitu
sederhana dan elegan untuk Matius 1:16 - dan segudang masalah yang ditimbulkan
oleh pemahaman tradisional dari ayat ini, dibuang karena terlalu banyak
mengguncang perahu peribahasa. Itu akan
terlalu masuk akal - jika saja suasana ilmiah kondusif untuk itu, tentu saja.
Saya memikirkan
salah satu tanggapan lain atas pertanyaan saya yang diajukan di atas, pada
dasarnya menyatakan bahwa definisi tersebut kurang mendukung kamus.
Apakah bahasa, dan
pikiran kita, diatur oleh kamus? Saya
pikir itu sebaliknya.
Itu melekat dalam
sifat manusia kita untuk memberi kompensasi berlebihan, untuk menjelaskan
secara berlebihan yang sederhana. Arti
dari Occam's Razor - diringkas dengan rapi, adalah bahwa kebenarannya
sederhana. Dan itulah yang dimaksud
dengan ܦܫܝܛܬܐ ( the Peshitta).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar