Mengasihi Sesama

Mengasihi Sesama
Ibu Theresa dari Calcuta

Jumat, 04 Februari 2022

MENGGALI DATA DARI INJIL LUKAS DAN YOHANES MENGENAI TGL PENYALIBAN YESUS

 Bacaan Injil Lukas, pembukaan tulisannya :

Luk 1:1 Teofilus yang mulia, Banyak orang telah berusaha menyusun suatu berita tentang peristiwa-peristiwa yang telah terjadi di antara kita, 2 seperti yang disampaikan kepada kita oleh mereka, yang dari semula adalah saksi mata dan pelayan Firman. 3 Karena itu, setelah aku menyelidiki segala peristiwa itu dengan seksama dari asal mulanya, aku mengambil keputusan untuk membukukannya dengan teratur bagimu, 4 supaya engkau dapat mengetahui, bahwa segala sesuatu yang diajarkan kepadamu sungguh benar.

Bagi kita, kata-kata St.Lukas tersebut merupakan pegangan kuat. SUNGGUH BENAR. Tulisannya itu telah dilakukan dengan memeriksa secara hati-hati sumbernya, dan bukan novel yang dibuat untuk kita, tetapi sungguh merupakan fakta. St. Lukas terutama adalah orang kudus, yang diakui gereja, ini merupakan jaminan yang jauh lebih menguatkan.

Alkitab tidak secara eksplisit menentukan tanggal tepat penyaliban Yesus dan itu bukan kebenaran keselamatan yang esensial. Tapi itu tidak membuatnya menjadi tidak penting. Karena Kekristenan adalah agama historis dan peristiwa-peristiwa dalam kehidupan Kristus memang terjadi dalam sejarah manusia bersamaan dengan peristiwa-peristiwa lain yang diketahui, akan sangat membantu untuk menempatkan kematian Yesus—tepat seperti yang dimungkinkan oleh bukti yang ada—dalam konteks yang lebih luas dari sejarah manusia.

Di antara para penulis Injil, tidak ada yang membuat tekanan/fokus ini lebih kuat selain dari Lukas, tabib non-Yahudi yang menjadi sejarawan dan penulis sejarah yang mengilhami Kekristenan awal.

Kapan Tahun Pelayanan Yohanes Pembaptis Dimulai ?

Lukas menuliskankan bahwa Yohanes Pembaptis memulai pelayanan publiknya tidak lama sebelum Yesus melakukannya, dan dia memberi  titik referensi sejarah ketika saat pelayanan Yohanes dimulai: “Pada tahun kelima belas pemerintahan Kaisar Tiberius . .” (Luk 3:1).

Dari data sejarah Romawi kita tahu Tiberius menggantikan Augustus sebagai kaisar dan dikukuhkan oleh Senat Romawi pada 19 Agustus  14 M. Dia memerintah sampai 37. M. "Tahun kelima belas pemerintahan Kaisar Tiberius" nampak jelas, namun memiliki ambiguitas, yaitu kebiasaan bagaimana laporan sejarah ditulis dalam  perhitungan. Pemerintahan Tiberius dihitung dari hari ia menjabat dalam 14 M atau mulai 1 Januari tahun berikutnya, 15 M. Tahun yang paling awal yang memungkinkan  "tahun kelima belas" Tiberius  adalah 19 Agustus, 28 M, dan kemungkinan terakhir di mana "tahun kelima belas" berakhir adalah 31 Desember, 29 M. Jadi Karya Yohanes Pembaptis dimulai dari pertengahan tahun . 28 sampai suatu saat di  29 M.

Kapan Tahun Karya Pelayanan Yesus Dimulai ?

Jika Yesus, seperti yang ditunjukkan oleh Injil, memulai pelayanannya tidak lama setelah Yohanes, maka berdasarkan perhitungan di atas, tanggal paling awal untuk pembaptisan Yesus adalah pada akhir  28 M . Namun, lebih mungkin untuk menempatkannya di paruh pertama tahun 29 M, karena beberapa bulan mungkin telah berlalu antara permulaan pelayanan Yohanes dan pelayanan Yesus (dan tahun 30 Masehi adalah tanggal yang paling mungkin). Jadi pelayanan Yesus pasti sudah dimulai paling cepat 28 M dan paling lambat 30 M.

Sejalan dengan St. Lukas : “Yesus, ketika Ia memulai pelayanan-Nya, berumur kira-kira tiga puluh tahun ” (Lukas 3:23). Jika Ia lahir pada tahun 6 atau 5 SM, kemungkinan besar, Yesus akan berusia sekitar tiga puluh dua hingga tiga puluh empat tahun pada akhir  28 M sampai 30 M, yang diluar jangkauan "sekitar tiga puluh tahun."

Lamanya Karya Yesus

jika itu berlangsung selama dua tahun atau lebih, ini tampaknya mengesampingkan musim semi 30 M sebagai kemungkinan tanggal penyaliban.

Injil Yohanes menyebutkan bahwa Yesus menghadiri setidaknya tiga Paskah (mungkin empat), yang terjadi setahun sekali di musim semi:

  1. Terdapat Paskah di Yerusalem di awal pelayanan Yesus (Yohanes 2:13, 23).
  2. Terdapat Paskah di Galilea di tengah-tengah pelayanan di depan umum (Yohanes 6:4).
  3. Terdapat Paskah terakhir di Yerusalem pada akhir pelayanan publiknya, saat penyaliban-Nya (Yohanes 11:55; 12:1).
  4. Dan Yesus terdapat satu Paskah lagi yang tidak tercatat dalam Yohanes tetapi ada dalam satu atau beberapa Injil Sinoptik (yaitu, Matius, Markus, dan Lukas).

Bahkan jika hanya ada tiga Paskah, ini menunjukkan tahun  30 M diragukan sebagai tahun penyaliban (secanggih apapun perhitungan yang dilakukan untuk membuktikannya). Seperti disebutkan di atas, kemungkinan tanggal paling awal untuk permulaan pelayanan Yesus dari Lukas 3:1 adalah akhir 28 M. Jadi Paskah pertama ini (pada awal pelayanan Yesus; Yohanes 2:13) akan jatuh pada tanggal 15 Nisan tahun 29 M (karena Nisan jatuh pada bulan Maret/April, mendekati awal tahun). Yang kedua akan jatuh di 30 M paling awal, dan yang ketiga akan jatuh paling cepat 31 MIni berarti bahwa jika pelayanan Yesus bertepatan dengan setidaknya tiga Paskah, dan jika Paskah pertama adalah 29 M, Yesus tak mungkin disalibkan pada 30 M.

Jika Yohanes Pembaptis memulai pelayanannya di 29 M, maka Yesus mungkin memulai pelayanannya pada akhir 29 M atau awal 30 M. Paskah dalam Injil Yohanes akan terjadi pada tanggal-tanggal berikut:

15 Nisan 30 MYoh2:13
15 Nisan31 Mbaik pesta yang tidak disebutkan namanya dalam Yoh 5:1 atau Paskah yang tidak disebutkan oleh Yohanes (tetapi itu mungkin tersirat dalam Sinoptik)
15 Nisan32 MYoh 6:4
15 Nisan33 MYoh 11:55, Paskah di mana Yesus disalibkan

Yesus Disalibkan pada Hari Persiapan Paskah

Yohanes juga menyebutkan bahwa Yesus disalibkan pada “hari Persiapan” (Yoh 19:31), yaitu hari Jumat sebelum hari Sabat dalam minggu Paskah (Mark 15:42). Malam sebelumnya, pada Kamis malam, Yesus makan malam Paskah dengan Dua Belas (Mark 14:12), "Perjamuan Terakhir" -nya.

Dalam penanggalan Farisi-rabinik yang biasa digunakan pada zaman Yesus, Paskah selalu jatuh pada hari kelima belas bulan Nisan (Keluaran 12:6), yang dimulai hari Kamis setelah matahari terbenam dan berakhir pada hari Jumat saat matahari terbenam. Pada tahun 33 M, tahun penyaliban Yesus yang paling mungkin, tanggal 15 Nisan jatuh pada tanggal 3 April, menghasilkan tanggal 3 April 33 M, sebagai tanggal yang paling mungkin untuk penyaliban. Dalam Hari-hari Terakhir Yesus , oleh karena itu kami membuat bagan berikut untuk menunjukkan tanggal minggu terakhir Yesus dalam 33 M:

2 AprilNissan 14Kamis

(Rabu malam tiba hingga Kamis malam)

Hari persiapan PaskahPerjamuan Terakhir
3 AprilNissan 15Jumat

(Kamis malam tiba hingga Jumat malam)

Paskah; Pesta Roti Tidak Beragi, dimulaiPenyaliban
4 AprilNissan 16Sabtu

(Jumat malam tiba sampai Sabtu malam)

Sabatdalam kubur
5 AprilNissan 17minggu

(Sabtu malam tiba sampai Minggu malam tiba)

Hari pertama dalam semingguKebangkitan

Kesimpulan

Perhitungan di atas mungkin tampak rumit, tetapi singkatnya argumen berjalan seperti ini:

INFORMASI SEJARAHTAHUN
Awal pemerintahan Tiberius14 M
Tahun kelima belas pemerintahan Tiberius: Awal pelayanan Yohanes Pembaptis28 M
Beberapa bulan kemudian: Awal pelayanan Yesus29 M
Durasi minimal tiga tahun pelayanan Yesus: Kemungkinan besar tanggal penyaliban Yesus33 M (3 April)

Sementara ini  banyak yang percaya Yesus disalibkan pada tahun 30 M, bukan 33 M. Namun, jika awal pemerintahan Tiberius ditempatkan pada tahun 14 M, hampir tidak mungkin untuk mengakomodasi lima belas tahun pemerintahan Tiberius dan tiga tahun pelayanan Yesus antara 14 dan 30 M. Karena alasan ini, beberapa orang  mendalilkan co-region (kekuasaan bersama) dari Tiberius dan Augustus selama beberapa tahun terakhir, dari pemerintahan Agustus. Namun, tidak ada bukti sejarah kuno yang dapat diandalkan untuk co-region tersebut.

Dapat di simpulkan Yesus kemungkinan besar disalibkan pada tanggal 3 April, 33 M. Sesuai dengan fakta sejarah manusia. Saat kita merayakan Paskah, dan saat kita berjalan bersama Yesus setiap hari sepanjang tahun, kita dapat yakin bahwa iman kita tidak hanya didasarkan pada jaminan pribadi yang subjektif tetapi juga pada data historis yang dapat diandalkan, yang


menjadikan iman kita sebagai iman yang sangat masuk akal.

Sumber tulisan di atas diambil dari tulisan Prof. Andreas Köstenberger. peneliti senior Perjanjian Baru dan Teologi Biblika di Seminari Teologi Baptis Tenggara di Wake Forest, NC


Tidak ada komentar:

Posting Komentar